Sukses

Alasan Investor Jepang TEPCO Renewable Akuisisi 25 Persen Saham KEEN

TEPCO Renewable Power Inc akuisisi 25 persen saham PT Kencana Energi Lestari Tbk senilai Rp 394,12 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Investor asal Jepang, TEPCO Renewable Power Inc, resmi mengakuisisi 25 persen saham PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN).

Nilai akuisisi 25 persen saham disepakati senilai Rp 394,12 miliar. TEPCO RP memilih perseroan sebagai afiliasi dalam pengembangan energi baru dan terbarukan di Indonesia.

"Langkah ini menandai investasi pertama TEPCO Renewable Power Inc. di perusahaan energi baru terbarukan di luar negeri, di luar Jepang yang mengelola beberapa perusahaan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan," kata Presiden Direktur TEPCO RP, Fubasami Seiichi dalam keterangan resmi, Rabu (16/2/2022).

Setelah akuisisi, komposisi pemegang saham KEEN masing-masing TEPCO RP 25 persen, PT Paramata Indah Lestari (PIL) selaku pendiri 30,3 persen, serta pemegang saham lain (termasuk publik) sebesar 44,7 persen. Sebelum akuisisi, porsi PT PIL 30,3 persen dan pemegang saham lain, termasuk publik, sebesar 69,7 persen.

Wakil Presiden Direktur Kencana Energi Lestari, Wilson Maknawi mengatakan, kehadiran TEPCO RP menjadi jawaban atas upaya manajemen dalam 2-3 tahun terakhir dalam rangka mengembangkan bisnis Perseroan.

"TEPCO RP dipilih menjadi investor strategis karena punya kesamaan visi dengan KEEN dalam mengembangkan energi hijau sekaligus memberi nilai tambah bagi pemegang saham Perseroan," ujar Wilson Maknawi.

Di sisi lain, terobosan TEPCO RP juga didasari keyakinan KEEN menjadi mitra yang tepat untuk pengembangan potensi energi baru terbarukan di Indonesia.

Di mata TEPCO RP, KEEN sudah terbukti sebagai perusahaan energi baru terbarukan yang fokus pada pembangkit listrik tenaga air. Hal ini dibuktikan dengan pengembangan tiga anak perusahaan pembangkit listrik tenaga air.

Hadirnya investor strategis, akan memantapkan langkah KEEN yang dalam jangka pendek akan membangun pembangkit listrik tenaga air baru dengan total kapasitas 200MW.

"Kami akan berkontribusi pada pengoperasian pembangkit listrik tenaga air yang ada yang dioperasikan oleh anak perusahaan KEEN. TEPCO RP sedang mempertimbangkan untuk berpartisipasi dalam pengembangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek energi baru dan terbarukan di Indonesia," kata Fubasami Seiichi.

Sedangkan dalam jangka menengah-panjang, KEEN akan berencana mengembangkan proyek-proyek baru di bidang energi baru terbarukan dengan target kapasitas sekitar 500MW.

TEPCO RP menjadi mitra sangat strategis bagi KEEN karena terbukti sangat berpengalaman di bisnis energi baru terbarukan.

Salah satu unit bisnis TEPCO RP yang prestisius seperti Kannagawa Hydro Power Plant, terletak di Gunma Prefecture, Jepang. Selain menghadirkan pemahaman baru di bidang energi baru terbarukan, TEPCO RP juga berkomitmen pada teknologi baru di bidang operasi maupun pemeliharaan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham KEEN

Pada penutupan perdagangan Rabu, 16 Februari 2022, saham KEEN naik 3,6 persen ke posisi Rp 575 per saham. Saham KEEN dibuka naik 10 poin ke posisi Rp 565 per saham.

Saham KEEN berada di posisi tertinggi Rp 685 dan terendah Rp 565 per saham. Total frekuensi perdagangan 3.858 kali dengan volume perdagangan 220.215. Nilai transaksi Rp 13,4 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.