Sukses

Deretan Karya Hits Yockie Suryo Prayogo Bersama God Bless

Yockie Suryo Prayogo telah menorehkan karya-karya yang melekat di telinga para penggemarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi musikus senior meninggalkan kita semua untuk selamanya. Yockie Suryo Prayogo yang merupakan mantan personel God Bless menghembuskan napas terakhirnya pada Senin (5/2/2018).

Semasa hidupnya, Yockie Suryo Prayogo telah menorehkan karya-karya yang melekat di telinga para penggemarnya. Biasanya, lagu-lagu yang diciptakan oleh seorang Yockie kerap memiliki tempo yang cepat.

Kebanyakan karya-karya Yockie Suryo Prayogo dibuat semasa ia masih bersama dengan God Bless. Memang, ia sempat terlibat dalam penciptaan lagu di album Swami II serta Kantata Takwa.

Namun, banyak lagu-lagu Yockie Suryo Prayogo yang justru meledak semasa di God Bless. Apa saja itu?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kehidupan

Salah satu album God Bless yang meledak di pasaran dan paling laris sepanjang sejarah mereka adalah "Semut Hitam". Kesuksesan albumnya tak lepas dari lagu andalan bertajuk "Kehidupan".

Lagu tersebut langsung berhasil menggebrak setelah dirilis. Komposernya, siapa lagi kalau bukan Yockie Suryo Prayogo. Lagu "Kehidupan" juga dinobatkan sebagai salah satu dari "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" oleh majalah Rolling Stone.

 

3 dari 6 halaman

Menjilat Matahari

"Menjilat Matahari" merupakan lagu ciptaan Yockie Suryo Prayogo yang ada di album keempat God Bless, Raksasa. Lagu ini memiliki tempo yang cepat dan mengikuti tren musik rock di akhir 1980-an.

Pada Oktober 2017 lalu, "Menjilat Matahari" bahkan dijadikan sebagai nama konser yang digagas oleh Yockie Suryo Prayogo. Kala itu, Yockie masih sehat dan masih sanggup membawakan lagu-lagu ciptaannya, namun tanpa rekan-rekannya di God Bless.

4 dari 6 halaman

Maret 1989

Salah satu lagu andalan God Bless adalah Maret 1989 yang diciptakan oleh Jockie Suryoprayogo bersama bassis God Bless, Donny Fattah. Lagu ini menjadi pembuka di album Raksasa.

Seperti biasa, lagu ini juga memiliki tempo yang sangat cepat dengan musik cadas. Liriknya pun terbilang berani karena menyorot tema Timur Tengah dan "ayat setan".

5 dari 6 halaman

Raksasa

Sesuai judul albumnya, lagu "Raksasa" dipilih menjadi salah satu hits andalan God Bless. Jockie Suryoprayogo menciptakan lagu ini bersama pemain drum God Bless, Teddy Sujaya serta Rudy Gagola, adik dari Donny Fattah.

Lirik lagu raksasa terkesan menyindir para petinggi yang dianggap serakah dan mengutamakan kepentingan pribadi. Meskipun tak disebutkan kepada siapa lagu tersebut ditujukan, karya Yockie satu ini terbilang berani karena kala itu ia tengah eksis di era Orde Baru yang dicap represif.

6 dari 6 halaman

Semut Hitam

Lagu "Semut Hitam" yang juga menjadi judul album ketiga God Bless ini merupakan salah satu hits single God Bless paling dikenang para penggemarnya. Pasalnya, bisa dibilang ini merupakan salah satu lagu God Bless yang bisa dinikmati dengan santai.

Bersama Donny Fattah Gagola, Yockie Suryo Prayogo menciptakan lagu ini dengan lirik yang sarat dengan sentilan kepada beberapa manusia yang tak lebih baik dari manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.