Sukses

Ridwan Kamil Ingin Jadikan Bandung Kota Film

Ridwan Kamil yakin masyarakat Bandung punya potensi untuk melahirkan karya-karya kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan industri film Tanah Air kini sudah semakin berkembang pesat. Lokasi yang dipilih sebagai tempat syuting pun kian beragam, tidak melulu di Ibu Kota Jakarta tapi juga luar kota hingga luar negeri.

Kemajuan industri film itu yang kemudian menggelitik seorang Ridwan Kamil untuk menjadikan kota yang dipimpinnya itu sebagai kota film. Apalagi Bandung menjadi salah satu kota yang cukup sering dijadikan lokasi syuting.

 Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil saat memeriahkan HUT Liputan 6 di Senayan City, Jakarta, Senin (23/5). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kepada Liputan6.com, pria yang disapa Kang Emil itu mengungkapkan Bandung punya potensi untuk menjadi kota film. Gagasan ini pun dilakukan sekaligus untuk membangun ekonomi kreatif di masyarakat.

"Bandung itu tidak punya sumber daya alam, tidak punya sumber daya energi, yang Bandung punya hanya sumber daya manusia. Akhirnya sepakat untuk membangun sebuah ekonomi baru berbasis gagasan, imajinasi, nilai tambah yaitu ekonomi kreatif," ujar Ridwan Kamil saat dijumpai di SCTV Tower, Kamis (26/5/2016).

Seperti diketahui, beberapa film populer Tanah Air seperti Heart, From Bandung With Love atau Tarix Jabrix, mengambil latar di kota Bandung.

 Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil saat memeriahkan HUT Liputan 6 di Senayan City, Jakarta, Senin (23/5). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jika nantinya program ini terwujud, Ridwan Kamil akan memfasilitasi rumah-rumah produksi dan produser-produser jika akan melakukan syuting di kota Bandung.

"Kami lagi merangkul agar produser-produser syutingnya di Bandung. Nanti kami permudah, izinnya dihilangkan, didukung produksinya. Kami sudah bantu beberapa film, sehingga ingat produksi film gunakanlah Bandung," jelas Ridwan Kamil. (Eka/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini