Sukses

6 Anime Seru yang Jagoannya Cewek

Ada enam judul anime seru yang sangat sesuai bagi para perempuan. Apa saja itu?

Liputan6.com, Tokyo Kepopuleran anime di kancah internasional tak melulu diperuntukkan bagi kaum Adam, namun juga para wanita. Kisahnya pun tidak hanya menyajikan tema laga, fantasi, olahraga, maupun romansa, namun juga ada genre magical girl.

Tema tersebut biasanya mengusung karakter wanita yang bisa berubah dengan mengenakan kostum unik saat bertarung melawan musuh-musuhnya. Mereka menggunakan kekuatan sihir untuk menghabisi lawan-lawannya.

Tema ini kebanyakan diambil dari shoujo manga, atau manga yang memang diperuntukkan bagi kaum Hawa. Di dalamnya pun mengandung unsur sehari-hari yang mencerminkan kehidupan pribadi maupun lingkungan yang erat dengan perempuan, terutama gadis muda.

Dari sekian banyak anime yang mengusung tema magical girl, ada beberapa judul yang cukup populer. Lantas, apa sajakah itu? Simak selengkapnya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sailor Moon

1. Sailor Moon

Siapapun baik itu pria maupun wanita, tentu sangat mengenal anime satu ini. Pretty Soldier Sailor Moon diadaptasi dari manga ciptaan Naoko Takeuchi yang terbit sejak 1991 hingga 1997 sebanyak 18 jilid.

Tak beda jauh dengan versi manga, anime Sailor Moon mengikuti petualangan gadis SMP bernama Usagi Tsukino yang diberi kekuatan untuk menjadi Prajurit Sailor bernama Sailor Moon. Bersama Prajurit Sailor lainnya, Usagi membela bumi dari ancaman berbagai macam penjahat.

Anime Sailor Moon terus memantau pendewasaan Usagi dari seorang gadis SMP yang emosional hingga menjadi wanita dewasa yang bertanggung jawab. Seperti manganya, serial anime ini memenangkan ajang Animage Anime Grand Prix pada tahun 1993.

Di Indonesia berkat penayangannya di Indosiar, Sailor Moon menjadi sangat populer di kalangan anak-anak perempuan maupun laki-laki. Sementara di Jepang, anime ini awalnya direncanakan untuk mengudara hanya enam bulan. Namun diperpanjang selama lima tahun sejak 1992 hingga 1997.

3 dari 7 halaman

Magic Knight Rayearth

2. Magic Knight Rayearth

Diadaptasi dari manga buatan tim Clamp (Satsuki Igarashi, Ageha Ohkawa, Tsubaki Nekoi dan Mokona), Magic Knight Rayearth menghadirkan banyak adegan pertarungan seru yang melibatkan trio wanita saat mereka terdampat di dunia lain.

Uniknya, Magic Knight Rayearth juga cukup menarik minat kaum Adam oleh karena tampilan maupun konsep dan gaya bertarung setiap tokohnya cukup gagah. Ditambah lagi, ada beberapa robot yang ditampilkan di klimaks cerita.

Manga ini mengudara sejak November 1993 hingga Februari 1995 dan hanya terdiri dari dua seri dengan masing-masing sebanyak tiga volume. Di Indonesia, animenya yang mengudara sebanyak 20 episode tayang hingga akhir.

4 dari 7 halaman

Minky Momo

3. Minky Momo

Berjudul asli Magical Princess Minky Momo, anime ini sempat populer di Indonesia dan menjadi salah satu pemicu wabah manga serta anime bertema magical girl di tanah air.

Memiliki wujud asli seorang anak-anak, karakter Minky Momo yang merupakan seorang penyihir, mampu menjadi orang dewasa saat menjalankan aksi-aksinya dalam berbagai profesi. Terkadang, ia melawan para penjahat dengan kemampuan sihirnya itu.

Minky Momo mengudara di Jepang sejak 1982 hingga 1983 dan tidak memiliki manga sama sekali. Meskipun begitu, banyak versi OVA (video rumahan khusus) dari anime ini yang dirilis. Bahkan, terdapat juga lanjutan serial anime sejak 1991 hingga 1992 yang diberi judul Magical Princess Minky Momo Hold on to Your Dreams.

5 dari 7 halaman

Wedding Peach

4. Wedding Peach

Wedding Peach sempat menjadi wabah tersendiri di kalangan pecinta anime seluruh dunia, termasuk Indonesia. Meskipun memiliki konsep tim seperti Sailor Moon, namun kostum yang ditampilkannya adalah gaun pernikahan megah ketika masing-masing karakternya beraksi.

Kisah dalam Wedding Peach sendiri berasal dari manga karangan Sukehiro Tomita dan Nao Yazawa yang terbit sejak 1994 hingga 1996 sebanyak enam volume. Versi anime yang tayang sebanyak 51 episode sempat menjadi hit tersendiri di Indonesia.

Ceritanya sendiri berpusat pada Momoko Hanasaki, siswa SMP St. Flower yang memiliki kekuatan sihir bersama dua temannya, Yuri Tanima dan Hinagiku Tamano setelah diserang iblis. Selain kostum, banyak kegaiatan sehari-hari karakternya yang sangat sesuai bagi kaum Hawa.

6 dari 7 halaman

Tokyo Mew Mew

5. Tokyo Mew Mew

Tokyo Mew Mew menjadi salah satu anime bertema magical girl yang sangat digandrungi oleh para otaku (fans berat anime dan manga) dari kalangan perempuan. Hal itu dikarenakan desain karakternya yang sangat hidup dan watak setiap tokoh yang selalu ceria.

Kisah yang diambil dari manga ciptaan Reiko Yoshida ini, mengetengahkan gadis bernama Ichigo Momomiya yang memiliki perilaku layaknya seekor kucing setelah menerima infus khusus dari DNA kucing iriomote. Usai menemui makhluk aneh, ia pun menjelma menjadi pahlawan wanita setengah kucing bernama Mew Ichigo.

Baik manga maupun anime, Tokyo Mew Mew mendapat sambutan positif dari para pembaca dan audiens. Di Indonesia, anime yang mengudara sebanyak 52 episode ini sempat memuaskan para otaku Tanah Air.

7 dari 7 halaman

Cardcaptor Sakura

6. Cardcaptor Sakura

Bagi para fans anime yang terdiri dari perempuan, nama Sakura Kinomoto pastinya tak bisa dipisahkan dari ingatan. Sosok Sakura yang selalu mengenakan seragam tersebut memang menjadi panutan bagi banyak fans.

Kisah yang aslinya merupakan manga ciptaan Clamp ini, dibuat ke dalam anime sebanyak 70 episode. Di Tanah Air, fans berkesempatan untuk menyaksikan serialnya hingga tamat di salah satu stasiun televisi swasta.

Serial anime ini menerima penghargaan di ajang Animage Grand Prix untuk Best Anime pada 1999. Menelusuri ceritanya, Cardcaptor Sakura menghadirkan aksi Sakura yang masih berusia 10 tahun itu terpaksa harus melawan beberapa makhluk aneh yang keluar dari segel kumpulan kartu setelah ia melepaskannya secara tidak sengaja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini