Sukses

Kenangan Dirut KSEI Uriep Budhi tentang Ito Warsito, Pemimpin Tegas dan Sahabat Perhatian

Mantan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Komisaris PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Ito Warsito tutup usia pada Kamis malam, 28 April 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia pasar modal Indonesia. Mantan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) dan juga Komisaris PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Ito Warsito tutup usia pada Kamis malam pukul 22.40 WIB, 28 April 2022.

Pria bernama lengkap Warsito bin Muchyadi meninggal dunia pada usia 60 tahun di RS Siloam MRCC Semanggi. Kabar tersebut diketahui dalam pengumuman KSEI yang diterima Kamis malam.

"Berita Duka Cita. Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roijiun. Dewan Komisaris, Direksi, dan segenap keluarga besar PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) berduka cita yang mendalam atas berpulangnya Warsito bin Muchyadi (Ito Warsito) Komisaris PT KSEI periode 2018-2022," demikian mengutip dari pengumuman tersebut, Jumat (29/4/2022).

Ito Warsito terpilih menjadi Direktur Utama BEI pada 2009. Kepergian Ito Warsito memberikan duka bagi rekan kerja saat menjabat di jajaran direksi BEI yaitu Uriep Budhi Prasetyo. Saat itu Uriep Budhi Prasetyo menjabat sebagai Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuan BEI pada periode 2012-2015.

Uriep yang kini menjabat sebagai Direktur Utama KSEI mengatakan, sosok Ito Warsito adalah pemimpin dengan karakter yang tegas, baik dan rendah hati. Bahkan ia juga menjadi seorang sahabat yang perhatian.

"Beliau seorang yang pintar, mempunyai daya ingat bagus terhadap detail, dan pengetahuannya luas. Photographic memory,” ujar Uriep saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat.

Uriep juga mengungkapkan sosok Ito memiliki ciri khas suara tertawa yang berat dan lepas. Dengan ciri khas itu, Uriep mengatakan, seseorang dapat mengenal suara Ito Warsito dari jauh.

Ia pun mengucapkan selamat jalan untuk sahabatnya tersebut. “Beliau meninggal di hari dan bulan yang baik. Pada malam Jumat dan di bulan Ramadhan. Selamat jalan sahabat,” kata dia.  

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Singkat Ito Warsito

Mengutip laman KSEI, Ito Warsito diangkat sebagai komisaris pada RUPS Tahunan KSEI 26 Juni 2018. Ia juga menjabat sebagai anggota dewan audit Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ia juga pernah menjabat sebagai komisaris independen PT Sarimelati Kencana Tbk, dan komisaris PT Pelabuhan Indonesia Investama.

Sebelumnya Ito Warsito pernah menjabat berbagai jabatan strategis antara lain Direktur Utama BEI periode 2009-2015, Chief Financial Officer (CFO) PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia pada 2006-2009, Chief Executive Officer dan Komisaris Utama PT Bahana Securities pada 2006-2009, dan Direktur Utama (Dirut) PT Bahana Securities pada 2003-2006.

Ito Warsito meraih gelar akuntan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Jakarta. Ia juga mendapatkan gelar Master of Business Administration dari Harvard Business School, Boston, Amerika Serikat (AS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini