Sukses

Winchester: Kisah Rumah Angker Sang Janda Eksentrik

Liputan6.com, Jakarta Para penggemar cerita horor mungkin sudah akrab dengan rumah keluarga Winchester. Rumah megah yang berlokasi di San Jose, California, Amerika Serikat ini, disebut-sebut sebagai salah satu rumah berhantu paling terkenal di Negeri Paman Sam.

Apalagi sepanjang hidupnya, sang pemilik rumah, Sarah Winchester, dikenal memiliki perilaku yang begitu aneh.

Dengan harta warisan melimpah dari sang suami, ia tak henti-hentinya membangun rumah miliknya dengan desain yang tak jelas dan membingungkan. Hal ini dilakukan karena Sarah Winchester percaya bahwa ia mendapat kutukan dari bisnis senapan yang dijalankan sang suami semasa hidupnya.

Kehidupan sang janda eksentrik, menjadi basis cerita dalam film horor Winchester, yang mulai tayang di bioskop Tanah Air pada hari ini, Rabu (14/3/2018).

1 dari 5 halaman

Rumah Aneh

Tingkah ganjil Sarah Winchester (Helen Mirren), membuat direktur perusahaan Winchester garuk-garuk kepala. Pasalnya, ia membangun rumahnya dengan rancangan nyeleneh tanpa henti, siang dan malam.

Lihat saja, di rumah itu ada tangga yang ‘mentok’ ke langit-langit, tak menembus ke lantai berikutnya. Ada juga pintu di lantai atas yang langsung mengarah ke luar bangunan tanpa ada balkon atau lantai tempat berpijak.

2 dari 5 halaman

Tingkah Ganjil Sarah

Berpikir bahwa Sarah Winchester sudah gila dan tak mampu menjalankan perusahaan, mereka mengutus seorang psikiater untuk memeriksa kondisi perempuan sepuh tersebut. Dikirimlah Dr Eric Price (Jason Clarke), seorang psikiater yang memiliki kebiasaan minum-minum dan juga seorang pemadat.

Awalnya, Eric Price merasa bahwa segala tingkah ganjil Sarah berasal dari rasa duka dan bersalahnya atas kematian putri dan suaminya. Namun pandangannya mulai goyah saat ia menyaksikan sendiri keganjilan di rumah Winchester, meski ia sama sekali tak berada dalam pengaruh zat memabukkan.  

3 dari 5 halaman

Sarah Winchester yang Berkarisma

Ada dua magnet utama dalam film Winchester. Sudah jelas bahwa yang pertama adalah kisah nyata Sarah Winchester dan rumahnya yang legendaris.

Yang kedua, adalah kehadiran peraih Oscar, Helen Mirren. Pasalnya, kehadiran seorang aktor sekaliber wanita 72 tahun ini dalam sebuah film bergenre horor, termasuk sangat jarang. Tak heran bila orang langsung bertanya-tanya, sebagus apa Winchester sehingga mampu menarik hati Helen Mirren memerankan karakter ini.

Bisa jadi, karakter Sarah Winchester dalam film inilah yang membuat Helen Mirren tertarik bergabung dengan film tersebut.

Pasalnya, Sarah Winchester digambarkan memiliki karakter yang kuat dalam film ini. Bila selama ini Sarah Winchester dianggap kurang waras, di film ini ia diperlihatkan sebagai seorang wanita cerdas dan penuh martabat. Dan Helen Mirren berhasil menampilkan semua ini dengan penuh karisma.

 

4 dari 5 halaman

Pandangan Baru

Hanya sayangnya, Winchester sendiri tak semenarik performa Helen Mirren di film ini. Plot cerita dan twist yang disajikan, tak menampilkan kejutan yang berarti.

Sementara elemen kengerian, lebih banyak ditampilkan lewat jump scare. Tak heran, setelah 2-3 kali jump scare yang membuat penonton kecele, jurus ini pun jadi terasa tak begitu ampuh lagi.

Meski begitu, setidaknya film ini menawarkan pandangan baru tentang legenda rumah Winchester dan seorang wanita tua yang selama ini dianggap gila.