Sukses

10 Musikus Dunia Ini Ternyata Punya Darah Asia

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini chart musik internasional selalu dipenuhi oleh para penyanyi atau musikus keturunan Eropa, Amerika, bahkan hingga Afrika. Tak banyak yang memiliki darah Asia bisa menembus pasar musik dunia.

Tetapi, jika ditelusuri lebih mendalam lagi, ternyata para penyanyi dan musikus yang lagu-lagunya akrab di telinga kita memiliki darah Asia. Hanya saja, beberapa dari mereka punya wajah yang mengecoh hingga tak ada yang menduganya sebagai keturunan Asia.

 

Terlebih lagi, gerak-gerik serta perawakan mereka sudah tak lagi menunjukan jati diri masing-masing sebagai seorang keturunan Asia. Bahkan, logat dan Bahasa Inggris para musikus ini pun sudah fasih sejak lama.

Nama-nama yang akan dibeberkan berikut ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga para pecinta musik dunia. Banyak dari musikus keturunan Asia ini yang mencetak hits hingga duduk di puncak chart.

(Photo: dok. Universal Music)

Selengkapnya, simak 10 musikus internasional pencetak hits yang memiliki darah Asia di halaman berikut ini.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

1 - 2

Enrique Iglesias

Lahir di Madrid, Spanyol, Enrique Iglesias adalah putra dari penyanyi top Julio Iglesias dan jurnalis majalah Isabel Preysler yang merupakan keponakan dari aktris Neile Adams. Isabel Preysler sendiri merupakan wanita kelahiran Manila, Filipina.

Alhasil, sang ibulah yang membuat pelantun "Hero" ini sebagai penyanyi dunia keturunan Asia. Akan tetapi, wajah Latin sangat kental di dalam diri Enrique Iglesias. Sebab, sang ayah sendiri memiliki darah Spanyol dan Puerto Riko.

 

Nicole Scherzinger merasa bersalah hingga ia berharap bisa meminta maaf kepada rekan-rekannya dari the Pussycat Dolls.

Nicole Scherzinger

Nama Nicole Scherzinger barangkali lebih dikenal sebagai personel grup musik Pussycat Dolls. Wajahnya membuat kita tak menyangka kalau sosok yang turut menyanyikan lagu "Don't Cha" itu merupakan keturunan Asia.

Nicole Scherzinger memiliki nenek moyang Filipina melalui ayahnya. Ibunya berdarah campuran Hawaii dan Rusia. Sehingga darah Asia sangat kental di dalam dirinya.

3 dari 6 halaman

3 - 4

Vanessa Hudgens

Popularitas Vanessa Hudgens di mata dunia mencuat berkat keterlibatannya dalam film televisi High School Musical. Sejak saat itu, ia langsung melebarkan kariernya sebagai penyanyi. Dua buah album telah dirilisnya.

Pelantun "Start of Something New" itu memiliki ayah berdarah Irlandia dan keturunan pribumi Amerika. Namun, ibunya adalah keturunan Spanyol campur Filipina dan Tionghoa.

 

Kirk Hammett

Karier seorang Kirk Hammett sebagai musikus melejit usai ia menjadi gitaris Metallica. Karya-karyanya menjadikan band metal tersebut berada di dalam chart lagu populer. Sebut saja "Enter Sandman", "One", hingga "Nothing Else Matters".

Wajah Eropa Kirk Hammett sangat kental sehingga tak ada yang menyangka ia merupakan keturunan Asia. Sosok yang masuk ke dalam 100 gitaris terhebat itu memiliki ayah berdarah Irlandia dan ibu keturunan Filipina.

4 dari 6 halaman

5 - 6

Ne-yo

Rapper yang bernama asli Shaffer Chimere Smith ini, sangat kental dengan wajah Afrika. Memang kalau ditelusuri, pelantun "So Sick" dan "Miss Independent" ini punya ayah dan ibu yang merupakan keturunan Afrika.

Akan tetapi, Ne-Yo ternyata merupakan penyanyi keturunan Asia. Siapa sangka kalau ayahnya ternyata punya darah Tionghoa. Sayangnya sewaktu masih kecil Ne-yo sudah berpisah dengan sang ayah.

 

KT Tunstall. (dailyrecord.co.uk)

KT Tunstall

Penyanyi bernama asli Kate Victoria Tunstall ini tak memiliki wajah yang menyiratkannya sebagai keturunan Asia. Padahal, pelantun "Suddenly I See" ini memiliki ibu keturunan Skotlandia dan Tiong Hoa bernama Carol Ann.

Sang ibunda berasal dari Hong Kong dan menikah dengan ayahnya yang sama-sama pekerja bar Penthouse di Edinburgh. Sedihnya, Tunstall belum pernah bertemu sama sekali dengan ayah kandungnya.

5 dari 6 halaman

7- 8

Norah Jones

Siapapun yang sangat mencintai musik tentunya mustahil kalau tak mengenal Norah Jones. Pemenang sembilan Grammy Awards itu memiliki lagu-lagu top seperti "Sunrise" dan "Thinking About You".

Penyanyi top dunia yang bernama asli Geetali Shankar ini, jelas merupakan keturunan Asia. Norah Jones adalah putri dari pemain sitar sekaligus komposer asli India, Ravi Shankar. Sementara ibunya adalah Sue Jones, seorang produser konser di New York.

 

Freddie Mercury (Guardian)

Freddie Mercury

Jelas mendiang Freddie Mercury bukanlah nama yang patut dienyahkan dari pikiran para pecinta musik dunia. Berkat kariernya sebagai vokalis Queen, ia sukses mencetak lagu-lagu top seperti "Bohemian Rhapsody" dan "We Are the Champions".

Wajah Freddie Mercury memang agak berbeda jika disejajarkan dengan para personel Queen lainnya. Freddie bukan asli Inggris, melainkan keturunan dari orangtua berdarah Persia.

6 dari 6 halaman

9 - 10

Bruno Mars

Di zaman sekarang, mustahil tak ada yang tak kenal dengan Bruno Mars. Penyanyi bernama asli Peter Gene Hernandez itu selalu merilis single yang selalu menjadi hits. Sebut saja "Just the Way You Are" dan "Grenade".

Usut punya usut, ternyata Bruno Mars merupakan keturunan Asia. Ayahnya memang asli Puerto Riko, sementara ibunya memiliki darah Hawaii dan Filipina.

 

Eddie Van Halen. (guitar.com)

Eddie Van Halen

Eddie Van Halen yang menciptakan berbagai single hits seperti "Jump" dan "Top of the World" bersama band Van Halen, memiliki hubungan tersendiri dengan Asia, terutama Indonesia.

Sosok yang pernah didapuk sebagai gitaris nomor satu ini, memiliki ayah orang Belanda. Wajah Eropa memang sangat kental. Namun ibunya, Eugenia, merupakan wanita yang asli kelahiran Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.