Sukses

Disney Kuasai Fox, The Simpsons hingga Alien Bakal Diambil Alih

Disney bakal menguasai sebagian besar aset hiburan Fox seperti The Simpsons, X-Men, Avatar, Ice Age, sampai Alien.

Liputan6.com, Los Angeles - Siapa sangka Walt Disney dan 21st Century Fox (atau sering disingkat Fox) kini sudah saling sepakat untuk bergabung. Disampaikan Variety.com, akhir pekan lalu, Disney bakal menguasai sebagian besar aset hiburan Fox dengan pembelian saham US$71,3 miliar (sekitar Rp1.027,4 triliun).

Kabarnya, pertemuan untuk kesepakatan terbaru ini berlangsung kurang dari 15 menit. Namun, kesepakatan Disney dan Fox yang pertama kali dirancang sejak Desember 2017 ini, baru akan diselesaikan secara tuntas pada pertengahan 2019 mendatang.

Kabar ini menimbulkan perasaan yang terpecah belah bagi fans waralaba film atau serial televisi kedua belah pihak. Fans Fox waswas karena tak ingin film dewasa diubah jadi menargetkan remaja, sementara fans Disney gembira karena bisa melihat Mickey Mouse dan The Simpson di satu layar, misalnya.

Bicara soal judul-judul film, serial televisi, atau kartun populer milik Fox, tentunya ada banyak yang akan diambil alih oleh Disney. Judul-judul yang kita kenal dipastikan bakal memiliki wajah baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Film Superhero Marvel

Mengingat Marvel Studios kini berada di bawah kuasa Disney, tentunya beberapa film adaptasi komik Marvel akan diambil alih. Sebut saja X-Men, Deadpool, dan Fantastic Four.

Baru-baru ini tersiar kabar film X-Men: Dark Phoenix dan New Mutants akan dibatalkan. Namun kabar tersebut tidak benar, mengingat kedua film itu tayang tahun depan sebelum Disney-Fox merampungkan proses penggabungan.

Menariknya, tentu ke depannya kita akan melihat X-Men, Deadpool, Fantastic Four berada di waralaba Marvel Cinematic Universe yang kuat dengan film-film Avengers.

3 dari 7 halaman

The Simpsons

Lama menjadi tontonan remaja dan dewasa, The Simpsons ke depannya terpaksa harus mengikut cara Disney dalam memberikan suguhannya. Uniknya, serial kartun ini pernah memprediksikan penggabungan Disney-Fox dalam sebuah episode yang mengudara pada 1998 silam.

4 dari 7 halaman

Avatar

Avatar telah menjadi film terlaris seluruh dunia sepanjang masa sejak dirilis 2009 silam. Siapa sangka ke depannya film-film sekuelnya yang siap rilis sejak 2020 dan seterusnya, bakal berada di bawah bendera Disney.

5 dari 7 halaman

Alien

Alien merupakan waralaba film horor sains-fiksi andalan Fox yang selalu menjadi konsumsi penonton dewasa selama lebih dari tiga dekade. Siapa sangka Alien yang film-filmnya yang selalu menampilkan adegan mengerikan bakal dipegang oleh Disney pada dekade keempatnya nanti.

6 dari 7 halaman

Home Alone

Pecinta film komedi tentu tak akan lupa degan wajah konyol Macaulay Culkin di masa kecilnya dalam Home Alone. Waralaba yang juga dipegang Fox ini bisa saja didaur ulang setelah diambil alih Disney.

7 dari 7 halaman

Film dan Serial Populer Lain

Selain yang disebutkan di atas, Disney juga bakal mengambil alih empat serial kartun komedi populer di samping The Simpsons, yakni Family Guy, American Dad!, Bob’s Burgers, dan King of the Hill.

Di jajaran film layar lebar, beberapa waralaba yang diambil alih adalah Predator, Planet of the Apes, dan Taken. Sementara, film musikal lawas seperti The Sound of Music dan Miracle on 34th Street bisa saja didaur ulang.

Untuk serial televisi, Fox juga bakal memberikan beberapa judul populer, seperti The X-Files, American Horror Story, serta It’s Always Sunny in Philadelphia.

Beberapa waralaba film animasi CGI garapan Fox yang dikenal luas juga bakal ditangani oleh Disney ke depannya. Sebut saja Ice Age dan Rio. Ada kemungkinan The Peanuts Movie, serta Ferdinand dibuatkan sekuelnya oleh Disney.

Namun, Disney tetap mempertahankan keutuhan Fox Searchlight yang selalu menghasilkan film-film pemenang Best Picture di Piala Oscar. Sebut saja Slumdog Millionaire, 12 Years a Slave, Birdman, dan The Shape of Water.

Fox Searchlight juga membuat film-film nomine Academy Award, yakni Sideways, Little Miss Sunshine, Black Swan, 127 Hours, The Grand Budapest Hotel, Brooklyn, dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.