Sukses

Perjalanan Panjang SNSD, Kehilangan Personel hingga Debut Oh!GG

Liputan6.com, Seoul: Girls Generation yang lebih dikenal dengan SNSD debut 2007 silam. Hingga kini, SNSD masih eksis di industri hiburan.

Pelantun "Gee" juga dianggap sebagai salah satu group idol yang berhasil menyebarkan Hallyu Wave. Selain itu, SNSD juga berhasil mendirikan kerajaan sendiri di industri musik dunia, seperti diwartakan Yonhap.

Buktinya, SNSD berhadil menyabet piala dari YouTube Music Awards 2013. Hebatnya, SNSD yang awalnya beranggotakan 9 orang ini menyingkirkan Justin Bieber hingga Lady Gaga

Girls Generation juga mendapatkan tempat sendiri di Billboad. Girls Generation dengan single "Mr.Mr" rilis 2014 silam berhasil ada di posisi 110.

2 dari 6 halaman

Kehilangan Personel

Pada September 2014 silam. Jessica Jung hengkang. Salah seorang vokalis utama SNSD itu sempat menghebohkan.

Lewat akun Instagram miliknya, ia menyebutkan dirinya didepak dari girl band yang membesarkan namanya, Girls Generation. Namun pihak SM Entertainment--agensi yang mengasuh Girls Generation--menyebutkan Jessica keluar atas keinginan dirinya sendiri karena sibuk dengan produk fesyen BLANC & ECLARE.

Tak lama setelah hengkang Jessica pun tak lama kemudian meluncurkan BLANC & ECLARE. Bahkan, Jessica mulai merambah ke dunia hiburan Tiongkok, termasuk menjadi bintang iklan dan ikut variety show di sebuah televisi di negeri tirai bambu.

3 dari 6 halaman

Tetap Sukses

Karya "Party " dan "Lion Heart" dirilis 2015 silam. Dua siingle ini merupakan proyek musik pertama SNSD setelah Jessica Jung hengkang. Hebatnya, "Lion Heart" menempati posisi pertama dalam Billboard di World Album Chart. Hal itu juga menambah panjang prestasi yang diraih Girls Generation.

Tak hanya "Lion Heart", "Party" juga sukses. Single "Party" menempati posisi teratas iTunes di tujuh negara, termasuk Hongkong dan Malaysia.

Girls Generation berhasil mengumpulkan 20 piala dari berbagai acara musik ternama saat itu.

4 dari 6 halaman

Tiga Member Lainnya Hengkang

Setelah mampu bertahan hingga satu dekade, tiga personel Girls Generation lainnya mengumumkan tak akan melanjutkan kontrak dengan SM Entertainment, pertengahan 2017 ini.

Adalah Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun yang memutuskan hengkang dari girl band yang membesarkan namanya. Meski kehilangan member, SM Entertainment menyatakan Girls Generation atau yang juga dikenal dengan SNSD tidak akan bubar.

Tiga member Girls Generation itu memutuskan untuk bersolo karier. Mereka mengembangkan bakat mereka masing-masing di industri hiburan, seperti dilansir dari Koreaherald.

5 dari 6 halaman

OH!GG

Sejak Seohyun, Tiffany, dan Sooyoung memutuskan untuk keluar dari SM Entertainment, banyak penggemar yang khawatir dengan masa depan Girls' Generation alias SNSD.

Kini, mereka kembali dengan sub-unit OH!GG. Setelah sekitar setahun absen, Girls' Generation atau SNSD akhirnya kembali ke jagat K-Pop lewat single "Lil' Touch".

Dilansir dari Soompi, selain kata seru 'Oh!' nama GG adalah kependekan dari nama SNSD dalam versi bahasa Inggris. Maknanya, para personelnya akan berusaha menampilkan warna musik dan pesona yang berbeda untuk menarik perhatian penggemar internasional.

Selain itu, dalam bahasa Korea, pengucapan Oh!GG juga mirip dengan ungkapan yang bermakna "hebat" atau "tanpa cela".

6 dari 6 halaman

Kompak

Dalam sebuah wawancara dengan reality show, Sunny, salah seorang member Girls Generation yang juga bergabung dengan OH!GG mengungkapkan pendapatnya mengenai perjalanan karier mereka.

Sunny juga menyebutkan perubahan yang terlihat jelas sejak awal debut.

"Ketika kami masih lebih muda, kami hanya memikirkan ambisi. Kami ingin terlihat lebih oke. Bahkan, kami bersaing untuk tampil yang paling menarik," ujar Sunny ketika mengingat awal debut Girls Generation.

"Kami sadar jika kekuatan akan muncul jika kami bersama. Jadi, kami saling mendukung stau sama lain. Tak ada lagi kecemburuan satu sama lain karena kami memiliki kemampuan yang berbeda sehingga membuat kami terlihat unik," Sunny menambahkan.

Loading