Sukses

EXO dan Big Bang Dominasi Chart Ternama di Korea 2015

 

Liputan6.com, Seoul - Tahun 2015 merupakan momen tak terlupakan bagi EXO dan Big Bang. Di tahun ini, dua boyband asuhan agensi ternama di Korea Selatan itu menelurkan karya baru. EXO dengan Exodus dan (Rapackaged) Love Me Right berhasil merajai deretan tangga lagu ternama di Korea Selatan.

Hal serupa juga dialami Big Bang dengan album [M] [A] [D] [E]. Album Big Bang yang disebut MADE Series yang cukup unik, mewakili setiap huruf saat perilisannya. Proyek musik ini dianggap memanjakan penggemar dengan dua lagunya yang dirilis setiap bulan. Karya pertama Big Bang rilis Mei 2015, untuk huruf [M] dengan lagu Loser dan Bae Bae.

Selanjutnya, proyek [A] dengan karya We Like 2 Party dan Bang Bang Bang yang diluncurkan Juni 2015. Proyek [D] yang rilis di Juli 2015 dengan Sober dan If You pada Juli 2015. Big Bang pun kembali dengan [E], lewat dua judul lagu Let’s Not Fall In Love dan Zutter, 5 Agustus 2015.


Rupanya EXO dan Big Bang berhasil mendominasi deretan ternama Gaon dengan proyek musik mereka. Laporan dari Nate, Rabu (29/12/2015), Gaon merilis chart tahunan menentukan artis dengan karya terlaris.

Hasilnya, Big Bang merajai penjualan digital untuk semua karya yang dirilis secara bertahap itu. Sementara, album fisik EXO dikabarkan laris manis hingga terjual satu juta keping.

Bangtan Boys [foto: @Star1]

Hebatnya, di antara dua nama besar Big Bang dan EXo, pendatang baru Bangtan Boys yang sempat dipandang sebelah mata juga masuk dalam daftar. Bangtan Boys dengan The Most Beautiful... 1 berada di posisi empat, berada di atas SHINee. Boyband yangjuga diasuh SM Entertainment, SHINee ada di posisi kelima dengan lagu Odd.

SHINee saat menggelar konser SHINee World IV di bangkok, Thailand, [foto: Parachat.net]

Digital Single:
1. Big Bang: Bang Bang Bang
2. Big Bang: Loser
3. Naul: You In the Same Time
4. Big Bang: Bae Bae
5. Zion T: Eat

Album:
1. EXO: Exodus (Versi Korea)
2. EXO: Love Me Right
3. EXO : Exodus (Versi Mandarin)
4. BTS : The Most Beautiful... 1
5. SHINee: Odd

(Des/Adt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.