Sukses

Alibaba Terbitkan Obligasi Konversi Setara Rp 72,4 Triliun, untuk Apa?

Alibaba menawarkan obligasi tujuh tahun, jatuh tempo pada tahun 2031, dengan kupon 0,5% dan premi konversi 30%.

Liputan6.com, Jakarta - Alibaba Group Holding Ltd., berencana menjual obligasi konversi senilai USD 4,5 miliar atau sekitar Rp 72,4 triliun (kurs Rp 16.089,85 per USD), dalam salah satu penawaran terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

Aksi penawaran obligasi konversi seiring dengan rencana perusahaan untuk membeli kembali (buyback) lebih banyak saham dan berinvestasi dalam bisnisnya. Perusahaan yang berbasis di Hangzhou ini menawarkan obligasi tujuh tahun, jatuh tempo pada tahun 2031, dengan kupon 0,5% dan premi konversi 30%.

Pesanan obligasi tersebut mengalami kelebihan permintaan beberapa kali lipat, seiring dengan permintaan dari investor global, kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut, namun meminta untuk tidak disebutkan namanya karena informasi tersebut bersifat pribadi.

Melansir Yahoo Finance, Jumat (24/5/2024), penawaran ini dilakukan ketika Alibaba membutuhkan modal untuk berinvestasi pada bisnis intinya yaitu e-commerce dan cloud, yang keduanya telah kehilangan pangsa pasarnya akibat tindakan keras otoritas Tiongkok terhadap sektor ini dan gejolak internal yang terjadi setelahnya.

Sebagian dari hasil penawaran tersebut akan digunakan untuk membeli kembali 14,8 juta saham American Depositary Shares pada saat harga kesepakatan ditetapkan, serta untuk mendanai pembelian kembali di masa depan.

"Langkah ini merupakan peluang untuk mendapatkan uang tunai di luar negeri dengan persyaratan yang menguntungkan, dengan tingkat bunga 0,5%. Dengan cara ini mereka dapat mulai melakukan pembelian kembali saham segera, yang mana yang menurut perusahaan akan lebih bermanfaat bagi pemegang saham karena pembelian kembali akan lebih besar daripada dilusi.” kata analis di Daiwa Capital Markets Hong Kong Ltd., John Choi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berupaya Capai Keseimbangan

Alibaba berupaya mencapai keseimbangan antara mengembalikan uang tunai dan berinvestasi pada bisnis lama dan baru, termasuk kecerdasan buatan, kata Chairman Joe Tsai dan Chief Executive Officer Eddie Wu dalam suratnya kepada pemegang saham pada Kamis, 23 Mei.

Tiongkok juga memimpin dalam memangkas harga layanan cloud dan kecerdasan buatan, serta mulai meningkatkan investasi pada AI, yang merupakan pusat aktivitas investasi global. Perusahaan tersebut menyetujui perluasan program pembelian kembali saham awal tahun ini, menambahkan pembelian kembali sebesar USD 25 miliar, salah satu yang terbesar yang pernah ada di Tiongkok.

Perusahaan memasarkan obligasi konversi dengan kupon tahunan sebesar 0,25% hingga 0,75%, dan dengan premi konversi 30% hingga 35%, sesuai dengan ketentuan kesepakatan yang ditinjau oleh Bloomberg News sebelumnya. ADR ditutup turun 2,3% pada $80,80 pada Kamis. Saham sedikit berubah pada awal perdagangan Hong Kong pada Jumat.

Penawaran ini diperkirakan akan ditutup pada 29 Mei, kata perusahaan itu. Pemegang obligasi konversi dapat meminta Alibaba untuk membeli kembali seluruh atau sebagian surat utangnya pada 1 Juni 2029. Citigroup Inc., JPMorgan Chase & Co., Morgan Stanley, Barclays Plc dan HSBC Holdings Plc disebut turut memfasilitasi kesepakatan tersebut.

3 dari 4 halaman

Laba Anjlok pada Akhir Tahun, Saham Alibaba Loyo 6%

Sebelumnya, saham Alibaba turun tajam pada hari Selasa (15/5), setelah laba bersih raksasa teknologi asal Tiongkok itu anjlok pada kuartal terakhir 2023.

Melansir CNBC International, Rabu (15/5/2024) Alibaba mencatat pendapatan sebesar USD 30,7 miliar, dibandingkan perkiraan 219,66 miliar yuan.

Laba bersih Alibaba yang diatribusikan kepada pemegang saham juga hanya mencapai 3,3 miliar yuan, turun 86% YoY. Saham Alibaba ditutup turun 6% di AS setelah jatuh sebanyak 8,1% pada jam pertama perdagangan.

Dilaporkan, Alibaba mengalami tahun yang sulit pada tahun 2023, ketika perusahaan melakukan perombakan struktur terbesar dalam sejarahnya.

Perusahaan ini juga secara terpisah menerapkan beberapa perubahan manajemen tingkat tinggi, dengan Eddie Wu mengambil alih kendali sebagai CEO pada September 2023.

Dalam upaya untuk mempertahankan kepercayaan kepada pemegang saham, Alibaba mengatakan pada awal tahun ini bahwa mereka meningkatkan program pembelian kembali sahamnya sebesar USD 25 miliar hingga akhir Maret 2027.

Selain itu, perusahaan yang berkantor pusat di Hangzhou ini juga meningkatkan upayanya di luar negeri di tengah perlambatan domestik, di mana Alibaba menghadapi meningkatnya persaingan dari pemain berbiaya rendah seperti PDD.

Pendapatan divisi Taobao dan Tmall, yang menaungi bisnis e-commerce Alibaba di Tiongkok, meningkat 4% YoY menjadi 93,2 miliar yuan. Angka ini lebih cepat dibandingkan pertumbuhan 2% pada kuartal sebelumnya.

Awal tahun ini, CEO Alibaba Eddie Wu berjanji untuk menghidupkan kembali pertumbuhan e-commerce tersebut dengan investasi lebih lanjut.

 

  

4 dari 4 halaman

Alibaba Batalkan Rencana IPO Unit Logistik Cainiao

Sebelumnya, Alibaba pada Selasa, 26 Maret 2024 mengatakan pihaknya membatalkan rencana penawaran umum perdana untuk unit logistik pintar Cainiao, sehingga menambah kesengsaraan baru-baru ini bagi mantan perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut.

Penundaan rencana IPO terjadi karena memberikan mereka suntikan uang tunai dengan kesepakatan keluar yang penting terjadi setelah kondisi pasar yang memburuk di Tiongkok. Awalnya rencana IPO ini  akan menjadi keuntungan bagi Alibaba.

Para investor semakin kecewa terhadap Tiongkok akhir-akhir ini, karena khawatir dengan serangkaian masalah termasuk melemahnya konsumsi, serta krisis real estat dan utang.

Dalam siaran persnya pada Selasa, Alibaba mengatakan mereka menarik IPO dan permohonan pencatatan Cainiao, dan juga akan membeli sisa saham perusahaan yang saat ini belum dimilikinya.

Alibaba saat ini memiliki 64% saham Cainiao. Dikatakan pihaknya bermaksud untuk berinvestasi hingga USD 3,75 miliar atau setara Rp 59,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.829 per dolar AS) untuk mengakuisisi 36% sisanya dari investor minoritas dan karyawan dengan ekuitas pribadi.

Ketua Alibaba, Joe Tsai mengatakan dalam sebuah pernyataan perusahaan mengambil keputusan untuk membatalkan rencana IPO Cainiao dan sebagai gantinya mengambil kepemilikan penuh atas bisnis tersebut.

“Kami yakin ini adalah waktu yang tepat untuk melipatgandakan investasi dalam bisnis logistik,” kata Tsai dikutip dari CNBC International, Jumat (29/3/2024).

Tawaran tersebut memberi nilai Cainiao sebesar USD 10,3 miliar atau setara Rp 163 triliun. Cainiao, yang pertama kali diluncurkan oleh Alibaba pada Mei 2013, menyediakan layanan pergudangan dan pemenuhan, pengiriman jarak jauh dan pos penjemputan, serta logistik balik (reverse logistic) kepada pelanggan situs e-commerce Taobao dan Tmall milik Alibaba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini