Sukses

Lucky Hakim Ingin Penyiksa Hewan Dihukum Berat

Hukum saat ini menyatakan hukuman bagi para penyiksa hewan adalah paling lama tiga bulan penjara.

Liputan6.com, Jakarta Lucky Hakim sangat perhatian dengan perlindungan hewan. Artis yang juga anggota dewan itu kini tengah memperjuangkan regulasi tentang perlindungan hewan yang lebih tegas. 

Memang, saat ini sudah ada UU No.18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Juga Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan No.104.Kpts-II/2000 tentang Tata Cara Mengambil Tumbuhan Liar dan Menangkap Satwa. Dan KUHP Pasal 302 ancaman terhadap para pelaku menyakiti dan memperlakukan hewan dengan tidak layak.

Lucky Hakim dan Tiara Dewi (Fachrur Rozie/Liputan6.com)

"Tapi saya ingin ada regulasi yang lebih tegas lagi dan benar-benar membuat para pelakunya jera," ujar Lucky Hakim, saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Wasekjen DPP PAN ini menilai regulasi yang ada tidak akan membuat para penyiksa hewan jera. Di mana dalam Pasal 302 KUHP disebutkan bahwa pelaku penyiksaan terhadap hewan hanya dihukum dengan ancaman paling lama tiga bulan penjara.

"Saya berharap regulasi yang ada nanti membuat pelaku kekejaman terhadap hewan jera dengan hukuman yang berat, seperti hukuman penjara di atas satu (satu) tahun misalnya," sambung kekasih Tiara Dewi ini.  

Lucky Hakim

Tidak saja mengatur hukuman bagi para penyiksa hewan, regulasi tersebut nantinya juga akan mengatur tata cara perburuan terhadap satwa liar, prosedur izin memelihara hewan langka, tata cara jual-beli hewan serta tata cara merawat dan memelihara hewan.

"Sebab saya ingin agar para pemilik hewan tidak memperlakukan binatang peliharaannya secara semena-mena. Bagaimana pun juga mereka kan makhluk ciptaan Tuhan yang harus kita lestarikan," tutur ayah satu anak ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lucky Hakim adalah seorang aktor, penulis, penyanyi yang mencintai sekaligus memelihara hewan-hewan buas dan kini menjadi Politikus.
    Lucky Hakim adalah seorang aktor, penulis, penyanyi yang mencintai sekaligus memelihara hewan-hewan buas dan kini menjadi Politikus.

    Lucky Hakim