Sukses

Anugerah KPI 2015 Siap Digelar

Liputan6.com, Jakarta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali akan menggelar Anugerah KPI 2015. Acara yang sudah 10 kali digelar KPI ini akan dihelat pada 2 Desember 2015.

Dengan mengusung tema Indonesia Berinovasi, Anugerah KPI terdiri dari 13 penghargaan yang akan diberikan atas 10 kategori terdiri dari delapan kategori program yang dinilai juri secara kualitatif, satu Kategori pilihan pemirsa, dan satu kategori Life Achievment bagi insan penyiaran yang telah mendedikasikan hidupnya untuk perkembangan dunia penyiaran.

Dewan Juri Anugerah KPI, Ka Seto (kanan) memberikan keterangan penyelenggaraan Anugerah KPI 2015 di Jakarta, Jumat (27/11). Gelaran tahunan yang dihelat oleh KPI ini akan diselengarakan pada 2 Desember 2015. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, ada tiga kategori baru yang belum pernah diikurt sertakan dalam Anugrah KPI sebelumnya, Animasi, Infotainmen dan Iklan Layanan Masyarakat.

"Pertama animasi, banyak animasi Indonesia yang kalah dengan animasi luar negeri. Kedua Infotaimen, kami punya penilaian sendiri, mau mendorong konten infotaimen agar mengarah ke hal positif, edukatif, dan inspiratif. Dan yang terakhir Iklan layanan masyarakan, baik teve atau radio. Temanya sederhana, misal jangan buang sampah sembarangan," kata Agtha Lily Komisioner KPI Pusat sekalihus Ketua penyelenggara Anugrah KPI ditemui di kantornya di kawasan Gajah Mada, Jakarta Pusta, Jumat (27/11/2015).

Komisioner KPI Agatha Lily penyelenggaraan Anugerah KPI 2015 di Jakarta, Jumat (27/11). Untuk memacu industri televisi KPI memberikan sejumlah penghargaan kepada insan pertelevisian Indonesia melalui ajang Anugerah KPI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk penjurian, KPI menggandeng beberapa orang yang berkopenten dibidang penyiaran. Seperti Kak Seto yang menjadi juri program anak-anak, Hanung Bramantyo juri Program Drama, dan sutradara Garin Nugroho yang menjadi juri Program Featur.

"Penilaian untuk hasil ini dilakukan selama satu bulan, dan juri dipersilajkan memberikan penilaian terbaiknya. Kami setiap tahun melibatkan juri dari luar, skarang kami melibatkan orang-orang yang baik dan kami apresiasi, dan mereka sangat memperhatikan tayangan Indonesia," ungkap Lily.

Komisioner KPI Agatha Lily (kedua kanan) bersama dewan juri Anugerah KPI Hanung Bramantyo, Ka Seto, dan Meutya Viada Hafid saat memberikan keterangan penyelenggaraan Anugerah KPI 2015 di Jakarta, Jumat (27/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lily berharap dengan Anugerah KPI 2015 yang mengangkat tema Indonesia Berinovasi, diharapkan penyiaran Indonesia kian membaik dan semakin baik lagi.

"Temanya kali ini Indonesia berinovasi, ada banyak sumber kreatif, bagaimana bisa jad konten yang baik. Karena tak lepas dari sumber daya manusia yang baik pula. Kita mau Indonesia punya siaran yang baik," harapnya. (Pur/fei)

Berikut katregori yang akan diperebutkan di Anugrah KPI 2015:

1. Kategori Program Anak-Anak

2. Kategori Program Animasi

3. Kategori Program Drama

4. Kategori Program Infotainment

5. Kategori Program Talkshow

6. Kategori Program Feature

7. Kategori Iklan Layanan Masyarakat Radio

8. Kategori Iklanm Layanan Televisi

9. Televisi Peduli Perbatasan

10. Radio Peduli Perbatasan

11. Presenter Wanita Favorit Pilihan Pemirsa

12. Prsenter Pria Favorit Pilihan Pemirsa

13. Kategori Iklanm Layanan Televisi