Sukses

IFC Kucurkan Dana Segar Rp 2,3 Triliun, Ini Kata Bos GoTo Patrick Walujo

Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo memberikan tanggapan seiring investasi IFC di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Liputan6.com, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mendapat suntikan dana segar dari International Finance Corporation (IFC) sebesar USD 150.000.000 atau sekitar Rp2,3 triliun untuk mendorong inklusi keuangan dan keberlanjutan di Indonesia. 

Kesepakatan tersebut menegaskan komitmen bersama untuk memperluas manfaat ekonomi digital dan menjawab tantangan perubahan iklim.

Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo mengatakan, investasi strategis IFC di GoTo merefleksikan visi bersama untuk meningkatkan akses dan peluang di Indonesia. Hal ini juga menegaskan posisi terdepan GoTo dalam praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) di kawasan ini, serta reputasi global IFC sebagai pendukung praktik terbaik LST. 

"Kami bangga dapat bermitra dengan IFC, yang merupakan pemimpin di bidang pembangunan berkelanjutan, sejalan dengan tujuan bersama kedua belah pihak untuk mewujudkan dampak signifikan bagi masyarakat dan bumi,” ujar Patrick Walujo dalam keterangan resminya, Selasa (3/10/2023). 

Selain itu, ia mengatakan, kemitraan ini akan memberikan dukungan lebih lanjut bagi bisnis GoTo seiring langkah perusahaan dalam menjawab kebutuhan para pengguna, termasuk konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang, untuk memenuhi kebutuhan dan mewujudkan cita-cita mereka.

Kemitraan ini juga mencakup komponen non-finansial untuk mendukung GoTo Gojek Tokopedia  dalam transisi para mitra pengemudi menuju penggunaan kendaraan listrik, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengintegrasikan berbagai praktik bisnis berkelanjutan untuk mewujudkan bisnis netral karbon.

"Kami mengapresiasi kepemimpinan GoTo sebagaimana ditunjukkan melalui komitmennya menjawab tantangan perubahan iklim serta kontribusinya dalam pembukaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” jelas IFC Country Manager untuk Indonesia dan Timor-Leste Euan Marshall. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendanaan Melalui Private Placement dan Surat Utang

Dia bilang, investasi ini menjadi kontribusi penting dalam memperluas upaya-upaya tersebut, dan menegaskan kekuatan yang dimiliki teknologi dan digitalisasi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat di seluruh Indonesia.

Investasi ini meliputi jumlah sampai dengan USD 125.000.000 dari IFC dan USD 25.000.000 dari firma investasi privat Franke & Company, Inc. 

Perseroan akan menerima investasi melalui penerbitan saham baru dalam rangka penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD), serta penerbitan surat utang terstruktur kepada Bhinneka Holdings (22) Limited, suatu entitas independen, yang secara bersamaan menerbitkan obligasi bersifat ekuitas kepada IFC dan Franke & Company, Inc dengan nilai USD 150.000.000. 

Obligasi bersifat ekuitas yang diterbitkan oleh Bhinneka Holdings (22) Limited dapat ditukarkan dengan saham Seri A Perseroan yang akan diambil bagian olehnya pada harga penukaran Rp135, yang merefleksikan nilai premium sebesar 50 persen dari harga rata-rata tertimbang saham Perseroan pada satu bulan terakhir, yang mencakup tanggal 2 Oktober 2023, atau satu hari bursa sebelum diterbitkannya pengumuman ini. Obligasi bersifat ekuitas di atas memiliki tingkat kupon sebesar 5 persen per tahun yang dibayarkan dua kali dalam satu tahun dan akan jatuh tempo pada Oktober 2028.

 

 

3 dari 4 halaman

Pemakaian Dana

Dana yang dihimpun oleh Perseroan dari PMTHMETD ini, sebagaimana telah disetujui sebelumnya melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan Tahun 2023, akan dimanfaatkan untuk modal kerja Perseroan dan anak-anak perusahaannya.

Citigroup Global Markets Limited dan Goldman Sachs (Singapore) Pte bersama-sama bertindak sebagai bank penempatan (joint placing agent) untuk penerbitan obligasi bersifat ekuitas yang diterbitkan oleh Bhinneka Holdings (22) Limited kepada investor.

Sampai saat ini, GoTo mengklaim telah mencatatkan kemajuan yang baik dalam mewujudkan Komitmen Tiga Nol Perseroan, yaitu Nol Emisi, Nol Sampah, dan Nol Hambatan pada 2030. 

Kemajuan tersebut di antaranya ditunjukkan melalui uji coba terbatas kendaraan listrik roda dua di kawasan Jakarta Selatan, upaya mengurangi pengemasan berlebihan dan sampah sekali pakai dari unit bisnis On-Demand Services dan E-Commerce Perseroan, serta berbagai inisiatif lain untuk mewujudkan inklusi keuangan dan penghidupan yang berkesinambungan bagi para mitra pengemudi dan pedagang.

4 dari 4 halaman

GoTo Peopleverse Fund Alihkan 541,19 Juta Saham GOTO

Sebelumnya diberitakan, Goto Peopleverse Fund mengalihkan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Hal ini sebagai bagian dari pelaksanaan program opsi saham karyawan dan konsultan GoTo.

Dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Senin (25/9/2023), jumlah saham yang dialihkan GoTo Peopleverse Fund itu sebanyak 541.191.148 dengan harga transaksi Rp 2 per saham. Harga tersebut merupakan harga pelaksanaan yang diatur dalam setiap perjanjian opsi saham dengan peserta sebagaimana telah disebutkan dalam prospektus IPO GOTO. Transaksi tersebut dilakukan pada 4-21 September 2023.

“Melalui transaksi di Bursa Efek Indonesia telah mengalihkan 541.191.148 Saham Seri A atau sebesar 0,67% dari kepemilikan saham GoTo Peopleverse Fund di dalam PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk sebelum transaksi, sebagai bagian dari pelaksanaan Program Opsi Saham Karyawan dan Konsultan GoTo,” demikian dikutip dari keterbukaan informasi BEI.

Setelah transaksi, jumlah saham GOTO yang dimiliki GoTo Peopleverse Fund dari 80.662.669.910 menjadi 80.121.508.762 atau setara 6,76 persen dengan 6,76 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini