Sukses

4 Hukuman Mati Mencekam di dalam Anime

Apa saja empat anime populer di Jepang dan dunia yang menghadirkan tema hukuman mati dalam kisahnya?

Liputan6.com, Tokyo Pemberlakuan hukuman mati terhadap orang-orang yang dianggap bersalah dan sering melakukan tindak kriminal, telah menginspirasi banyak pihak, termasuk sineas anime di seluruh Jepang.

Tak kalah dengan berbagai hal yang disajikan di film layar lebar, adegan atau konsep hukuman mati di beberapa anime kerap disajikan dengan cukup ekstrim dan terkadang menimbulkan suasana mencekam.

Beberapa anime populer di Jepang dan dunia itu, bahkan turut menceritakan detail proses setiap karakter yang akan dieksekusi. Terkadang, ada juga yang membuat kita pilu saat menyimak kisahnya.

Apa saja anime populer yang menghadirkan tema hukuman mati di dalam kisahnya? Berikut empat judul yang telah kami temukan di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

One Piece

1. One Piece

Anime dan manga One Piece memperkenalkan karakter bajak laut bernama Gold Roger yang menjadi pembuka cerita dengan penjelasan bahwa tokoh tersebut telah dihukum mati hingga tercetuslah era baru bajak laut.

Dalam dunia One Piece beberapa karakter memang sering menerima eksekusi hukuman mati di depan umum. Seiring berjalannya cerita, kilas balik mengenai alasan Gold Roger dieksekusi menimbulkan kesan yang sangat memilukan bagi para pembaca.

Tak hanya Gold Roger yang dijatuhi hukuman mati dalam kisah ini. Beberapa karakter pun tampak menjadi objek mengerikan penghakiman tersebut seiring berkembangnya cerita.

3 dari 5 halaman

Naruto

2. Naruto

Di dalam cerita Naruto terdapat karakter seorang anak bernama Inari yang ayah tirinya dieksekusi di hadapan publik oleh karakter bernama Gato karena berani menentangnya.

Sayangnya dalam kisah ini, Gato merupakan seorang pengusaha yang korup. Keputusan tersebut menghancurkan hati Inari hingga membuatnya tak lagi percaya dengan kehadiran para pahlawan.

4 dari 5 halaman

Mobile Suit Victory Gundam

3. Mobile Suit Victory Gundam

Kisah Mobile Suit Victory Gundam atau yang biasa disingkat dengan V Gundam, menghadirkan Kekaisaran Zanscare yang memberlakukan hukuman mati dengan guillotine di depan umum sebagai standar bagi orang yang dianggap bersalah.

Biasanya, Kekaisaran melakukan hal ini untuk menanamkan rasa takut karena guillotine dianggap sebagai hukuman barbar dan tidak beradab oleh banyak orang di dunia anime berjenis perang robot ini.

5 dari 5 halaman

Berserk

4. Berserk

Tanpa harus menjelaskan secara rinci dan mendalam, anime Berserk menampilkan hukuman mati sebagai sesuatu yang sangat umum di hampir setiap episodenya.

Bahkan, karakter utamanya, Guts pun kerap melakukan eksekusi di depan umum meskipun terkadang dianggap tidak resmi. Perlu diketahui, anime satu ini memang paling banyak mengumbar unsur kekerasan di dalamnya. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini