Sukses

Gelar RUPSLB, GOTO Ajukan Agus Marto dan Patrick Walujo Masuk Jajaran Komisaris

Liputan6.com, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan jajaran kepemimpinan yang lebih kuat guna meningkatkan tata kelola Perseroan serta menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat untuk mendorong bisnis menuju profitabilitas. 

GOTO mengumumkan perubahan tersebut sebagai bagian dari Pemanggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 2 Maret 2023, dengan agenda yang mencakup di antaranya pengajuan perubahan jajaran dewan komisaris, direksi, serta penunjukan komisaris independen baru. 

Dengan persetujuan para pemegang saham pada RUPSLB, GOTO akan memperkuat serta memperkaya keberagaman dewan komisarisnya. 

Perseroan akan mengajukan Agus D. W. Martowardojo untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan. Agus Martowardojo memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang perbankan dan keuangan.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 2005-2010, dan Menteri Keuangan Republik Indonesia pada 2010-2013. Pada 2012, Agus mendapat penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik dari The Banker. Kemudian menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pada 2013-2018. 

Direktur Utama GOTO Andre Soelistyo megatakan, sebuah kehormatan bagi perusahaan menyambut pencalonan Agus Martowardojo sebagai Komisaris GOTO.

"Bapak Agus adalah sosok yang tidak asing lagi bagi kami, setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Tokopedia. Wawasan dan pengalaman Bapak Agus yang begitu luas sebagai pemimpin yang andal dan dihormati di sektor swasta serta rekam jejak yang teruji selama masa kepemimpinannya di Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia, akan sangat berharga dalam memandu GOTO melangkah menuju fase selanjutnya, yakni membawa bisnis kami menuju profitabilitas," kata Andre dalam keterangan reseminya, Rabu (8/2/2023).

Selain itu, ada Marjorie Lao untuk menjabat sebagai Komisaris Independen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Marjorie memiliki pengalaman luas dalam bidang keuangan perusahaan, dengan pengalamannya menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) LEGO Group dan sejumlah jabatan kepemimpinan di Cisco Systems, Inc., McKinsey & Company, dan The Procter & Gamble Company. Marjorie juga merupakan anggota Direksi di Logitech dan anggota Dewan Penasihat Eropa di Harvard Business School.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Patrick Walujo Masuk Jajaran Komisaris

Patrick Sugito Walujo untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan. Patrick adalah Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group, yang didirikan pada 2003 dan kini telah menjadi salah satu perusahaan investasi terkemuka Indonesia. Patrick mengawali karier di Goldman Sachs London dan New York, dan merupakan mantan Senior Vice President di Pacific Century Ventures, Tokyo.

Winato Kartono untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan. Winato adalah Founding Partner Provident, dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di sektor perbankan dan pengelolaan bisnis. Winato mengawali karirnya di Bank Sumitomo Niaga, kemudian beralih ke Arthur Andersen Indonesia, sebelum bergabung ke Citigroup. Di Citigroup, Winato membangun karirnya selama delapan tahun hingga menjabat Head of Investment Banking di Indonesia.

Kevin Aluwi akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisaris Perseroan. Ia tetap merupakan pemegang saham dengan hak suara multipel (SDHSM) Perseroan. 

"Saya juga bangga menyambut pencalonan Marjorie, Patrick, dan Winato bergabung ke dalam Dewan Komisaris GOTO. Pencalonan mereka untuk bergabung bersama GoTo membuktikan komitmen Perseroan untuk membangun perusahaan yang diperkaya dengan wawasan dan keahlian yang beragam, termasuk dari para pemegang saham kami, agar GOTO dapat terus menjalankan strateginya mendorong pertumbuhan dan efisiensi," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi

"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan yang signifikan dari Kevin dan akan terus bekerja sama dengan beliau sebagai pemegang SDHSM GOTO, untuk mencapai misi serta tujuan jangka panjang Perseroan," ia menambahkan.

Sementara itu, Anthony Wijaya akan mengundurkan diri dari jabatan Direksi GoTo dan akan berfokus pada strategi e-commerce GoTo sebagai Chief Operating Officer Tokopedia. Perseroan juga menominasikan dua kandidat untuk direksi, yakni Pablo Malay dan Nila Marita.  

Pablo Malay sebagai Direktur/Chief Corporate Officer, akan mengawasi fungsi-fungsi Corporate Development, Partnership, dan Legal. Nila Marita, sebagai Direktur/Head of External Affairs, akan mengawasi fungsi-fungsi Corporate Affairs serta Public Policy and Government Relations.

Apabila mendapat persetujuan dari para pemegang saham melalui RUPSLB, susunan dewan komisaris dan direksi Perseroan pada saat penutupan RUPSLB tersebut adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

  • Komisaris Utama: Garibaldi Thohir
  • Komisaris: William Tanuwijaya
  • Komisaris: Agus D. W. Martowardojo
  • Komisaris: Patrick Sugito Walujo
  • Komisaris: Winato Kartono
  • Komisaris: Wishnutama Kusubandio
  • Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe
  • Komisaris Independen: Robert Holmes Swan
  • Komisaris Independen: Marjorie Lao

 

 

Direksi

Direktur Utama: Andre Soelistyo

Direktur: Wei-Jye Jacky Lo

Direktur: Catherine Hindra Sutjahyo

Direktur: Hans Patuwo

Direktur: Melissa Siska Juminto

Direktur: Nila Marita

Direktur: Pablo Malay

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.