Sukses

Unsur Islami di Berbagai Anime dan Manga

Dari sekian banyak judul manga dan anime, ada beberapa yang di dalamnya memasukkan unsur Islami.

Liputan6.com, Tokyo Unsur relijius dalam sebuah manga maupun anime biasanya tak terlalu ditonjolkan secara aktual. Karena memang para pengarangnya takut menyentuh ranah yang sensitif dalam satu agama.

Meskipun begitu, ada beberapa judul yang berani memasukkan unsur reliji secara aktual. Tak hanya agama Buddha, Shinto, maupun Nasrani, terkadang beberapa anime pun memasukkan unsur Islami di dalamnya.

Beberapa anime menampilkan ciri khas Islam seperti menyebut salam, nama Nabi, gerakan shalat, kitab suci, hingga atribut Arab yang kental dengan unsur Islami. Ada juga yang mengundang kontroversi, dan terdapat pula yang baru sekedar dugaan tanpa dijelaskan secara eksplisit unsur Islaminya.

Baca juga: 4 Karakter Anime Ini Diduga Muslim

Siapa saja karakter anime yang sempat diduga menganut agama Islam oleh beberapa penggemarnya?

Contoh pertama ada pada anime Cowboy Bebop the Movie: Knockin' on Heaven's Door. Ketika karakter utamanya, Spike berjalan di wilayah perkotaan Maroko, ia memberi salam kepada kerabatnya yang bernama Rasheed. Lalu ada orang lewat menyapa Rasheed dengan kalimat "Assalamualaikum."

Bahkan, contoh lain bisa dilihat di manga bernuansa luar angkasa Planetes, di mana terdapat satu karakter yang memperagakan gerakan Shalat. Satu gerakan shalat juga pernah ada di anime Yugo the Negotiator.

Anime Yugo the Negotiator. (Kodansha)

Anime Yugo bahkan tak sampai di situ. Karakter utamanya, Yugo yang tengah mendapatkan sebuah misi di Pakistan untuk bernegosiasi dengan para pemberontak, sempat melakukan pembahasan tentang Nabi Muhammad SAW.

Bicara soal nama Nabi umat Islam tersebut, ada satu karakter dari anime top yang memiliki nama terhormat itu. Ia adalah Muhammad Avdol dari manga dan anime Jojo's Bizarre Adventure. Karakter ini aslinya berasal dari Mesir dan merupakan bagian dari tokoh protagonis.

Muhammad Avdol di anime JoJo's Bizarre Adventure. (Shueisha)

Meskipun begitu, anime Jojo's Bizarre Adventure sempat diprotes dan menjadi kontroversi. Hal itu disebabkan karena karakter antagonis utamanya, Dio membaca kitab suci Al Qur'an sembari bersumpah untuk membunuh tokoh utama sekaligus rivalnya, Jotaro.

Parahnya, adegan dalam anime yang diambil dari manga aslinya itu, dibuat lebih eksplisit dengan memperlihatkan huruf-huruf Arab di dalam kitab yang diyakini merupakan bagian dari ayat Al Qur'an. Hal itu pun memicu reaksi keras dari para penganut muslim seluruh dunia hingga pihak studio mendapat teguran dan pada akhirnya adegan itu disensor.

Adegan kontroversial dalam anime Jojo's Bizarre Adventure. (Shueisha)

Selain itu, terdapat juga hal-hal terkait budaya Arab yang mendekati nuansa Islami. Sebut saja anime Ladies versus Butler yang pernah menampilkan karakter wanita bernama Ayse Khadim, putri Arab yang kerap mengenakan atribut cadar.

Anime Captain Tsubasa pun pernah menampilkan kesebelasan asal Arab Saudi yang dipimpin oleh Pangeran Arab. Dalam beraksi, pangeran bernama Mark Owairan itu selalu mengenakan sorban khas Arab Saudi. One Piece pun secara tersirat juga menggambarkan dunia fiksi Arab dengan menghadirkan negeri bernama Arabasta.

Anime One Piece. (Shueisha / Toei)

Anime lain yang sempat diduga kuat memiliki unsur Islami adalah Gundam 00 dan Gundam Wing di mana kedua anime itu memiliki karakter yang kental dengan budaya Timur Tengah. Full Metal Panic juga menampilkan karakter utama bernama Sousuke Sagara yang diduga muslim karena ia tak meminum alkohol dan tak memakan daging babi. (Rul/Adt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini