Sukses

[MARKET REVIEW] Hot Money Bikin IHSG Sumringah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bergerak perkasa didorong aksi beli investor asing yang mencapai Rp 4 triliun dalam sepekan.

Indeks saham bergerak cukup perkasa pada minggu keempat Februari. Meski sempat stagnan pada awal pekan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat 47 poin ke level 4.646 menjelang akhir pekan.

IHSG mampu menguat 3,06% dalam sepekan. Aksi beli investor asing telah memberikan tenaga terhadap pergerakan indeks saham. Selama sepekan, investor asing melakukan aksi beli mencapai Rp 4,4 triliun.

Aksi beli oleh investor asing itu menopang penguatan IHSG di tengah bursa saham Asia dan global bergerak melemah. Membaiknya data ekonomi Indonesia mulai dari penurunan defisit transaksi berjalan menjadi 1,9% pada kuartal IV 2013, dan suku bunga acuan tetap (BI Rate) di level 7,5% memicu aksi beli asing.

Sektor saham keuangan pun menjadi incaran investor asing. Hal ini dilihat dari penguatan sektor saham keuangan mencapai 15,47% secara year to date. Sejumlah rilis laporan keuangan emiten bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga menambah sentimen positif untuk sektor saham keuangan.

Lalu apa saja yang terjadi selama sepekan ini di pasar modal?Saham-saham apa saja yang menggerakan indeks saham? Selain sektor saham keuangan, sektor saham apa saja yang menopang IHSG? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Research Analyst PT Buana Capital, Alfred Nainggolan: (Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini