Sukses

Profil DCI Indonesia, Data Center Tier IV Pertama di Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta - PT DCI Indonesia Tbk (DCII), perusahaan yang bergerak di bidang pusat data (data center). DCI Indonesia merupakan data center Tier IV pertama di Asia Tenggara, yang didirikan pada 2011 dan beroperasi sejak 2013. 

Berdasarkan kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI), per 8 Februari 2023, kapitalisasi pasar saham DCII mencapai Rp 89,87 triliun. Pada penutupan perdagangan 8 Februari 2023, saham DCII di posisi 37.700.

Menarik untuk mengetahui profil dari salah satu penyedia data center di Indonesia. Melansir laman resmin perseroan, DCII mengklaim mampu memberikan layanan data center yang handal, aman dan terpercaya dengan menjaga uptime availability 100 persen.

Sebagai carrier neutral data center, emiten dengan kapitalisasi pasar di atas Rp 80 triiliun ini telah didukung oleh lebih dari 26 network service provider. Berlokasi di kawasan industri eksklusif, data center Perseroan berjarak 40 kilometer dari pusat bisnis Jakarta. 

Dengan prosedur serta standar operasional global dan dilengkapi dengan equipment data center terbaik. Perseroan mampu memberikan availability maksimum kepada pelanggan untuk mengakses asset mission critical mereka, baik dari financial institution, network service providers, e-commerce, cloud service providers dan enterprises. 

Asal tahu saja, Perseroan tidak pernah mengalami downtime sejak pertama kalinya melayani pasar. Kinerja luar biasa ini berasal dari pengalaman solid manajemen yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang teknologi informasi, layanan data center, dan manajemen infrastruktur. 

Saat ini kebutuhan pasar data center di Indonesia terus berkembang dengan pesat, dan Perseroan sebagai perusahaan yang dinamis merespons hal ini dengan berkomitmen untuk membangun gedung data center baru secara berkelanjutan di dalam area data center seluas 8,5 hektar dengan total kapasitas listrik sebesar 200 MW.

 

2 dari 3 halaman

Ekosistem DCI

Penyedia Layanan Cloud

Performa cloud sangat bergantung pada keandalan konektivitas, ketersediaan, dan juga fleksibilitas untuk mengakomodasi pertumbuhan dan menangani berbagai jenis lalu lintas dan beban kerja. DCI melayani pasar dengan koneksi berperforma tinggi yang terbukti melalui pusat data akses yang gesit, aman, dan selalu aktif untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik.

Perdagangan elektronik

Bisnis e-commerce sangat bergantung pada waktu aktif dan konektivitas untuk mendapatkan tingkat konversi maksimum. Untuk kelangsungan bisnisnya, aspek lain penting seperti keamanan data dan pembayaran untuk memastikan tidak ada pelanggaran yang dilakukan.  

DCI melayani industri e-commerce dengan menyediakan pusat data yang sangat aman, konektivitas yang andal, dan juga melakukan audit rutin untuk memenuhi persyaratan bisnis e-commerce seperti Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran sebagai langkah keamanan dan kepatuhan industri.

Layanan Keuangan

Performa cloud sangat bergantung pada keandalan konektivitas, ketersediaan, dan juga fleksibilitas untuk mengakomodasi pertumbuhan dan menangani berbagai jenis lalu lintas dan beban kerja.  

DCI melayani pasar dengan koneksi berperforma tinggi yang terbukti melalui pusat data akses yang gesit, aman, dan selalu aktif untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik.

 

 

3 dari 3 halaman

Game-Penyedia Layanan Jaringan

Penting bagi perusahaan game untuk bekerja dengan jaringan pengiriman konten, jejaring sosial, perusahaan konsol game, dan penyedia layanan cloud.  

Pusat data DCI mempercepat kinerja game online di seluruh dunia, meningkatkan akses ke berbagai opsi game untuk berbagai jenis perangkat, dan memberikan keandalan dan keamanan operasional kelas dunia.  

Mereka dapat memperoleh akses langsung ke mitra utama untuk mengintegrasikan layanan game yang dihosting dengan cepat, teknologi gratis, program monetisasi, dan peluang pelanggan.

Kesehatan

Sektor kesehatan sedang mengalami perubahan signifikan dan subsegmen berkembang pesat. Institusi layanan kesehatan memerlukan cara untuk menghubungkan dan bertukar data antara sistem TI yang berbeda sekaligus menjaga keamanan data pasien dan rumah sakit.  

Dengan permintaan untuk pertukaran informasi elektronik semakin meningkat. DCI akan membantu Anda tetap mengikuti perubahan di setiap area di industri ini. Pusat data DCI saling terhubung, aman, dan andal.

Penyedia Layanan Jaringan

Pusat data memainkan peran utama dalam menghadirkan sejumlah besar operator jaringan untuk saling terhubung dan menyediakan konektivitas kuat yang stabil, sangat andal, dan redundan sepenuhnya.  

DCI sebagai pusat data netral operator memungkinkan pertumbuhan bisnis bagi penyedia jaringan dengan ekosistem, dan juga fleksibilitas perluasan rak dan jalur.  

Perseroan yakin bahwa pengalaman pengguna memengaruhi pertumbuhan bisnis Anda, oleh karena itu, DCI mempertahankan waktu aktif untuk ketersediaan aplikasi maksimum dengan daya redundan dan konfigurasi jaringan ganda untuk memastikan konektivitas pengguna tetap terjaga.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.