Sukses

BAT Indonesia Gandeng Inovator Muda Siap Bikin Dampak Positif untuk Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta - Battle of Minds kembali hadir di Indonesia, mengajak generasi muda untuk menjadi bagian dari perubahan dan ikut serta menyelesaikan tantangan dalam konteks ESG (Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola Perusahaan).

Kompetisi yang sudah dimulai sejak 12 Mei 2022 ini memiliki banyak peminat, terbukti dengan jumlah pendaftar 265 tim, Indonesia menjadi negara dengan pendaftar nomor dua tertinggi di bandingkan dengan BAT di negara-negara lain, setelah BAT Bangladesh. Para pendaftar yang disebut sebagai inovator muda ini, merupakan mahasiswa/i, sarjana muda (fresh graduates), dan professional muda.

Kembali hadir dengan tema “Anything is Possible”, kompetisi yang diinisiasi oleh British American Tobacco (BAT) ini memberikan wadah yang nyata bagi generasi muda yang ingin memberikan dampak positif terhadap lingkungan hidup.

Pemenang tiga besar dari kompetisi ini akan memperoleh kesempatan untuk mewujudkan idenya dan mewakili Indonesia pada kompetisi Battle of Minds 2022 di tingkat Asia Pasifik, bersaing dengan perwakilan tiga terbaik dari Vietnam.

Nantinya, jika berhasil menang pada tingkat Asia Pasifik, salah satu perwakilan dari Indonesia siap bersaing di tingkat global melawan 27 negara untuk memperebutkan hadiah senilai Rp 1 miliar yang nantinya dapat dipergunakan untuk mewujudkan ide bisnis mereka.

Dalam perjalanan menuju pencarian ide bisnis terbaik ini, BAT Indonesia telah melaksanakan rangkaian kegiatan ke universitas dan komunitas secara daring.

Rangkaian tersebut tidak hanya untuk mempromosikan Battle of Minds, tetapi juga memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi peserta seperti tips dan trik mengenai bisnis, bagaimana mencapai kesuksesan dalam berkarier di usia muda dan berbagi ilmu di berbagai bidang seperti pemasaran digital.

Salah satunya adalah, Ideathon, lokakarya intensif singkat yang diikuti oleh innovator muda untuk lebih dalam lagi memahami bagaimana mereka dapat mengembangkan dan mewujudkan ide bisnis mereka menjadi bisnis yang sustainable.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ada 10 Tim Terbaik

Setiap kegiatan yang diadakan telah dikemas semenarik mungkin dengan menghadirkan berbagai narasumber yang sudah ahli di bidangnya, baik itu yang berasal dari pemimpin muda yang ada di BAT Indonesia ataupun founder dari start-up company dan entrepreneur muda yang sudah sukses di bidangnya masing-masing.

Setelah melalui tahapan penyaringan terhadap dari 265 tim yang mendaftar, telah diterima 182 proposal yang keseluruhannya memiliki ide-ide sangat cemerlang, yang kemudian tim dari BAT Indonesia telah memilih 10 proposal terbaik di antara yang terbaik untuk melaju ke babak penjurian tingkat nasional.

10 proposal tersebut yaitu tim Econella, Black Soldier Corps, EcoplastID, Jastity, MethaCo, Kepul, MicroX, Maema, Water Coin, dan Mycofoam Teman Bumi. Mereka berasal dari berbagai penjuru kota di Indonesia seperti Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Semarang, Medan, dan Makassar.

10 tim terbaik tersebut telah mempresentasikan ide bisnis mereka dihadapan para juri pada Senin, 15 Agustus 2022, dan telah didapatkan 3 besar yang akan mewakili Indonesia ke tingkat Asia Pasifik, yaitu tim Econella dari Makassar mengenai produk Bioaditif, Kepul dari Medan mengenai manajemen limbah dan sampah, dan MicroX dari Yogyakarta mengenai Bio CNG.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Hadiah Uang Tunai

Ketiga tim tersebut berhak mendapatkan hadiah uang tunai dengan total Rp 72 juta dan kesempatan untuk melakukan internship di BAT Indonesia sebagai bentuk pengembangan karier mereka.

Head of Talent Attraction and Capability Development BAT Indonesia, Jonathan Sembiring menuturkan, pihaknya bersama-sama pada Senin malam, 15 Agustus 2022 telah menyaksikan lahirnya calon investor muda yang akan membuat perubahan jauh lebih baik terhadap dunia terutama lingkungan hidup.

"Kami BAT Indonesia, siap untuk mendampingi dan memberikan dukungan kepada mereka, terutama para pemenang sampai ketingkat global. Dan kami berharap pemenang tahun ini bisa mengulang kesuksesan tim Ijo, sebagai pemenang global Battle of Minds 2021 yang berasal dari Indonesia,” ujar dia.

Ia berharap ke depan kompetisi ini terus menginspirasi para innovator muda lainnya untuk memimpin perubahan di negeri ini dan menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Sekali lagi, saya ucapkan Selamat kepada para pemenang dan LET’S LEAD THE CHANGE,” ujar Jonathan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS