Sukses

KALEIDOSKOP 2015: 6 Grup Idola `Rookies` Terpopuler

Munculnya grup idola K-Pop baru tidak hanya sekedar penyegaran tapi juga menampilkan anak-anak muda yang bertalenta.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia hiburan memang K-Pop selalu menyuguhkan karya-karya menarik dan tidak membosankan. Hampir setiap tahunnya, industri musik K-Pop melahirkan sejumlah grup idola baru yang disebut dengan `Rookies`.

Munculnya bintang-bintang baru ini tidak hanya sekedar penyegaran tapi juga menampilkan anak-anak muda yang bertalenta sehingga membuat dunia hiburan K-Pop menjadi lebih berwarna. Seperti pada 2015 ini sejumlah grup `Rookies` juga berhasil menggaet hati para pecinta K-Pop.

Meski baru debut, para grup idola tersebut rupanya telah mampu menuai prestasi dari sejumlah ajang penghargaan bergengsi. Sebut saja MelOn, Golden Disk Award, Mnet Asian Music Award hingga di luar Korea seperti Eropa.

Penasaran siapa sajakah mereka? Berikut enam grup idola `Rookies` terpopuler 2015 pilihan Liputan6.com mencakup profil dan prestasi yang mereka raih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

TWICE

20 Oktober 2015, JYP Entertainment resmi mendebutkan grup idola wanita baru bernama TWICE dengan single pertamanya Like OOH-AHH. Menariknya, mereka terbentuk melalui proses yang cukup berbeda dari grup idola pada umumnya.

Pada Februari 2015 lalu JYP Entertainment mengadu 16 peserta pelatihan wanita mereka dalam sebuah kompetisi bertajuk Sixteen. Pertunjukan ini dimulai pada Mei 2015 dan berakhir dengan terpilihnya sembilan gadis cantik yang kini tergabung dalam TWICE.

Twice, girl band asuhan JYP Entertainment yang baru saja terbentuk melalui ajang pencarian bakat Sixteen.

Uniknya, TWICE dikenal sebagai grup idola wanita multinasional lantaran para personelnya berasal dari beragam bangsa. Lima dari Korea, tiga dari Jepang dan satu orang dari Taiwan.

Baru debut dua bulan, grup yang digawangi Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu ini telah berhasil menuai prestasi. TWICE masuk ke dalam nominasi Artist of the Year dan membawa pulang predikat Best New Female Artist dari Mnet Asian Music Award.

3 dari 7 halaman

iKON

Berawal dari ajang pencarian bakat Mix & Match (2014), YG Entertainment melirik bakat ketujuh cowok gateng ini dan menyatukan mereka ke dalam sebuah grup bernama iKON yang diharapkan mereka dapat menjadi ikon Korea.

Sebelum debut, iKON lebih dahulu dikenal dengan Team-B yang tampil dalam sebuah program variety show bertajuk Win: Who Is Next yang disiarkan pada 2013 silam. Hingga pada 1 Oktober 2015 lalu, iKON resmi debut dengan album pertama mereka, Welcome Back dan tampil perdana di SBS Inkigayo tiga hari setelahnya.

iKON (YG Entertainment)

Belum lama debut, iKON berencana menggelar konser pertama mereka di Korea dan Jepang pada 2016 mendatang. Tak hanya itu, iKON juga berhasil membawa pulang piala untuk kategori Best New Male Artist di Mnet Asian Music Award 2015.

Sayangnya, iKON kini tengah diterpa kontroversi terkait pemilihan warna fandom mereka yang kabarnya mengambil alih warna ciri khas TVXQ dan Shinhwa.

4 dari 7 halaman

G-Friend

Source Music Entertainment secara resmi melahirkan grup idola G-Friend yang merupakan kependekan dari `Girlfriend` pada 15 Januari 2015 lalu dengan merilis Extended Play mereka yang berisi lima buah lagu, salah satunya Glass Bead.

Beberapa bulan kemudian, G-Friend kembali merilis single kedua bertajuk Me Gustas Tu. Grup idola ini kabarnya memperoleh penilaian yang mengesankan di berbagai tangga lagu dan program musik hanya dalam waktu 12 hari sejak mereka debut.

G-Friend

G-Friend yang digawangi oleh Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB dan Umji itu juga diketahui telah menuai sejumlah prestasi. Diantaranya membawa pulang piala kategori Best New Female Artist dari MelOn Music Awards, Grup Berpenampilan Terbaik dari MBC Music Champion Awards, hingga menjadi salah satu nominasi di MTV Europe Music Awards.

5 dari 7 halaman

SEVENTEEN

SEVENTEEN atau disingkat SVT secara resmi dibentuk oleh Pledis Entertainment pada 26 Mei 2015 lalu. SVT menjadi salah satu grup idola dengan jumlah personel terbanyak yakni 13 orang.

Ke-13 personel itu dipecah lagi ke dalam tiga sub-unit untuk mengkategorikan bakat masing-masing personel seperti unit Hip-hop, unit vokal dan unit penampilan. Menariknya, para personel SEVENTEEN ikut terlibat dalam proses produksi karya mereka mulai dari pembuatan lagu hingga menciptakan koreografi.

Seventeen

Tak hanya itu, SEVENTEEN baru saja menggelar konser bertajuk 2015 LIKE SEVENTEEN - Boys Wish pada 24-26 Desember 2015 lalu di Yongsan Art Hall, Theatre Mir. Kabarnya tiket konser mereka ludes terjual hanya dalam hitungan menit saja!

6 dari 7 halaman

Lovelyz

Usia debut mereka memang masih muda, namun hal itu tidak menjadi penghalang bagi grup idola Lovelyz untuk meraih kepopuleran di industri hiburan K-Pop. Diantara grup `Rookies` lainnya, Lovelyz lahir pada 17 November 2014 lalu.

Dibawah asuhan Woollim Entertainment, Lovelyz dibentuk dengan delapan personelnya yang cantik dan berbakat. Kedelapannya yakni Baby Soul, Jiae, Jisoo, Mijoo, Kei, Jin, Sujeong dan Yein. Selama satu tahun debut, tak sedikit nama Lovelyz tercantum di berbagai ajang penghargaan bergengsi.

Lovelyz

Lovelyz debut dengan album pertama mereka bertajuk Girls' Invasion yang diikuti dengan mini album mereka Lovelyz8 pada 2015 ini. Tidak hanya dari segi musik, para personel Lovelyz juga beberapa kali tampil di sejumlah serial televisi.

7 dari 7 halaman

CLC

Sesuai dengan namanya, CrystaL Clear, grup idola CLC memiliki lima personel yang cantik, bersinar dan berbakat. Mereka adalah Seunghee, Yoojin, Seungyeon, Yeeun dan Sorn.

CLC dibentuk oleh Cube Entertainment pada 19 Maret 2015 dengan membawakan single perdana Pepe yang merupakan salah satu lagu dalam Extended Play mereka yang bertajuk First Love. Selain bersama CLC, para personelnya rupanya kerap tampil masing-masing.

CLC

Seperti Seunghee misalnya yang pernah menyanyikan lagu sountrack Plus Nine Boys bersama Sungjae BTOB, ia juga tampil dalam videoklip BTOB yaitu Secon Confession dan The Winter's Tale. Salah satu personelnya, yakni Sorn merupakan warga negara Thailand yang memenangkan ajang K-Pop Star Hunt 2011 silam.

(Eka/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini