Sukses

Komunitas 501st Legion, Wadah Para Penggemar Star Wars Tebar Kebaikan

Tak hanya melakukan cosplay kostum Star Wars, para anggota 501St Legion juga banyak melakukan kegiatan amal.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 4 Mei dirayakan sebagai Hari Star Wars oleh para penggemar saga ini. Pasalnya, pengucapan tanggal ini dalam bahasa Inggris mirip dengan satu kutipan paling populer di Star Wars: "May the Force be with you."

Ada banyak komunitas penggemar Star Wars, namun salah satu yang paling dikenal—dan bahkan mendapat pengakuan Lucasfilm—adalah 501st Legion. Anggotanya kini sudah mencapai 13 ribu orang dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Seperti komunitas Star Wars lainnya, kegiatan 501st Legion juga banyak berkutat pada cosplay. Namun tak terbatas pada itu, 501st Legion juga banyak melakukan kegiatan amal.

"Tahun lalu kami mendonasikan US$ 250 ribu untuk Make A Wish Foundation di seluruh dunia," tutur pendiri 501st Legion, Albin Johnson, dalam wawancara telepon dengan sejumlah media Tanah Air pada Kamis (3/5/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bad Guys Doing Good

Tak hanya itu, para anggota komunitas ini kerap menghibur pasien anak-anak dengan mengenakan kostum Star Wars, terutama Stormtroopers.

Ini adalah satu hal yang menarik, mengingat Stormtroopers dikenal sebagai antagonis dalam saga Star Wars. Hal ini sesuai dengan moto aktivitas 501st Legion tersebut, yakni 'Bad Guys Doing Good' alias si penjahat melakukan kebaikan.

"Penjahat biasanya dilihat sebagai sosok yang keren. Dan biasanya anak-anak masa kini tertarik pada sosok jahat dan berpikir, 'kenapa aku enggak bertindak jahat saja'. Karena itu aku melihat cukup menarik untuk memperlihatkan pada anak-anak tentang para penjahat yang melakukan kebaikan," kata dia.

3 dari 4 halaman

R2-KT

Salah satu kenangan paling berkesan untuk Albin selama terlibat di 501st Legion , adalah saat putri kecilnya, Katie, menderita kanker.

Ia merasa perhatian yang diberikan oleh para anggota komunitas ini begitu berlimpah. Bahkan dibuat sebuah droid spesial berwarna pink, R2-KT, untuk menemani Katie di hari-hari terakhirnya.

R2-KT pernah menjadi cameo dalam film Star Wars: The Force Awakens, dan dibawa ke sejumlah rumah sakit untuk menghibur pasien anak.

4 dari 4 halaman

Tebar Kebaikan

Yang menarik, kegiatan amal ini bukan menjadi tujuan awal dan utama dibentuknya 501st Legion.

"Awalnya adalah kecelakaan yang menyenangkan. Saat kita membantu orang yang dalam kesulitan kita akan ikut merasa bahagia. Dan karena kita ingin tetap merasakan hal itu, kita terus melakukannya. Legion di seluruh dunia merasa bahagia, terutama saat bisa membantu masyarakat lokal di tempat masing-masing," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.