Sukses

7 Konser di Stadion Wembley Terbesar Sepanjang Masa

Konser-konser itu mampu menyedot hingga ratusan ribu penonton.

Liputan6.com, Jakarta Kurang dari 2 hari lagi, konser One Direction akan digelar di Jakarta. Dengan menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), diyakini konser One Direction akan menyedot banyak penonton.

Dengan kapasitas lebih dari 80 ribu penonton, membuat stadion GBK menjadi sasaran empuk musisi kelas dunia untuk menyelenggarakan konsernya. Slank, Metallica, Linkin Park, SM Town, dan beberap musisi lainnya pernah menggelegar GBK dengan raungan musiknya.

Namun bukan hanya GBK yang menjadi stadion sebagai tujuan konser musisi dunia, Inggris pun memiliki stadion yang tidak kalah besarnya. Stadion Wembley!

Stadion dengan kapasitas 90 ribu penonton ini memiliki sejarah cukup panjang. Menjadi stadion terbesar di Inggris, tidak heran jika Stadion Wembley menjadi sasaran berbagai perhelatan akbar selain sepak bola. Mulai dari Olimpiade hingga konser musik pun pernah berlangsung di stadion yang terletak di jantung kota London, Inggris tersebut.

Dan kali ini, Liputan6.com berhasil merangkum 7 konser terbesar yang pernah diselenggarakan di Stadion Wembley. Mau tahu apa saja? Simak artikelnya berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Live Aid Concert - 1985

Live Aid Concert - 1985

Live Aid merupakan konser yang diselenggarakan pada tahun 1985. Konser itu merupakan salah satu konser paling ikonik dalam sejarang musik dunia, karena konser itu mengubah pandangan terhadap musik yang jauh lebih perhatian terhadap kehidupan sosial.

Konser 'Live Aid' berlangsung selama 16 jam di Stadion Wembley yang digagas oleh musisi yang juga aktivis politik, Bob Geldof. Ia datang dengan ide yang sangat ambisius untuk menggalang dana yang dibutuhkan korban kelaparan di Ethiopia.

Menurut Greatest Event Wembley Stadium, konser tersebut menyedot 72 ribu pengunjung untuk menjadi saksi sejarah salah satu perhelatan musik terbesar sepanjang masa yang diselenggarakan di Stadion Wembley. Konser ini menarik 1,3 miliar penonton melalui siarang televisi di seluruh dunia dan menjaring dana sebanyak hampir £ 150 juta.

 

3 dari 8 halaman

Queen 'A Kind of Magic Tour' - 1986

Queen 'A Kind of Magic Tour' - 1986

Setelah setahun sebelumnya berperan aktif dan menggebrak Stadion Wembley pada konser Live Aid, pada 1986 Queen kembali memeriahkan stadion yang sama. Konser itu merupakan bagian dari perhelatan A Kind of Magic Tour.

Freddie Mercury mengenakan jubah dan mahkota saat memainkan lagu kebangsaan Inggris, God Save The Queen. Foto momen itu menjadi foto yang sampai saat ini sebagai gambar yang ikonik dalam sejarah musik dunia.

Misteriusnya, konser ini merupakan konser terakhir Queen sebelum akhirnya Freddie Mercury meninggal pada tahun 1991. Dalam konser tersebut, Queen memainkan 28 lagu dengan harga tiket mencapai US$ 23.

Meski tidak tercatat jelas berapa jumlah penonton yang hadir, namun konser ini diyakini sebagai salah satu konser terbesar yang diselenggarakan di Stadion Wembley sepanjang masa.

 

4 dari 8 halaman

Michael Jackson 'Bad Tour' - 1988

Michael Jackson 'Bad Tour' - 1988


Nama besar dalam genre musik pop dunia, Michael Jackson, mampu membius hasrat para penggemarnya utnuk memenuhi stadion terbesar di Inggris, Wembley. Tercatat menurut Greatest Event Wembley Stadium, konser ini mampu menghadirkan 504 ribu penonton.

Mereka berduyun-duyun dan menyesaki Stadion Wembley selama 7 malam berturut-turut pada tahun 1988, dan itu menjadi rekor tersendiri bagi musik dunia. Konser bertajuk 'Bad Tour' ini menjadi salah satu konser terbesarnya sepanjang masa.

 

5 dari 8 halaman

Rolling Stones - 1990

Rolling Stones - 1990

Adrenalin pecinta musik Inggris kembali terbakar dengan kehadiran Rolling Stones pada tahun 1990 di stadion terbesar mereka, Wembley. Benar saja, meski mereka jagoan Amerika Serikat, namun aura Rolling Stones tidak dapat menahan gejolak 60 ribu penonton.

Warga Inggris pun terbius dengan aksi Mick Jagger dan kawan-kawan saat hits legendaris mereka ikut dimainkan. Mulai dari Honky Tonk Women, Paint it Black, dan Brown Sugar ikut menjadi set list mereka di Wembley.

 

6 dari 8 halaman

Live Earth Concert - 2007

Live Earth Concert - 2007

Konser kolaborasi selalu menjadi magnet tersendiri untuk menjaring penonton. Bagaimana tidak, sampai saat ini Live Earth menjadi salah satu konser yang patut diperhitungkan eksistensinya.

Konser yang diselenggarakan di Stadion Wembley pada tahun 2007 itu merupakan konser kampanye untuk membantu memerangi krisis iklim global. Mulai dari The Black Eyed Peas, Duran Duran, Red Hot Chili Peppers, Metallica, James Blunt, Foo Fighters, hingga Madonna memeriahkan konser ini.

Konser ini disiarkan lebih dari 130 negara dengan lebih dari 500 rekanan media baik dari televisi, radio, hingga internet menyiarkan konser ini secara langsung.

 

7 dari 8 halaman

Muse - 2007

Muse - 2007

Agak mencengangkan memang hanya dengan kekuatan 3 orang, mampu mendatangkan puluhan ribu orang. Itulah karisma yang dimiliki oleh Muse dengan 3 personelnya terhadap puluhan ribu penggemar di Stadion Wembley.

Muse menjadi satu-satunya band yang memakai Wembley versi baru pada tahun 2007, setelah dipugar sebelumnya. Ia juga kembali menunjukan eksistensinya kepada warga Inggris dengan kembali tampil di tempat yang sama pada tahun 2010 silam.

 

8 dari 8 halaman

Foo Fighters - 2008

Foo Fighters - 2008

Bagi band sekelas Foo Fighters, tidak cukup memang untuk tampil di Stadion Wembley dengan bergabung bersama list band-band lainnya saat Live Earth 2007. Untuk itu mereka tampil kembali di Wembley dengan waktu yang berbeda.

Pada tahun 2008, Foo Fighters tampil 2 malam selama 72 jam di Stadion Wembley. Led Zeppelin pun ikut bergabung dengan mereka dan menggebrak lapangan hijau kebanggaan warga Inggris tersebut.

Dave Grohl menyatakan pada saat itu, Foo Fighters merasa seperti memiliki 86 ribu backing vokal. Dan hari itu dinobatkan sebagai hari terbesar sepanjang hidupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini