Sukses

Patrick Walujo Resmi Jadi Direktur Utama GoTo Gojek Tokopedia

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memutuskan mengangkat Patrick Walujo sebagai direktur utama dan Agus D.W. Martowardojo sebagai komisaris utama perseroan.

Liputan6.com, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memutuskan merombak jajaran dewan komisaris maupun direksi. Salah satunya secara resmi mengangkat Patrick Walujo menjadi Direktur Utama GOTO dan Agus D. W. Martowardojo menjadi Komisaris Utama GOTO.

Hal itu telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) serta Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). GoTo Gojek Tokopedia pun mengumumkan jajaran kepemimpinan yang lebih kuat guna meningkatkan tata kelola perseroan serta menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat untuk mendorong bisnis dalam percepatan langkahnya menuju profitabilitas.

Sekretaris Perusahaan GoTo Koesoemohadiani menyampaikan, pihaknya sangat bersyukur dengan terselenggaranya RUPST dan RUPSLB ini, dan berterima kasih atas dukungan dan persetujuan pemegang saham terhadap seluruh agenda yang diajukan. 

"GoTo akan terus berkembang dengan memperhatikan sepenuhnya kebutuhan para pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan di dalam ekosistem kami. Kami berkomitmen untuk terus menjadi penyedia on-demand services, e-commerce, dan financial technology terkemuka di Indonesia," kata Koesoemohadiani dalam keterangan resminya, Jumat (30/6/2023).

Seluruh agenda RUPST dan RUPSLB yang memerlukan persetujuan pemegang saham telah disetujui, termasuk Laporan Tahunan Perseroan tahun 2022, dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian Perseroan dan entitas anak untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2022.

Pemegang saham juga telah menyetujui mata acara RUPSLB yaitu penambahan anggota Direksi Perseroan yang dapat menjadi pemegang saham Seri B.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perubahan Susunan Dewan Komisaris dan Direksi

Sehubungan dengan pengawasan dan pengurusan Perseroan, RUPST juga telah memutuskan beberapa perubahan dalam susunan dewan komisaris dan direksi Perseroan, di antaranya menerima pengunduran Andre Soelistyo dari jabatannya sebagai Direktur Utama Perseroan dan kemudian menunjuk Andre Soelistyo untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan. 

Selain itu, menerima pengalihan tugas dan wewenang Garibaldi Thohir yang semula sebagai Komisaris Utama Perseroan menjadi Komisaris Perseroan, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan.

Lalu, menerima pengalihan tugas dan wewenang Agus D. W. Martowardojo yang semula sebagai Komisaris Perseroan menjadi Komisaris Utama Perseroan, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan.

3 dari 5 halaman

Awal Babak Baru GOTO

Tak hanya itu, menerima pengunduran diri Patrick Sugito Walujo selaku Komisaris Perseroan dan kemudian mengangkat Patrick Sugito Walujo sebagai Direktur Utama Perseroan berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan. 

Kemudian, mengangkat Thomas Kristian Husted selaku Wakil Direktur Utama Perseroan berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan.

"Hari ini menandakan awal babak baru bagi GoTo. Saya percaya bahwa di bawah kepemimpinan Patrick Walujo selaku Direktur Utama serta bimbingan dari Agus DW Martowardojo selaku Komisaris Utama, Perseroan berada dalam posisi yang kuat untuk terus tumbuh dan membawa manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan. Saya beserta anggota Dewan Komisaris lainnya akan terus mengawal, memberikan masukan, serta arahan kepada manajemen GoTo," kata Komisaris GoTo Andre Soelistyo.

Komisaris Utama GoTo Agus D. W. Martowardojo pun mengungkapkan terima kasih kepada Andre Soelistyo atas dedikasinya yang luar biasa dalam mengembangkan GoTo menjadi ekosistem digital terbesar Indonesia hingga saat ini. 

 

4 dari 5 halaman

Perkuat Sinergi Ekosistem

Kontribusi beliau dalam perjalanan panjang di Gojek dan GoTo sangat luar biasa, dan pihaknya sangat menghargai upayanya yang gigih dalam memimpin serta membentuk kesuksesan perseroan ini.

"Saya juga ingin mengucapkan selamat mengemban tugas baru kepada Patrick sebagai Direktur Utama. Keterlibatan Patrick dengan ekosistem GoTo dimulai bahkan sejak awal pendirian Gojek. dan beliau secara aktif turut berperan dalam pengembangan lanskap teknologi digital Indonesia. Saya berharap dalam tugas barunya ini Patrick akan berkontribusi besar dalam mendorong kemajuan bagi perseroan," kata dia.

Menanggapi hal terserbut, Direktur Utama GoTo Patrick Sugito Walujo mengatakan, sebuah kehormatan bagi dirinya mengemban kepercayaan dari para pemegang saham untuk menjabat sebagai Direktur Utama, di tengah perjalanan perseroan mencapai profitabilitas dan pertumbuhannya untuk jangka panjang. Bersama jajaran Direksi dan dengan bimbingan dari Dewan Komisaris, GoTo akan memperkuat sinergi ekosistem untuk mendorong kemajuan bagi Indonesia serta Asia Tenggara.

"Saya juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Andre, yang telah memimpin Perseroan untuk mencapai berbagai milestone dengan dedikasi dan kerja keras, Komitmen dan visi Andre merupakan inspirasi bagi seluruh karyawan GoTo, dan saya percaya Andre akan terus berkontribusi besar bagi Perseroan dalam peran barunya sebagai Komisaris Perseroan," kata dia.

5 dari 5 halaman

Susunan Dewan Direksi dan Komisaris

Dengan perubahan tersebut, maka terhitung sejak ditutupnya RUPST 2023, susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris

  • Komisaris Utama : Agus D. W. Martowardojo
  • Komisaris : William Tanuwijaya
  • Komisaris : Andre Soelistyo
  • Komisaris: Garibaldi Thohir
  • Komisaris : Winato Kartono
  • Komisaris: Wishnutama Kusubandio
  • Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe
  • Komisaris Independen: Marjorie Lao
  • Komisaris Independen: Robert Holmes Swan

Susunan Dewan Direksi

  • Direktur Utama: Sugito Walujo
  • Wakil Direktur Utama : Thomas Kristian Husted
  • Direktur: Wei-Jye Jacky Lo Direktur : Catherine Hindra Sutjahyo
  • Direktur: Hans Patuwo
  • Direktur : Melissa Siska Juminto
  • Direktur: Nila Marita
  • Direktur : Pablo Malay
  •  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.