Sukses

Hari Santri Nasional, Artis-artis Ini Alumni Pondok Pesantren Lho

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menetapkan hari ini Kamis (22/10/2015) sebagai hari Santri nasional. Pro dan kontra pun masih menghinggapi ketetapan yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo tersebut.

Tentu saja hal ini mendapatkan sambutan yang baik dari para santri yang pernah menempuh pendidikan di pondok pesantren. Dari kalangan dunia selebritis, beberapa nama diketahui juga alumni pesantren. Mereka yang kini bergelimang dengan dunia yang glamour sebelumnya dekat dengan dunia syiar.

Siapakah mereka? Liputan6.com mencatat beberapa di antaranya. Berikut daftarnya.

 

Baca juga:

5 Artis Ini Buka-bukaan Tentang Seks

Selain Anggita Sari, Artis-artis Ini Juga Ngaku Jadi PSK

Artis-artis Ini Ngaku Lakukan Operasi Plastik

10 Artis Terkenal Ini Suka Sekali Naik Ojek

Artis-artis Ini Sudah Dilirik Pria Meski Belum Resmi Menjanda

4 Selebritis Ini Pilih Pindah Kewarganegaraan Keluar Indonesia

6 Artis Ini Ganteng-ganteng Kok Jomblo?

HUT TNI, Ini Artis-artis yang Bersuamikan Tentara

5 Adik Seleb yang Siap Gantikan Popularitas Kakak

 

2 dari 6 halaman

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani yang kerap terlihat dengan adegan-adegan panasnya ternyata merupakan salah satu alumni pesantren Gontor, Jawa Timur. “Dulu aku pernah di Gontor, Jawa Timur,” kata Nikita beberapa waktu yang lalu.

Nikita juga mengungkapkan sejarahnya itu kepada sahabatnya ustad Maulana, setelah memperingati hari ulang tahunnya ke-29 di Rumah Tahanan Perempuan Pondok Bambu, Jakarta Timur, pada Selasa 17 Maret 2015.

“Ternyata Nikita memang pernah pesantren di Gontor 2 tahun," kata Ustad Maulana saat keluar dari Rutan Pondok Bambu.

Pesantren Gontor, Ponorogo, merupakan pondok modern kenamaan, tempan menuntut ilmu bagi kaum Muslim. Dari Ponpes ini, lahir tokoh-tokoh kondang Tanah Air. Sebut saja politisi Partai Keadilan Sehajtera (PKS), Hidayat Nur Wahid; Ketua Umum Majelis Ulama (MUI), Din Syamsuddin, mantan Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama, Hasyim Muzadi; Menteri Agama, Lukman Haikm Syaifuddin; hingga budayawan kondang MH Ainun Najib.


3 dari 6 halaman

Aura Kasih

Artis seksi Aura Kasih juga diketahui pernah menghabiskan masa kecilnya di Pondok Pesantren di kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Sampai akhirnya, Aura memutuskan untuk pindah ke Bandung untuk mengejar karirnya sebagai penyanyi.

Dengan penampilannya di dunia hiburan, tak banyak orang yang mengetahui jika Aura merupakan alumni pondok pesantren.

“Kebanyakan orang menilai dari penampilan, tapi otaknya nggak tau. Aku sejak kecil memang sudah sekolah agama di pesantren. Sudah bisa ngaji sejak kecil, shalat juga, jago banget deh. Karena aku kan dulu islamnya juga fanatik,” ujar Aura Kasih kepada wartawan beberapa waktu yang lalu.

Kini, Aura mengaku jika dirinya berbeda dengan saat masih belajar di pesantren. Diriya juga mengaku sudah jauh dari shalat.

“Sudah jauh banget dari Tuhan, shalat aja nggak pernah. Kalau dengar suara adzan, di rumah sedih banget. Jadi ingat pas di pesantren, dan sekarang sama sekali blank,” pungkasnya.


4 dari 6 halaman

Dewi Perssik

Nama pedangdut Dewi Perssik tentu sudah banyak yang mengetahui jika dirinya dibesarkan dengan ilmu agama yang kuat di Jember, Jawa Timur. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Dewi Perssik sempat menunjukan bakatnya dalam membaca Al-quran.

"Saya cuma bisa, tidak hebat. Karena orang Jawa Timur itu, baca Alquran seperti jadi kebiasaan sehari-hari. Dulu waktu kecil, pas jadi santri, setiap sore, kalau lagi santai ya baca Al-quran," ujar Dewi Perssik

Saking jagonya, mantan istri Saipul Jamil itu mengaku ketika remaja pernah menjadi guru ngaji.

"Dulu jadi guru ngaji anak-anak kecil di taman pendidikan Islam. Cuma waktu itu gajinya kecil, cuma Rp 100 ribu per bulan. Tapi saya sangat senang," ucapnya.


5 dari 6 halaman

Julia Perez

Artis seksi Julia Perez juga merupakan alumni pondok pesantren. Mantan kekasih Gaston Castano ini pernah mengenyam pendidikan di Pesantren Al Ihya Insan Kamil di Bogor, Jawa Barat.

Jupe bahkan pernah mengunggah tiga buah foto yang dijadikan satu (collage) ke media sosial yang menunjukkan dirinya tengah berpose bersama santri lainnya.

Beberapa kali Julia Perez bahkan sempat berkeinginan untuk tidak lagi mengenakan pakaian seksi. Namun, keinginan itu sepertinya sulit terpenuhi.

Bahkan, saat masih bersama Gaston, Jupe berani tampil mengenakan bikini seksi saat sedang liburan bersama. Belahan payudara bintang film 'Arwah Goyang Kerawang' ini terlihat jelas karena tubuhnya hanya dibalut pakaian renang two pieces.


6 dari 6 halaman

Wali Band

Empat personel band Wali Faank, Apoy, Tomi dan Ovie juga merupakan lulusan pondok pesantren. Faank dan Apoy jebolan ponpes La Tansa, Pandegelang, Banten, sedangkan Tomi merupakan lulusan ponpes Al Fatah, Lampung, lalu Ovie merupakan alumni ponpes Al Hikmah Annajiyah Bogor.

Faank dan Apoy pun sempat napak tilas pesantren yang sempat dijadikan tempat mereka belajar. Menurut keduanya, tempat-tempat tersebut menjadi saksi bisu keberadaan mereka di La Tansa 14 tahun yang lalu. Sesekali merekapun riang tertawa haru mengingat-ngingat pengalaman sangat berharga berjuang dan belajar bersama ustad-ustadnya.

“Ini adalah kantor Bagian Pengasuhan Santri, pengadilannya pondok untuk santri yang sering melanggar disiplin,” kata Faank.