Sukses

The Judge, Konflik Persidangan di Tengah Drama Keluarga

The Judge masih memperlihatkan akting jenaka Robert Downey Jr. sebagai seorang pengacara yang beraksi di pengadilan.

Liputan6.com, Jakarta Nama Robert Downey Jr. sebagai seorang aktor telah dikenal dengan baik di dunia perfilman, bahkan jauh sebelum berperan sebagai Tony Stark di Iron Man. Kini, ia kembali tampil memukau dalam film bertema drama bertajuk The Judge.

Film yang disutradarai oleh David Dobkin ini, memiliki tema utama yang menitikberatkan pada suasana persidangan di pengadilan. Judul `The Judge` sendiri diambil dari karakter yang dimainkan oleh aktor senior Robert Duvall, seorang hakim tua di sebuah kota kecil Amerika Serikat.

Seperti halnya di film-film lain, akting Robert Downey Jr. masih terlihat jenaka, sehingga karakteristik dari permainannya itu tampaknya sudah melekat di mata para pecinta film. Lantas, bagaimanakah garis besar cerita serta hal-hal apa yang sangat menarik dari film ini?



Tersebutlah seorang pengacara sukses asal Chicago, Henry "Hank" Palmer (Robert Downey, Jr.) yang selalu bertingkah angkuh sebelum beraksi di pengadilan. Pada suatu ketika, ibunya meninggal sebelum ia menjalani sidang. Akhirnya, Hank yang rumah tangganya sedang retak pun kembali ke kampung halamannya di Carlinville, Indiana untuk melihat jenazah sang ibunda.

Tiba di kampung halaman, barulah terungkap bahwa ayahnya, Joseph "Joe" Palmer (Robert Duvall) adalah seorang hakim yang disegani di kotanya. Setelah Hank reuni dengan mantan pacarnya, Samantha (Vera Farmiga) serta dua saudaranya Glen Palmer (Vincent D'Onofrio) dan Dale Palmer (Jeremy Strong), Hank langsung menghadapi masalah berat.



Sang ayah, Joe Palmer dituduh membunuh salah satu mantan narapidana yang pernah dibebaskannya. Joe Palmer pun langsung menjadi hakim pertama di kotanya yang menjadi tersangka pembunuhan dan harus menjalani sidang dengan memanggil salah satu pengacara.



Celakanya, hubungan antara Joe dan Hank ternyata tidak harmonis. Keduanya sama-sama keras kepala. Sehingga Joe akhirnya menyewa pengacara yang kurang pengalaman. Saat dakwaan sudah menjerumus pada tuduhan pidana, akhirnya Hank pun meyakinkan sang ayah agar ia menjadi pengacaranya.



Kesepakatan ayah dan anak itu pun membuahkan hasil. Berbagai perkembangan di pengadilan terus membawa mereka ke arah yang positif. Namun sayangnya, ada sesuatu yang disembunyikan sendiri oleh Hakim Palmer. Sehingga, Hank pun mau tak mau harus memutar otak lebih jauh lagi agar saudara-saudaranya tidak melihat ayah mereka berada di dalam penjara.



`The Judge` memang menyajikan banyak hal yang berkaitan dengan suasana persidangan. Akan tetapi, filmnya tidak melulu berada di ruang sidang. Berbagai adegan drama keluarga serta hubungan ayah dan anak yang ditampilkan di dalamnya, terkadang mampu menggugah hati nurani kita.

Tak hanya adegan mengharukan yang memberatkan pada hubungan ayah dan anak, `The Judge` juga memiliki beragam adegan serta dialog-dialog komedi yang dikemas cukup apik. Nuansa humornya sendiri kerap dimunculkan dalam adegan persidangan.



Robert Downey memang selalu menjadi dirinya saat berakting di depan kamera. Bahkan dalam `The Judge` ini, kita terkadang merasa deja vu di beberapa adegan yang agak mirip dengan film-film besar Robert seperti Iron Man, The Avengers, maupun Sherlock Holmes.

Meskipun alur pembukaan film terkesan lambat, namun beberapa misteri yang tersimpan sejak pertengahan film ini, cukup menggelitik kita untuk terus mengikutinya. Ditambah lagi akting setiap pemainnya bisa dibilang jempolan dengan bumbu-bumbu asmara dan keluarga yang malah dikemas secara konyol.

Saat menghadiri premiere film ini beberapa waktu lalu, terlihat sejumlah penonton sangat terharu ketika film memasuki adegan klimaks. Tentunya tak bisa disebutkan di sini adegan mengharukan apa yang menjadi penutup `The Judge`.

Bagi yang sudah jenuh dengan film-film drama keluarga maupun remaja yang begitu-begitu saja, ada baiknya tidak melewatkan `The Judge`. Meskipun sudah tayang pada akhir pekan kemarin, namun tidak ada salahnya untuk menyaksikan Robert Downey Jr. dalam ruang persidangan di bioskop-bioskop terdekat rumah Anda pada pekan ini. (Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini