Sukses

Zaskia Gotik Masih Belum Hapal Pancasila

Zaskia Gotik belum sepenuhnya hapal kelima butir Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus penghinaan terhadap lambang negara membuat Zaskia Gotik belajar banyak tentang Pancasila. Pedangdut 25 tahun itu juga memperbaiki kesalahannya dengan menghapal kelima sila Pancasila. Bahkan, Zaskia Gotik juga didapuk sebagai Duta Pancasila.

Akan tetapi, pelantun lagu "Satu Jam Saja" itu belum sepenuhnya hapal kelima sila Pancasila. Hal tersebut diketahui melalui sebuah video yang tersebar secara viral di social media. Zaskia Gotik tak sempurna menyebutkan isi sila ke empat saat memimpin pembacaan Pancasila dalam peringatan HUT ke 70 TNI Angkatan Udara (AU) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (15/4/2016) lalu.

Aksi kecaman pengangkatan Zaskia Gotik menjadi Duta Pancasila dan Dokter Pancasila berujung petisi yang ditandatangani netizen.

 

Lantaran tidak sempurna, Zaskia Gotik sempat disoraki oleh orang-orang yang hadir dalam acara tersebut. Ia pun mengulangi kembali membacakan sila keempat untuk kedua kalinya. Video berisi Zaskia Gotik lupa sila keempat Pancasila itu langsung dibanjiri hujatan netizen.

"Sila keempat yang kurang kata-katanya, makanya saya minta untuk diulangi lagi. Oleh panitia memang diminta untuk membaca Pancasila. Kan ada satu kata saja tuh. Diulangi lagi baru benar," ujar Eddy Ribut kuasa hukum Zaskia Gotik melalui sambungan telepon, Jumat (22/4/2016).

Eddy mengatakan, pihak penyelenggara tidak mempermasalahkan ketidaksempurnaan Zaskia Gotik, dalam membacakan sila keempat Pancasila. Yang jadi masalah, justru saat video tersebut tersebar luas di media sosial.

Zaskia Gotik memberi keterangan pers terkait ucapannya yang dianggap menghina lambang negara, di kantor Nagaswara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/3/2016). [Foto: Herman Zakharia/Liputan6]

"Yang punya hajat itu kan AU dan nggak masalah kok mereka. Masalahnya kan setelah diunggah ke media sosial," jelas Eddy.

Menurut Eddy, sangat wajar Zaskia Gotik lupa dengan isi kelima sila Pancasila. "Teks Pancasila-nya memang enggak disiapkan saat Zaskia minta. Ya sudah, setelah itu Zaskia mencoba untuk menghapal. Dan, ternyata ada yang lupa," ia mengakhiri. (Pur/Gie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini