Sukses

Meneropong Prospek Pertumbuhan Kinerja Jobubu Jarum Minahasa

Presiden Direktur Jobubu Jarum Minahasa, Audy Lieke mengatakan, saat ini perseroan masih fokus menjual produknya di dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) akan mengerek pertumbuhan kinerja keuangan melalui dua produk terbarunya, yakni Daebak Spark.

Produk tersebut memiliki dua varian rasa, seperti blood orange dan ice lemon tea dengan kandungan alkohol sekitar 5 persen.

"Mungkin motor pertumbuhan kita dari dua produk itu kira-kira begitu, tapi kalau kita angkanya berapa mungkin belum bisa sampaikan sekarang," kata Direktur Jobubu Jarum Minahasa F.X. Teguh Hendarto kepada awak media, Jumat (6/1/2023).

Sementara itu, Presiden Direktur Jobubu Jarum Minahasa, Audy Lieke mengatakan, saat ini perseroan masih fokus menjual produknya di dalam negeri. Audy berharap ke depan bisa ekspor ke luar negeri.

"Kita akan coba membuat produk-produk unggulan dengan kualitas yang baik ciri khas kearifan Indonesia itu yang kami pasarkan agar identitas Indonesia dikenal di luar negeri," kata Audy.

Selain itu, emiten berkode BEER ini berencana membidik ekspansi ke Singapura serta beberapa negara di Eropa dan negara lainnya.  "Rencananya 2023 kita mulai menulusuri proses," kata dia.

Ia mengatakan, hingga saat ini Daebak Soju menjadi salah satu produk yang paling banyak memberikan kontribusi paling tinggi terhadap pendapatan perseroan.

Pada penutupan perdagangan saham BEER melonjak 17,27 persen ke posisi Rp 258 per saham. Saham BEER dibuka naik Rp 40 ke posisi Rp 260 per saham.

Saham BEER berada di level tertinggi Rp 274 dan terendah Rp 258 per saham. Total frekuensi perdagangan 37.162 kali dengan volume perdagangan 7.397.819 saham. Nilai transaksi Rp 179,8 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jobubu Jarum Minahasa Melesat 10 Persen pada Perdagangan Perdana

Sebelumnya, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk resmi tercatat dengan kode emiten BEER di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan Jumat, 6 Januari 2023. Lantas, bagaimana laju saham BEER pada perdagangan perdana?

Mengutip data RTI, saham BEER dibuka naik Rp 40 ke posisi Rp 260 per saham dari harga awal Rp 220. Harga saham BEER berada di posisi Rp 242 atau melesat 10 persen pada pukul 09.15 WIB. 

Saham BEER berada di level tertinggi Rp 260 dan terendah Rp 228 per saham. Total frekuensi perdagangan 9.381 kali dengan volume perdagangan 117,15 juta saham. Nilai transaksi harian Rp 28,44 miliar. 

PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk menjadi emiten pendatang baru dengan produk Cap Tikus 1978 di Bursa Efek Indonesia yang akan resmi tercatat pada Jumat, 6 Januari 2022.

PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk menjadi Perseroan pertama asli dari Indonesia, yang berhasil melakukan pencatatan saham perdananya dengan harga Rp 220 per saham. 

Mengutip keterangan resminya, Jumat, 6 Januari 2023, Jobubu Jarum Minahasil memiliki beberapa produk, yakni Cap Tikus 1978, Daebak Soju, dan Daebak Sparks. 

3 dari 4 halaman

IPO Perseroan

Dengan demikian, BEER yang pada awal 2023 melantai di BEI dan menyerap dana penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) Rp176 miliar. 

Merujuk prospektus, produsen minuman Cap Tikus 1978, Daebak Soju, dan Daebak Sparks akan melepas paling banyak 800 juta saham baru dari portepel setara 20 persen sahamnya. Kemudian, yang bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah UOB Kay Hian Sekuritas.

PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk melepas sebanyak 20 persen dari jumlah sahamnya, artinya 20 persen dari 100 persen saham milik PT Jobubu Jarum Minahasa dapat dimiliki oleh publik atau masyarakat umum. 

Sementara itu, minat publik atau asyarakat umum terhadap pelepasan saham sebanyak 20 persen tersebut terhadap pembelian sahamnya pun mengalami oversubscribe sebanyak 20 kali dari jumlah saham yang ditawarkan. 

Hal tersebut menjadi pertanda baik sebagai awal perjalanan PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk melantai di BEI. Adapun, para pembeli saham PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk berasal dari berbagai kalangan dan institusi juga retail di Indonesia. Tak hanya investor di Indonesia, pembeli saham PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk juga sangat diminati oleh asing, yaitu China, India, dan beberapa negara lain.

 

4 dari 4 halaman

Produk Perseroan

Kehadiran produk Cap Tikus 1978 bukan hanya jadi kebanggan bagi PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk tapi dalam hal memajukan perekonomian bangsa diwujud nyatakan di mana Perseroan PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk resmi menjadi perusahaan terbuka. 

Produk Cap Tikus 1978 yang diproduksi oleh PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk juga mendapatkan dukungan dari instansi pemerintah pusat ataupun daerah yaitu mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF), Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Selain mendapat dukungan dari pemerintah dan lembaga organisasi, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk juga tak lepas dari dukungan 30.000 petani Cap Tikus di Sulawesi Utara, melalui dukungan langsung pemerintah provinsi Sulawesi Utara oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandow serta Bupati Minsel Franky Wongkar dan Wabup Petra Rembang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.