Sukses

Selain Warren Buffett, Ini Deretan Investor Terbesar di Dunia

Ada sejumlah nama yang tercatat sebagai investor terbesar di dunia selain Warren Buffett dan Charlie Munger. Berikut sejumlah investor terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia investasi, hampir semua orang bisa menyebutkan beberapa miliarder populer, antara lain bos Berkshire Hathaway Warren Buffett dan rekan bisnisnya Charlie Munger. Selain itu, juga ada pendiri Amazon.com Jeff Bezos, dan pendiri Microsoft Bill Gates.

Namun, selain miliarder tersebut, rupanya ada sejumlah nama yang tercatat sebagai investor terbesar di dunia. Melansir investopedia, Minggu (17/4/2024), investor ada Benjamin Graham yang tercatat sebagai salah satu investor terbesar di dunia. Ben Graham unggul sebagai manajer investasi dan pendidik keuangan.

Dia juga dikenal secara universal sebagai bapak dua disiplin investasi mendasar: analisis keamanan dan investasi nilai. Inti dari investasi nilai Graham adalah bahwa investasi apa pun harus bernilai jauh lebih besar daripada yang harus dibayar oleh investor.

Dia percaya pada analisis fundamental dan mencari perusahaan dengan neraca yang kuat, atau perusahaan dengan sedikit utang, dan margin keuntungan di atas rata-rata dan arus kas yang cukup.

Nama lainnya, John Templeton, salah satu penentang utama abad lalu. John Templeton dikatakan telah membeli dengan harga rendah selama Great Depression. Dia kemudian menjual dengan harga tinggi selama booming internet, dan menghasilkan lebih dari beberapa keputusan bagus di antara keduanya.

Templeton menciptakan beberapa dana investasi internasional terbesar dan tersukses di dunia. Dia menjual dana Templetonnya pada 1992 ke Franklin Group. Pada 1999, majalah Money menyebut Templeton sebagai “pemilih saham global terhebat abad ini”. Sebagai warga negara naturalisasi Inggris yang tinggal di Bahama, ia dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Elizabeth II atas banyak prestasinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Deretan Investor Terbesar Lainnya:

Thomas Rowe Harga Jr

Thomas Rowe Price Jr dianggap sebagai 'Bapak investasi pertumbuhan'. Dia menghabiskan tahun-tahun pertumbuhannya berjuang melawan Great Depression, dan pelajaran yang dia dapatkan bukanlah untuk tidak kehabisan stok, tapi untuk menerimanya.

Price memandang pasar keuangan bersifat siklus. Sebagai seorang penentang, ia memilih berinvestasi di perusahaan-perusahaan bagus untuk jangka panjang, sesuatu yang belum pernah terjadi pada saat itu. Filosofi investasinya adalah investor harus lebih fokus pada pemilihan saham individu untuk jangka panjang.

Disiplin, proses, konsistensi, dan riset fundamental menjadi landasan kesuksesan karir investasinya. Saat ini, perusahaan yang menyandang namanya, T. Rowe Price, adalah perusahaan investasi, reksa dana, dan pialang yang diakui secara global.

John Neff

Neff bergabung dengan Wellington Management Co., pada 1964 dan bekerja di perusahaan tersebut selama lebih dari 30 tahun. Taktik investasi pilihannya melibatkan investasi di industri populer melalui jalur tidak langsung, dan ia dianggap sebagai investor nilai karena berfokus pada perusahaan dengan rasio harga terhadap pendapatan (P/E) rendah dan hasil dividen yang kuat.

Neff menjalankan Windsor Fund selama 31 tahun (berakhir pada tahun 1995) dan memperoleh imbal hasil sebesar 13,7%, dibandingkan 10,73% untuk S&P 500 dalam rentang waktu yang sama.56 Jumlah ini menghasilkan keuntungan lebih dari 53 kali investasi awal yang dilakukan pada 1964.

 

3 dari 5 halaman

Jesse Livermore

Jesse Livermore tidak memiliki pendidikan formal atau pengalaman perdagangan saham atau trading. Dia adalah orang yang mandiri dan belajar dari para pemenang dan juga pecundang. Keberhasilan dan kegagalan inilah yang membantu memperkuat ide perdagangan yang masih dapat ditemukan di pasar saat ini.

Livermore mulai trading untuk dirinya sendiri di awal masa remajanya. Pada usia 16 tahun, dia dilaporkan telah menghasilkan keuntungan lebih dari USD 1.000, yang merupakan keuntungan besar pada saat itu.

Peter Lynch

Peter Lynch mengelola Fidelity Magellan Fund dari 1977 hingga 1990, di mana aset dana tersebut tumbuh dari USD 18 juta menjadi USD 14 miliar. Lebih penting lagi, Lynch dilaporkan mengalahkan tolok ukur Indeks S&P 500 dalam 11 dari 13 tahun tersebut, dengan mencapai pengembalian rata-rata tahunan sebesar 29%.

Sering digambarkan sebagai bunglon, Lynch beradaptasi dengan gaya investasi apa pun yang berhasil pada saat itu. Namun ketika harus memilih saham tertentu, dia berpegang pada apa yang dia ketahui dan/atau dapat dengan mudah dia pahami.

 

4 dari 5 halaman

George Soros

George Soros adalah ketua Soros Fund Management LLC. Dia ahli dalam menerjemahkan tren ekonomi yang luas menjadi permainan yang sangat leverage dan mematikan dalam obligasi dan mata uang. Sebagai seorang investor, Soros adalah seorang spekulan jangka pendek, yang membuat taruhan besar terhadap arah pasar keuangan.

Pada 1973, Soros mendirikan perusahaan dana lindung nilai Soros Fund Management, yang akhirnya berkembang menjadi Quantum Fund yang terkenal dan dihormati. Selama hampir tiga dekade, ia menjalankan dana lindung nilai yang agresif dan sukses ini, dan dilaporkan memperoleh keuntungan lebih dari satu dolar AS. perkiraan pengembalian tahunan rata-rata sebesar 31%.

Warren Buffett

Disebut sebagai “Oracle of Omaha,” Warren Buffett dipandang sebagai salah satu investor paling sukses dalam sejarah. Mengikuti prinsip-prinsip yang ditetapkan oleh Benjamin Graham, ia telah mengumpulkan kekayaan bernilai miliaran dolar terutama melalui pembelian saham dan perusahaan melalui Berkshire Hathaway.

Mereka yang berinvestasi sebesar USD 10.000 di Berkshire Hathaway pada tahun 1965 berada di atas angka $165 juta saat ini. Gaya investasi Buffett yang disiplin, sabar, dan bernilai secara konsisten mengungguli pasar selama beberapa dekade.

5 dari 5 halaman

John 'Jack' Bogle

John 'Jack' Bogle mendirikan perusahaan reksa dana Vanguard Group pada 1975 dan menjadikannya salah satu sponsor dana terbesar dan paling dihormati di dunia. Bogle memelopori reksa dana tanpa beban dan memperjuangkan investasi indeks berbiaya rendah bagi jutaan investor.

Bogle menciptakan dan memperkenalkan dana indeks pertama, Vanguard 500, pada tahun 1976. Filosofi investasi indeksnya menganjurkan untuk memperoleh keuntungan pasar dengan berinvestasi pada reksa dana indeks berbasis luas yang berkarakteristik tanpa beban, berbiaya rendah, perputaran rendah, dan dikelola secara pasif.

Carl Icahn

Carl Icahn adalah aktivis investor terkenal yang menggunakan posisi kepemilikan di perusahaan publik untuk memaksakan perubahan guna meningkatkan nilai sahamnya. Icahn paling terkenal dengan "lift Icahn".

Ini adalah slogannya Wall Street yang menggambarkan kenaikan harga saham suatu perusahaan yang biasanya terjadi ketika Icahn mulai membeli saham perusahaan yang menurut dia dikelola dengan buruk.

William H. 'Bill' Gross

Dianggap sebagai raja obligasi, Bill Gross adalah salah satu pengelola dana obligasi terkemuka di dunia. Sebagai pendiri dan direktur pengelola dana obligasi keluarga PIMCO, ia dan timnya mengumpulkan lebih dari USD 1,86 triliun aset pendapatan tetap yang dikelola (per Februari 2024).

Pada 1996, Gross adalah manajer portofolio pertama yang dilantik ke dalam hall of fame Masyarakat Analis Pendapatan Tetap atas kontribusinya terhadap kemajuan analisis obligasi dan portofolio. Pada 2014, Gross mengundurkan diri dari PIMCO selama periode perjuangan manajemen internal, namun ia melanjutkan mengelola portofolio obligasi besar untuk perusahaan seperti Janus Henderson, di mana ia menjabat hingga 2019.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.