Sukses

Orang Terkaya RI, Anthoni Salim, Kuasai Pepsi Cola Indonesia

Aksi akuisisi besar tengah dipersiapkan raksasa industri makanan Indonesia, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP). Perseroan mengaku telah menandatangni perjanjian jual beli terkait rencana akuisisi seluruh saham PT Pepsi-Cola Indobeverages (PCIB) senilai US$ 30 juta.

Akuisisi tersebut akan dilaksanakan oleh PT Indofood Asahi Sukses Beverages (IASB) dan PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM) yang merupakan perusahaan patungan antara ICBP dan Asahi group Holding Southeast Asia Pte Ltd.

Dikutip dari keterangan tertulis perusahaan, Kamis (27/6/2013), AIBM dan IASB rencananya akan mengakuisisi saham PCIB masing-masing sebanyak 264.113.930 dan 15 ribu lembar saham. Penyelesaian transaksi ini tergantung pada pemenuhan kondisi-kondisi yang dipersyaratkan dalam perjanjian.

PCIB merupakan perusahaan patungan PT Gapura Usatatama, salah satu perusahaan dari Salim Grup dan perusahaan afiliasi pepsi Co Inc, Seven-Up Nederland B.V. PCIB diketahui bergerak di bidang produksi, pemasaran, dan distribusi produk-produk merek sendiri seperti Frutamin dan Tekita.

"Secara grup kalmi telah menjalin kerjasama yang erat dengan pepsiCo untuk jangka waktu yang lama, baik dalam bisnis minuman maupun makanan ringan," kata Direktur Utama dan CEO Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Anthoni Salim.

Dengan akuisisi ini, ICBP menjamin PCIB akan tetap memproduksi dan memasarkan produk PepsiCo baik selama dalam proses maupun setelah selesainya akuisisi.

"Dengan bergabungnya kekuatan dari ketiga perusahaan, ICBP, Asahi, dan PepsiCo, kami akan berada pada posisi yang lebih baik untuk menjadi salah satu pemain utama di industri minuman non alkohol di Indonesia dan mempercepat pertumbuhan perusahaan," kata Anthoni.

Sementara Itu, Presiden dan COO Asahi group Holding Ltd, Naoki Izumiya menilai masuknya PCIB ke dalam perusahaan patungan dengan ICBP menjadi langkah besar ke depan akan akan mempercepat upaya membangun portofolio produk yang lebih luas dan lengkap.

"Kami berharap dapat menghadirkan produk berkualitas yang dapat memenuhi selera konsumen di Indonesia dalam waktu dekat," kata Naoki. (Shd)