Sukses

Intip Perkembangan Persemaian Mentawir Indo Tambangraya

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Persemaian Mentawir di di lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Rabu 22 Juni 2022.

Jokowi meninjau perkembangan pembangunan persemaian bibit yang dibangun oleh PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG). Indo Tambangraya Megah ditunjuk Pemerintah sebagai pihak swasta yang membangun persemaian Mentawir karena dinilai berkomitmen dalam melaksanakan program reklamasi, revegetasi dan penanaman dalam rangka rehabilitasi DAS di Indonesia.

"Saat ini tahap pembangunan persemaian Mentawir telah menyelesaikan persiapan lahan (land preparation) dan memasuki tahap groundbreaking pembangunan fasilitas Production House," ungkap Direktur Utama Indo Tambangraya Megah, Mulianto dalam keterangan resmi, ditulis Minggu (26/6/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menekankan pentingnya peran instalasi persemaian dalam mewujudkan kota hutan pintar yang direncanakan.

Jokowi menegaskan, keberadaan persemaian adalah kunci keberhasilan program penanaman dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan, yang dijalankan dengan program perawatan hingga tanaman dipastikan bisa tumbuh dengan baik.

“Kita mau menunjukkan bahwa kita serius urusan lingkungan, itu serius,” ujar Jokowi.

Persemaian Mentawir dibangun dan dikelola dengan konsep Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Perseroan sebagai badan usaha swasta akan bekerjasama dengan Kementerian LHK yang didukung pula oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dengan target pasokan hingga 15 juta bibit pohon per tahun, Persemaian Mentawir memiliki peran sentral dalam mewujudkan pengembangan ibu kota negara yang hijau.

Nantinya, Persemaian ini akan berwawasan penyemaian multi kultur dengan dominasi tumbuhan endemik Kalimantan dari keluarga dipterocarpaceae.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ikut Garap Persemaian Mentawir, Dirut ITMG Sebut Investasinya Besar

Sebelumnya, PT Indo Tambangraya megah Tbk (ITMG) menjadi mitra pemerintah dari Badan Usaha Swasta dalam membangun Persemaian Mentawir Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur.

Direktur Utama Indo Tambangraya Megah, Mulianto mengatakan, perusahaan mengalokasikan investasi yang cukup besar untuk proyek ini. Sayangnya, ia belum mengantongi jumlah dan rincian investasi dari proyek Persemaian Mentawir itu.

"Investasinya cukup besar. Kita masih itung-itung, cukup besar. Target selesai akhir tahun,” kata dia kepada awak media usai Kick Off Pembangunan Persemaian Mentawir, Rabu (18/5/2022).

Ia menambahkan, besaran investasi juga masih akan menyesuaikan dengan perkembangan dari proyek IKN. Di sisi lain, keterlibatan perseroan dalam pembangunan Persemaian Mentawir rupanya sejalan dengan visi misi perseroan untuk menjadi perusahaan, yaitu bertransformasi secara bertahap menjadi perusahaan energi yang greener dan smarter.

"Pada intinya kita mensuportkan karena IKN akan benar-benar menjadi perhatian kita semua, dan kita merasa terpanggil. Walaupun kita perusahaan tambang, tapi kita juga very concern dengan masalah environmental,” imbuhnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Kerja Sama dengan Pemerintah

Upaya pelestarian lingkungan di seluruh wilayah kerja Indo Tambangraya Megah tidak hanya sebagai bentuk pemenuhan kewajiban.

Namun, menjadi tanggung jawab modal, kesepakatan dan komitmen pemegang saham, Dewan Komisaris dan Direksi serta seluruh warga perusahaan untuk menerapkan praktik penambangan yang baik dan bertanggung jawab serta mengimplementasikan nilai-nilai ESG dan juga menjalankan prinsip pembangunan berkelanjutan.

"Kita merasa terpanggil begitu kita diminta karena dirasa kita bisa membuktikan bahwa perusahaan kita bukan hanya bukan hanya menambang, tetapi juga memperhatikan lingkungan dan semoga kontribusi ditanya juga bisa memberikan kontribusi besar untuk bangsa dan negara kita Indonesia," kata Mulianto.

Dalam proyek Persemaian Mentawir perseroan akan bekerja sama dengan Kementerian LIngkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

4 dari 4 halaman

Indo Tambangraya Kantongi Rp 148,60 Miliar dari Jual Saham Treasuri

Sebelumnya, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) memperoleh dana Rp 148,60 miliar dari hasil penjualan saham treasuri pada 22-23 Maret 2022.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (23/3/2022), PT Indo Tambangraya Megah Tbk melepas saham treasuri sebanyak 500.000 saham pada 22 Maret 2022 dan 4.946.100 saham pada 23 Maret 2022. PT Indo Tambangraya Megah Tbk menyatakan, harga penjualan saham telah sesuai dengan ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 2/POJK.04/2013 Tahun 2013 tentang pembelian kembali saham yang dikeluarkan oleh emiten atau perusahaan publik dalam kondisi pasar yang berfluktuasi secara signifikan.

Dengan demikian, total nilai pelepasan saham treasuri sebesar Rp 148,60 miliar.”Jumlah dana yang diperoleh perseroan dari hasil penjualan saham adalah sebesar Rp 148.600.835.000 sebelum dikurangi biaya transaksi,” tulis perseroan.

Setelah pelaksanaan penjualan saham, jumlah sisa saham hasil pembelian kembali perseroan yang belum dialihkan sebanyak 2.343.600 saham.

Pada penutupan perdagangan Rabu, 23 Maret 2022, saham ITMG melonjak 2,56 persen ke posisi Rp 28.050 per saham. Saham ITMG dibuka naik 450 poin ke posisi Rp 27.800 per saham.

Saham ITMG berada di level tertinggi Rp 28.100 dan terendah Rp 27.725 per saham. Total frekuensi perdagangan 5.557 kali dengan volume perdagangan 102.976. Nilai transaksi Rp 284,9 miliar.