Sukses

Amar Bank Tawarkan Bunga Deposito hingga 9 Persen per Tahun

Emiten bank digital, PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) telah menyiapkan jurus dalam menghadapi ketatnya persaingan di bisnis bank digital.

Liputan6.com, Jakarta - Emiten bank digital, PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) telah menyiapkan jurus dalam menghadapi ketatnya persaingan di bisnis bank digital. Salah satu strategi yang bakal ditawarkan adalah dengan memberikan suku bunga deposito yang kompetitif.

Senior Vice President Retail Banking Amar Bank Abraham Lumban Batu mencermati persaingan suku bunga deposito bank digital memang dinilai cukup ketat. Dengan demikian, Amar Bank memberikan suku bunga deposito yang kompetitif.

"Persaingannya sebenarnya cukup ketat, kalau kami lihat cuma biasanya lebih ke arah bunga itu Amar Bank memberikan bunga dengan kompetitif lah," kata Abraham saat ditemui di Ashta, Selasa (15/8/2023).

Dia bilang, Amar Bank menawarkan suku bunga deposito maksimal 9 per tahun (per annum). Selain memberikan suku bunga deposito menarik, Amar Bank juga berupaya untuk memberikan rasa aman bagi nasabah. Ini mengingat banyak penipuan yang berpotensi menguras uang milik nasabah. 

"Kami maksimum sampai 9 persen per anum tapi kami coba tawarkan lagi fitur lainnya bukan hanya dari sisi bunga tapi berangkat dari sisi rasa aman," kata dia.

Dalam rangka memerangi penipuan atau kejahatan finansial, Amar Bank pun menghadirkan fitur bernama Brankas. Inovasi pada fitur ini dirancang sebagai solusi konkret mengatasi kekhawatiran masyarakat yang semakin meningkat terkait kejahatan finansial dan skema rekayasa sosial. 

Dengan perlindungan berlapis yang didukung oleh Artificial Intelligence (AI), Brankas dari Amar Bank memberikan rasa tenang bagi nasabah yang memungkinkan mereka untuk menyimpan dana hasil kerja kerasnya secara aman untuk masa depan yang lebih baik.

Di tengah lanskap kejahatan finansial yang terus berkembang, masyarakat kini menghadapi ancaman menjadi korban kejahatan yang kerap datang secara tak terduga. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Solusi Tabungan

Menurut ia, fitur Brankas ini menjadi salah satu pelengkap aplikasi Amar Bank yang bisa dimanfaatkan nasabah agar tidak merasa waswas saat melakukan transaksi perbankan.

"Brankas sendiri merupakan fitur pelengkap di kami (Amar Bank). Brankas ini menghilangkan rasa cemas dari nasabah-nasabah," kata dia.

Amar Bank yang memiliki filosofi teknologi harus memberikan dampak positif dan memperbaiki kehidupan, dengan cepat meluncurkan fitur tabungan dengan tambahan lapisan proteksi, yaitu Brankas dari Amar Bank. Fitur ini diharapkan dapat mengatasi kekhawatiran nasabah terhadap kejahatan finansial.

Dengan teknologi panggilan video berbasis AI, Brankas memberikan ketenangan bagi para nasabah dengan memberikan tempat yang aman bagi tabungan jangka panjang mereka.

Berbeda dengan yang lain, fitur ini memberikan solusi tabungan digital dengan perlindungan berlapis yang didukung oleh teknologi AI dan disesuaikan dengan karakter masing-masing nasabah, serta menambahkan lapisan perlindungan yang hanya dapat diakses oleh nasabah yang memiliki otoritas. 

Dengan perlindungan berlapis, fitur tabungan ini diharapkan efektif mencegah nasabah dari berbagai bentuk kejahatan finansial termasuk risiko kehilangan dana akibat kehilangan kata sandi, pencurian ponsel, penyalahgunaan kartu debit, bahkan malware yang tak sengaja terpasang.

3 dari 3 halaman

Amar Bank Kantongi Laba Rp 85 Miliar Semester I 2023

Sebelumnya, PT Bank Amar Indonesia Tbk pada 30 Juni 2023, atau semester I 2023 sukses membukukan laba bersih sebesar Rp 85,04 miliar.

Bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM ini berhasil memutar balikan kerugian yang dialaminya di sepanjang 2022 silam.

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian berharap, raihan ini mampu memperkuat kinerja positif Amar Bank, mempertahankan profitabilitas yang berkelanjutan, serta meningkatkan dampak sosial yang positif bagi masyarakat.

"Pada kuartal kedua, Amar Bank mencatat peningkatan total aset sebesar 22,55 persen secara Year-on-Year, didukung oleh pencapaian total Kredit sebesar Rp 2,05 triliun," jelas Vishal, Kamis (10/8/2023).

Vishal mengatakan, pencapaian tersebut merupakan hasil kontribusi Tunaiku sebagai platform pinjaman digital Amar Bank yang menyalurkan pinjaman kepada individu maupun UMKM, serta pertumbuhan dalam penyaluran kredit komersial dan korporasi.

"Amar Bank berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan kredit dengan mengembangkan kolaborasi antara Amar Bank dan platform digital. Bertujuan untuk memperluas akses dan mendorong penyaluran kredit bagi mereka yang masih memiliki akses terbatas ke layanan keuangan," tuturnya.

Penyaluran Kredit TerjagaSenior Vice President Finance Amar Bank David Wirawan menambahkan, perseroan juga konsisten menjaga efektivitas penyaluran kredit dan pengelolaan aset produktif secara prudent. Tercermin dari rasio Non-Performing Loan (NPL) sebesar 1,84 persen.

"Selain itu, rasio BOPO juga mengalami tren penurunan, mencapai 85,82 persen dibandingkan dengan angka sebelumnya yaitu 121,20 persen pada Juni 2022. Kinerja positif pada kuartal kedua ini membuktikan komitmen untuk terus mempertahankan profitabilitas dan semangat dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis sepanjang tahun 2023," terangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.