Sukses

Habco Trans Maritima Tebar Dividen Rp 39,62 Miliar

Direktur Utama Habco Trans Maritima, Andrew Kam menyebutkan, dividen yang dibagikan itu setara 20 persen laba bersih tahun buku 2023 yang sebesar Rp 198,17 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) telah melangsungkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat, 15 Maret 2024. Pada rapat tersebut, pemegang saham menyetujui pembagian dividen sebesar Rp 39,62 miliar atau Rp 5,66 per saham.

Direktur Utama Habco Trans Maritima, Andrew Kam menyebutkan, dividen yang dibagikan itu setara 20 persen laba bersih tahun buku 2023 yang sebesar Rp 198,17 miliar. Pada tahun lalu HATM juga membayarkan dividen kepada para pemegang saham senilai Rp 4,07 per lembar, yang dananya bersumber dari laba bersih tahun buku 2022.

"Para pemegang saham telah menyetujui dividend payout ratio sebesar 20 persen, sehingga total dividen yang akan dibayarkan HATM mencapai Rp 39,62 miliar.Pembayaran dividen kepada para pemegang saham yang berhak akan dilaksanakan paling lambat 3 April 2024," kata Andrew dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (16/3/2024).

Perlu dicatat, cum dividen tunai di pasar reguler dan negosiasi pada 25 Maret 2024, sedangkan ex dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 26 Maret 2024. Adapun cum dividen di pasar tunai pada 27 Maret 2024 dan ex dividen di pasar pada 28 Maret 2024. Pembayaran dividen kepada para pemegang saham yang berhak akan dilaksanakan paling lambat 3 April 2024.

Sementara itu, lanjut Andrew, sisa laba bersih tahun buku 2023 atau sebesar 80 persen akan dicatatkan sebagai laba yang ditahan (retained earnings) oleh perseroan. RUPST memberikan kuasa kepada Direksi HATM untuk melaksanakan segala sesuatunya sehubungan dengan pembagian dividen tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

RUPST juga menyetujui dan mengesahkan pengunduran diri Dillon Cosmas dari jabatannya selaku Direktur HATM dan menyetujui pengangkatan Derrick Cosmas sebagai Direktur Perseroan yang baru, untuk sisa masa jabatan Dillon Cosmas.

Dengan demikian, saat ini susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Habco Trans Maritima adalah sebagai berikut:

DIREKSI

  • Direktur Utama: Andrew Kam
  • Direktur: Rita
  • Direktur: Ian Morris Budiman
  • Direktur: Andre Ristanto
  • Direktur: Derrick Cosmas

DEWAN KOMISARIS

  • Komisaris Utama: Hasanul Arifin Hasibuan
  • Komisaris: Cosmas Kiardi
  • Komisaris Independen: Brikman Sinaga

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Habco Trans Maritima Bakal Beli Kapal Setelah IPO

Sebelumnya diberitakan, PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) setelah melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Perseroan meraup dana segar sebanyak Rp 179 miliar dari investor publik pada Selasa (26/7/2022).

Setelah menetapkan harga penawaran umum pemegang saham di Rp 160 per lembar saham. Total penawaran umum perseroan termasuk konversi hutang dan program ESA mencapai Rp 224 miliar.

Dari hasil penawaran umum perdana saham tersebut telah terjadi oversubscribe atau kelebihan permintaan sebanyak 57,26 kali, yang menandakan antusiasme investor publik pada HATM.

"Kami cukup senang dengan hasil penawaran umum yang telah dicapai, mendapatkan oversubscribe sebesar 57,26 kali bukanlah sesuatu hal yang mudah,” ujar Direktur Utama Habco Trans Maritima, Andrew Kam dalam keterangan resminya, Selasa (26/7/2022).

Seluruh dana segar yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham akan digunakan perseroan untuk membeli armada kapal bulk carrier baru, karena permintaan pasar yang sedang tinggi khususnya di industri rantai pasokan energi.

Sebagai salah satu contoh, Habco Trans Maritima bersama dengan PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL) bekerja sama dalam pengangkutan pasokan batubara ke beberapa PLTU di Indonesia guna mendukung ketersediaan listrik di berbagai daerah.

"Dalam kesempatan ini, saya mewakili manajemen perseroan juga ingin berterimakasih kepada Otoritas Jasa Keuangan, Bursa Efek Indonesia, Penjamin Pelaksana Emisi Efek PT NH Korindo Sekuritas Indonesia, serta seluruh profesi penunjang dan stakeholder HATM atas kepercayaan, dan lancarnya proses melantainya HATM di Bursa Efek Indonesia,” ujar Direktur Habco Trans Maritima, Dillon Cosmas.

 

3 dari 3 halaman

Layani Transportasi untuk Pabrik Nikel

Selain itu, Habco Trans Maritima juga telah melayani transportasi untuk pabrik nikel milik Tsingshan Group yang beroperasi di Indonesia.

“Kami senang bekerja sama dengan Habco Trans Maritima karena respon yang cepat, mudah berdiskusi, Mengerti dalam komunikasi apa yang kami butuhkan, dan itu membuat kami ingin menjalin kemitraan jangka panjang dengan Habco Trans Maritima untuk mendukung bisnis kami di Indonesia,” kata Head of Energy Procurement Tsingshan Group, Sam Song.

Kemudian, Habco Trans Maritima dan Habco Group sering dikenal sebagai solusi logistik maritim terintegrasi dengan Habco Trans Maritima dapat menawarkan one-stop solution untuk pengangkutan kargo laut.

Koordinasi yang teratur dari hulu ke hilir dari kapal tongkang, stevedoring, floating crane, docking menyebabkan peningkatan kualitas layanan secara signifikan, meminimalkan risiko operasional, serta menekan biaya operasional secara menyeluruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.