Sukses

Centratama Telekomunikasi Indonesia Bakal Akuisisi EPID Menara HoldCo

PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) akan membeli 999 saham milik PT EPID Menara HoldCo (EMH).

Liputan6.com, Jakarta - PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) bersama PT Centratama Menara Indonesia (CMI) selaku entitas anak mengumumkan rencana transaksi pengambil bagian dan pengambil alihan seluruh saham atau akuisisi perusahaan target senilai Rp 5,05 triliun.

Rinciannya, Perseroan akan membeli 999 saham milik PT EPID Menara HoldCo (EMH). Kemudian CMI akan membeli 1 saham milik EP ID Holdings Pte. Ltd., (EPID Holdings) dengan nilai transaksi sebesar Rp 35,85 miliar.

PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk juga akan menyetor dan mengambil bagian atas sejumlah saham baru yang akan dikeluarkan oleh perusahaan target yang akan mencerminkan kurang lebih 99,32 persen dari modal ditempatkan dan disetor perusahaan target setelah pelaksanaan rencana penyertaan dalam perusahaan target.

Nilai penyertaan sebanyak-banyaknya sebesar USD 350 juta atau adalah sebesar Rp 5,01 triliun (kurs Monetary Authority of Singapore per 31 Agustus 2021 sebesar Rp Rp 14.317 per USD), dengan nilai penyetoran sebesar Rp 35,85 juta per saham.

Dengan demikian, total nilai transaksi dari dua aksi tersebut adalah sebanyak-banyaknya Rp 5,05 triliun. Setara 219,87 persen ekuitas Perseroan berdasarkan laporan keuangan Perseroan, yaitu sebesar Rp 2,3 triliun.

"Hingga saat ini Perseroan dan CMI selalu mencari peluang untuk menambah kepemilikan menara telekomunikasi. Baik melalui pertumbuhan secara organik maupun melalui akuisisi menara telekomunikasi untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan portofolio menara telekomunikasi Perseroan dan CMI,” terang Corporate Secretary PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk, Wiwik Septriandewi dalam keterbukaan informasi bursa, Kamis (20/1/2022).

Setelah penyelesaian rencana transaksi, Perseroan memperoleh sejumlah manfaat. Pertama, secara proforma dengan menggunakan buku per 31 Agustus 2021, akuisisi saham Perusahaan Target tersebut akan membuat Perseroan dan CMI memiliki lebih dari 8.000 sites menara telekomunikasi, yang segera akan menghasilkan pendapatan dan EBITDA yang lebih tinggi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lainnya

Kedua, bertambahnya jumlah menara yang dimiliki oleh Perseroan dan CMI dapat memperkuat posisi grup Perseroan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa komunikasi di mata para pelanggan.

Perseroan telah memperoleh persetujuan dari para pemegang saham untuk rencana pembelian saham perusahaan target. Perseroan berencana untuk mengadakan RUPS Independen pada tanggal 25 Februari 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.