Sukses

Perusahaan Patungan Astra dan Toyota Resmi Meluncur, Bidik Bisnis Sewa Kendaraan dan Logistik

PT Astra International Tbk dan Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd membangun perusahaan patungan PT Mobilitas Digital Indonesia (MDI).

Liputan6.com, Jakarta - PT Arya Kharisma (AKH), anak perusahaan PT Astra International Tbk (ASII) dan Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd (TMAP), anak perusahaan Toyota Motor Corporation (Toyota) telah meluncurkan perusahaan patungan (joint venture/JV), PT Mobilitas Digital Indonesia (MDI).

MDI didirikan pada 25 Juli 2022 dan telah mulai beroperasi sejak Agustus 2022. Dengan mengangkat layanan MODA dalam menjalankan kegiatan operasional, kehadiran MDI di tengah masyarakat Indonesia bertujuan untuk menyediakan pelayanan terbaik dalam mendukung mobilitas masyarakat dan logistik. Di era digital saat ini, MODA mengolaborasikan teknologi dan transportasi sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"MODA siap melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sewa kendaraan di Indonesia. Kami berharap dapat memberikan solusi mobilitas dan pengalaman terbaik kepada konsumen melalui kolaborasi antara Astra dan Toyota ini,” ujar Presiden Direktur PT Mobilitas Digital Indonesia, Vilihati Surya dalam acara peluncuran MODA, dikutip Sabtu, (4/2/2023).

MODA mengintegrasikan kecanggihan teknologi dengan armada transportasi. MODA menyediakan one-stop services untuk pengelolaan kendaraan bagi para pelanggan yang dilengkapi dengan teknologi terintegrasi yang mencakup fitur pelacak lokasi kendaraan, perilaku pengemudi dalam berkendara dan berbagai fitur lainnya untuk mendukung aktivitas operasional pelanggan.

Layanan ini didukung oleh Connected Technologies dari Toyota untuk analisis status kendaraan, perilaku mengemudi, dan lainnya.

"Dengan demikian, kami dapat berkontribusi tidak hanya untuk mengurangi kecelakaan, konsumsi bahan bakar, dan emisi CO2, tetapi juga untuk meningkatkan efisiensi logistik di Indonesia,” imbuh Wakil Presiden Direktur PT Mobilitas Digital Indonesia Yutaka Okayama dalam kesempatan yang sama.

Sesuai dengan semangat MODA sebagai Your Mobility Partner, MODA menyediakan berbagai layanan mobilitas, mulai dari MODA Rent yang merupakan layanan rental full-service untuk kendaraan komersial, kemudian Movic yang merupakan marketplace platform untuk rental mobil penumpang, hingga beberapa layanan baru lainnya yang akan diluncurkan pada tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Astra Daihatsu Motor Bangun Pabrik Baru di Cikarang Rp 2,9 Triliun

Sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tambah investasi ke Indonesia senilai Rp 2,9 triliun. Investasi ini akan digunakan untuk membangun pabrik baru yang mengadopsi konsep Evolution, Simple, Slim, Compact (E-SSC).

Pabrik dengan kapasitas produksi sebesar 140 ribu unit per tahun tersebut memenuhi berbagai aspek aktivitas produksi, seperti teknologi yang modern, lingkungan dan tempat kerja yang lebih aman dan nyaman bagi karyawan, kualitas dan tingkat pengiriman yang lebih cepat, serta ramah lingkungan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Doddy Widodo menjelaskan, pemerintah mengapresiasi langkah yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) atas pengembangan perusahaan industri yang semakin besar dengan memperluas kapasitas produksinya.

"Hal ini menunjukkan insentif pemerintah, khususnya untuk industri otomotif, bekerja dengan baik,” kata Doddy saat groundbreaking pembangunan pabrik perakitan baru PT ADM Karawang Assembly Plant, Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat, dikutip Jumat (3/2/2023).

Dody menyampaikan, PT Astra Daihatsu Motor memiliki kontribusi yang besar bagi pertumbuhan industri otomotif di Tanah Air. Pada 2022, perusahaan tersebut mampu mengekspor 473 ribu unit kendaraan. Jumlah tersebut setara hampir 30 persen total ekspor otomotif yang berbasis di Indonesia, dan menyebar ke 80 negara di dunia.

“Ini prestasi yang sangat luar biasa. Yang lebih hebat lagi, Daihatsu sudah merekrut 13 ribu tenaga kerja, serta melibatkan lebih dari 800 ribu tenaga kerja dari perusahaan pemasok tier 1 dan 2. Dengan penambahan investasi ini, diharapkan terus meningkatkan jumlah tenaga kerjanya, terutama tenaga kerja lokal,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Jembatan Industri Kecil

PT Astra Daihatsu Motor juga diharapkan dapat menjadi pelopor dalam pengembangan industri komponen yang berdaya saing tinggi melalui pengembangan Research and Development (R&D), sehingga dapat meningkatkan nilai kandungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan melibatkan lebih banyak pelaku industri komponen dalam negeri.

“Kami sebagai pemerintah sangat mengapresiasi Daihatsu yang terus berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan basis ekspor di luar Jepang,” ujar Sekjen Kemenperin.

Selain itu, dia berharap PT ADM dapat menjadi jembatan bagi sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk masuk ke dalam global supply chain Daihatsu.

“Kami berharap ke depannya, PT ADM mampu terus berinovasi dan berkontribusi secara aktif dalam pengembangan industri otomotif Indonesia serta dapat memantapkan posisinya sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor roda empat terbesar di Indonesia, di Asia Tenggara bahkan di dunia,” katanya.

4 dari 4 halaman

Ramah Lingkungan

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda menyampaikan, penambahan lini produksi Daihatsu di Indonesia tersebut memiliki konsep ramah lingkungan dan sustainability (keberlanjutan) guna merealisasikan usaha perusahaan dalam memenuhi target karbon netral sesuai dengan pembangunan berkelanjutan atau SDG’s untuk Indonesia di masa depan.

Fasilitas pabrik baru yang akan dibangun ini nantinya akan memanfaatkan energi terbarukan yang dapat mengurangi kadar emisi karbon hingga 20 persen. Pabrik tersebut merupakan pembaruan dan akan menggantikan pabrik yang sebelumnya berlokasi di Sunter, tepatnya Lini 1, yang telah beroperasi selama 27 tahun.

Pembangunan ini sekaligus merupakan kelanjutan dari pembangunan pabrik sebelumnya di Karawang, yaitu Karawang Assembly Plant Line 1 pada tahun 2011 lalu.

“Seremoni groundbreaking ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada seluruh pihak, khususnya kepada pemerintah Indonesia, mitra Daihatsu, serta seluruh pelanggan setia. Pembaruan pabrik ini merupakan tonggak penting kami untuk menuju masa depan, serta wujud komitmen kami untuk kerjasama lebih lanjut dengan Indonesia,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.