Sukses

Shinta Indra Maya Perankan Fatmawati di Teater Bung Dimana Bung

Shinta dan rekan-rekannya di komunitas budaya Guntur 49 hanya memiliki waktu 10 hari untuk berlatih.

Liputan6.com, Jakarta Finalis Putri Indonesia 2011, Shinta Indra Maya tampil apik memerankan tokoh Fatmawati dalam sebuah pementasan teater berjudul Bung Dimana Bung. Padahal, diakui olehnya jika persiapan dalam pementasan tidak dilakukan dalam waktu lama. Shinta dan rekan-rekannya di komunitas budaya Guntur 49 hanya memiliki waktu 10 hari untuk berlatih.

“Tapi, untungnya saat hari H, semua berjalan lancar, dan alhamdulillah pementasannya sempurna," kata Shinta usai pementasan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, baru-baru ini.

Sinta Indra Maya main teater Bung dimana Bung

Awalnya, dikatakan Shinta, dirinya didapuk memerankan karakter Utari yang juga istri Soekarno. Tapi, karena waktu yang terbatas, durasi pementasan dikurangi, sehingga ia berganti peran menjadi Fatmawati.

“Referensi saya banyak baca tentang Fatmawati. Kebetulan saya juga kuliah di Universitas Bung Karno jadi biasa lihat tentang beliau. Baik di perpustakaan, teman juga dosen," kata dia.

Selain Shinta, pementasan "Bung... di Mana Bung" juga diperankan sejumlah nama lain. Di antaranya Krt Agus Istijanto, Eko Winardi, Ika Medika, Sunarto, J Sumarlin Hadi Joban, dan lainnya.

Pementasan teater sendiri dipentaskan oleh Komunitas Budaya Guntur 49. Pementasan berlangsung di sela-sela pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Pementasan disutradarai oleh seniman yang juga aktivis Isti Nugroho ini bercerita tentang perjalanan Sukarno, seorang bapak bangsa yang justru mendapat tekanan di akhir masa hidupnya.

Sinta Indra Maya dan pemain teater lainnya

Cerita dimulai ketika Sukarno tinggal di rumah tokoh Sarekat Islam, HOS Tjokroaminoto. Di situ, Sukarno muda menyerap, memahamim, dan mendalami pemikiran Islam dari sang guru besar tersebut.

Sukarno muda yang kerap terlibat langsung dan kuyub dalam pergolakan politik kemerdekaan saat itu mengawali proses pendewasaan dan kematangan berpikirnya di rumah yang juga disebutnya sebagai "Dapur Revolusi".

Hingga, pada langkahnya menuju kemerdekaan, di rumah itulah Sukarno untuk pertama kalinya mendapatkan pengalaman mengenai gairah dan energi politik untuk mempersiapkan perlawanan terorganisasi melawan pemerintah kolonial Belanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.