Sukses

Wall Street Tergelincir, Data Tenaga Kerja AS Bikin Khawatir Kenaikan Suku Bunga

Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street kompak tertekan pada perdagangan Kamis, 6 Juli 2023 di tengah sentimen data tenaga kerja AS lebih baik dari prediksi.

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street merosot pada perdagangan Kamis, 6 Juli 2023. Koreksi wall street terjadi setelah data tenaga kerja yang lebih baik dari perkiraan meningkatkan kecemasan investor seputar keadaan ekonomi dan suku bunga.

Dikutip dari CNBC, Jumat (7/7/2023), pada penutupan perdagangan wall street indeks Dow Jones anjlok 366,38 poin atau 1,07 persen ke posisi 33.922,26. Indeks S&P 500 merosot 0,79 persen ke posisi 4.411,59. Indeks Nasdaq tergelincir 0,82 persen menjadi 13.679,04.

Pada perdagangan Kamis pekan ini, indeks Dow Jones dan S&P 500 mencatat kinerja harian terburuk.

Tiga indeks saham acuan utama bersiap untuk menutup perdagangan pekan ini lebih rendah pada pekan ini. Indeks Dow Jones tergelincir 1,4 persen. Sedangkan indeks S&P 500 dan Nasdaq masing-masing turun 0,9 persen dan 0,8 persen.

Data pekerjaan sektor swasta meningkat 497.000 pada Juni, menurut data dari perusahaan ADP. Data tenaga kerja tersebut alami kenaikan bulanan terbesar sejak Juli 2022.

Kenaikan data tenaga kerja pada Juni lebih dari dua kali lipat perkiraan konsensus Dow Jones sebesar 220.000 dan jauh lebih baik dari pada 267.000 pekerjaan yang direvisi turun, yang terlihat pada Mei.

Imbal hasil obligasi bertenor dua tahun mencapai level tertinggi dalam 16 tahun. Data ADP rilis menjelang laporan gaji resmi pada Juni 2023. Ekonom berharap 240.000 non-farm payrolls ditambahkan bulan lalu. Data ekonomi ini melambat dari 339.000 pekerjaan yang ditambahkan pada Mei 2023, menurut Dow Jones.

Akan tetapi, pelaku pasar sekarang berharap angka yang lebih panas yang mengarah the Federal Reserve (the Fed) atau bank sentral AS melanjutkan kebijakan pengetatan moneternya setelah dipertahankan pada pertemuan Juni.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saham Maskapai Merosot

Pelaku pasar prediksi sekitar 92 persen kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan bank sentral akhir bulan ini, menurut FedWatch CME Group.

“Pasar jelas lebih memilih angka yang sejalan. Tapi karena harapannya lebih dari dua kali lipat, itu benar-benar meningkatkan faktor ketakutan the Fed harus lebih agresif,” ujar dia.

Di sisi lain, lowongan pekerjaan turun lebih dari yang diharapkan pada Mei, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja.

Data tersebut dapat memberikan harapan pasar tenaga kerja yang ketat mungkin akan melihat setidaknya sejumlah pelonggaran.

Saham JetBlue Airways anjlok lebih dari 7 persen dalam sehari setelah perusahaan mengumumkan akan akhiri kemitraan dengan American Airlines dan fokus pada Spirit Airlines. Saham American Airlines turun lebih dari 2 persen, sedangkan Spirit Airlines naik lebih dari 1 persen.

3 dari 4 halaman

Penutupan Wall Street 5 Juli 2023

Sebelumnya, bursa Amerika Serikat (AS) sedikit berubah usai mengalami pelemahan. Dow Jones Industrial Average kehilangan 27 poin, atau 0,08%. Sementara indeks S&P 500 berjangka dan Nasdaq-100 berjangka melayang di sekitar garis datar.

Pekan perdagangan yang dipersingkat yang berlanjut pada hari Rabu setelah istirahat untuk liburan Hari Kemerdekaan 4 Juli. Indeks utama wallstreet mencatat kerugian.

Melansir laman CNBC, Dow Jones Industrial Average kehilangan 129,83 poin, atau 0,38%. Sedangkan S&P 500 turun 0,2%. Kedua indeks mengakhiri rentetan kemenangan tiga hari. Sedangkan Nasdaq berakhir pada posisi 0,18% lebih rendah.

Wall Street juga menyisir risalah dari pertemuan kebijakan Federal Reserve di Juni, di mana para anggota memilih untuk melewatkan kenaikan. Temuan terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar pejabat akan mendukung kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Para pedagang menilai adanya peluang hampir 89% kenaikan suku bunga pada pertemuan bank sentral bulan ini, menurut FedWatch CME Group.

“Ketua Fed Powell telah memperjelas bahwa dia benar-benar berkomitmen untuk melihat target 2% ini tercapai, jadi, saya pikir itu cukup berarti bahwa ini adalah kapan, bukan jika, sejauh menyangkut kenaikan tambahan akhir tahun ini, ” kata Malcolm Ethridge dari CIC Wealth.

Saham JetBlue Airways beringsut lebih rendah dalam perdagangan yang diperpanjang setelah perusahaan mengumumkan akan mengakhiri kemitraannya di AS timur laut dengan American Airlines untuk fokus pada Spirit Airlines. Saham Amerika bergerak sedikit lebih rendah, sementara Spirit bertambah sekitar 2%.

 

4 dari 4 halaman

Kenaikan Suku Bunga

Ethridge mengatakan dia mengharapkan adanya 2 kenaikan lagi dari The Fed tahun ini, kemungkinan pada kuartal ketiga.

Ethridge, Wakil Presiden Eksekutif di CIC Wealth, juga mencatat bahwa meskipun inflasi menunjukkan tanda-tanda mereda, perlu waktu untuk mencapai target 2%.

"Tidak peduli di sisi mana Anda jatuh, kita semua dapat setuju bahwa tidak cukup banyak yang telah menembus titik ini secara berarti yang akan menandakan bahwa mereka akan mundur dari pedal gas dan memungkinkan kita meluncur dari sini," tambahnya .

Mengingat pengaturan ini, investor secara agresif memposisikan diri di pasar ini untuk cakrawala waktu atau selera risiko mereka mungkin ingin menggunakan periode kekuatan untuk mengambil keuntungan, katanya.

Pekan perdagangan yang dipersingkat berlanjut Kamis dengan sejumlah poin data ekonomi baru, termasuk data penggajian swasta ADP untuk Juni dan klaim pengangguran awal. Pembacaan PMI layanan global S&P dan PMI layanan ISM juga sedang dilakukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.