Sukses

IBOMA 2018 Mulai Digelar, Ini Dia 15 Kategorinya

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Indonesian Box Office Movie Awards atau IBOMA 2018 kembali digelar oleh SCTV. Penghargaan ini, memiliki konsep menarik, yakni memilih film terbaik dari sepuluh film terlaris di Indonesia sepanjang tahun 2017.

"Bisa dibilang IBOMA memilih film terbaik dari yang terlaris. Harapannya agar kualitas film-film terlaris menjadi semakin baik tiap tahunnya," ujar Banardi Rachmad, Vice President Programming Acquisition SCTV, dalam pertemuan dengan juri IBOMA 2018 di SCTV Tower, Rabu (21/2/2018).

Proses penjurian IBOMA 2018 kini mulai berlangsung, sementara malam puncaknya akan diselenggarakan pada 23 Maret 2018 mendatang.

 

1 dari 5 halaman

10 Film Terlaris

Dalam penyelenggaraan IBOMA ketiga ini, ada sepuluh film terlaris tahun lalu yang akan dijurikan.

Kesepuluh film tersebut adalah Pengabdi Setan, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2, Ayat-Ayat Cinta 2, Danur: I Can See Ghost, Jelangkung, Susah Sinyal, Surga yang Tak Dirindukan 2, Mata Batin, The Doll 2, dan Surat Cinta untuk Starla The Movie.

2 dari 5 halaman

Keikutsertaan Penonton

Banar mengatakan bahwa kemunculan sepuluh judul film ini bermakna satu hal. Yakni keikutsertaan penonton bioskop Tanah Air dalam penjurian IBOMA.

"Penonton adalah juri film pertama IBOMA, yang menentukan kesepuluh film terlaris," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Juri Independen

Kesepuluh film ini, lantas akan dijurikan oleh Dewan Juri IBOMA 2018 yang beranggotakan tujuh orang dari dunia perfilman. Mereka adalah Darius Sinathrya, Erwin Arnada, Gina S. Noer, Lola Amaria, Prisia Nasution, Sentot Sahid, dan Titi Rajo Bintang.

Banar memastikan bahwa dewan juri akan memberikan penilaian secara independen, tanpa campur tangan dari pihak SCTV. Mereka akan menentukan lima nomine di masing-masing kategori, sekaligus pemenangnya.

4 dari 5 halaman

15 Kategori

Dalam penyelenggaraan IBOMA tahun ini, akan ada sejumlah perubahan dari segi kategori. Dua kategori yang muncul tahun lalu, kini ditiadakan, yaitu 'Film Terlaris Sepanjang Masa' dan 'Film Produksi Daerah Terlaris Tahun Ini'. Pasalnya, tidak ada film yang kualifikasinya memenuhi dua kategori ini.

Pada pelaksanaan IBOMA 2018, ada 15 kategori yang akan disertakan dalam penghargaan ini. Berikut daftar lengkapnya:

1. Film Box Office Tahun Ini

2. Film Box Office Terbaik

3. Pemeran Utama Pria Terbaik

4. Pemeran Utama Wanita Terbaik

5. Pemeran Pendukung Pria Terbaik

6. Pemeran Pendukung Wanita Terbaik

7. Sutradara Terbaik

8. Penulis Skenario Terbaik

9. Pendatang Baru Terbaik

10. Poster Film Terbaik

11. Trailer Film Terbaik

12. Produser Film of The Year

13. OST Film Terbaik

14. Ensemble Talent Terbaik

15. Top 10 Film Box Office Tahun Ini