Sukses

Jonghyun SHINee Bunuh Diri, Publik Sayangkan Keputusannya

Liputan6.com, Jakarta Jonghyun SHINee memilih mengakhiri hidupnya dengan cara yang menyedihkan, yakni menghisap asap karbonmonoksida dari briket yang ia bakar. Saat ditemukan tak sadarkan diri di apartemennya, 18 November 2017, Jonghyun masih bernapas. Namun, ia meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Jonghyun sempat membuat pesan terakhir serta menyelesaikan pekerjaannya sebelum memutuskan bunuh diri. Ia bahkan meninggalkan harta warisan untuk keluarganya dan mendonorkan organ tubuhnya.

Jonghyun `SHINee` (Soompi)

Jonghyun menambah panjang artis di Korea Selatan yang bunuh diri. Pada 2015, artis cantik Korea Kang Doo Ri ditemukan tewas dalam kecelakaan mobil, 14 Desember 2015, di Incheon, Korea Selatan, pukul 04.00 waktu setempat. Awalnya Kang Doo Ri dinyatakan meninggal dunia karena kecelakaan mobil yang merenggut nyawanya. Namun, polisi menemukan fakta mengejutkan. Kang Doo Ri menghabisi nyawanya sendiri. Temuan itu berdasarkan hasil penyelidikan di lokasi.

Dari berbagai sumber, kasus bunuh diri di Korea Selatan memang sangat tinggi. Mereka percaya setelah meninggal dunia, mereka akan ke tempat yang lebih baik atau terlahir dengan hidup yang lebih menyenangkan.

1 dari 3 halaman

Reaksi Warganet

Netizen alias pengguna internet pun memberikan berbagai komentar mengenai nasib tragis Jonghyun. Mereka menyayangkan Jonghyun yang dikenal sebagai artis berbakat harus mengakhiri hidupnya, di usianya yang masih berusia 27 tahun.

"Saya tak mengerti mengapa banyak artis muda yang memilih bunuh diri. Padahal, hidup mereka jauh lebih beruntung. Ada banyak anak-anak kurang beruntung, harus bekerja lebih dari 10 jam. Mengapa mereka memaksakan diri menjadi artis terkenal? Siapa yang memberi harapan palsu? Seharusnya mereka mengetahui risiko menjadi artis," tulis seorang warganet yang mendapatkan +26 upvotes, serta -8 downvotes.

Di usianya yang masih sangat muda. Saya penasaran apa yang menyebabkan Jonghyun memillih mati. Apakah dia benar-benar menderita hingga kehilangan harapan hidup? Sungguh sangat disayangkan," komentar warganet lainnya yang mendapatkan +11 upvotes.

2 dari 3 halaman

Industri K-Pop Kejam?

Sebelum meninggal dunia, Jonghyun sempat mengungkapkan semua ketakutan dalam dirinya, diwartakan Naver, baru-baru ini. Selama ini, sebagai artis, ia ingin memberikan semua kemampuan terbaiknya.

Jonghyun khawatir ketika berjalannya waktu, kemampuannya akan menurun. Ia tak lagi bisa memberikan kemampuan terbaiknya kepada penggemar, apalagi ekpektasi yang datang sangat besar.

"Tampaknya orang harus mulai mengetahui jika menjadi seleb sangat sulit, khususnya di Korea Selatan. Seleb seolah memiliki dunia lain. Kau harus bisa tersenyum, tertawa, hingga terlihat selalu bahagia saat di depan publik. Mereka lupa jika idola juga manusia biasa. Setiap artis yang terjun ke dunia hiburan di Korea Selatan pernah mengalami perjalanan panjang dan berat," tulis pengguna dengan nama eggraisin.

Artikel Selanjutnya
Penyanyi Noh Ji Hoon Umumkan Pernikahan dan Kehamilan Kekasih
Artikel Selanjutnya
Baru Rilis, Album Jepang Terbaru SHINee Meledak di 15 Negara