Sukses

Penggagas Sustainable Bioplastics Sabet Juara Satu di Kompetisi Inovasi Bisnis BAT

Mengusung tema ‘Anything is Possible’, kompetisi ini memberikan wadah yang nyata bagi para generasi muda.

Liputan6.com, Jakarta - Battle of Minds (BOM) 2021 kembali hadir di Indonesia dan mengajak para generasi muda untuk membuat perubahan dan menjadi pemimpin dari perubahan.

Kompetisi tingkat dunia tersebut menantang para penggerak perubahan untuk menuangkan ide-ide kreatif mereka dalam sebuah proposal bisnis untuk merespons berbagai tantangan yang ada. Kompetisi ini terbuka bagi mahasiswa dan profesional muda yang diadakan di tingkat Indonesia sejak 3 Mei 2021.

Mengusung tema ‘Anything is Possible’, kompetisi yang diinisiasi oleh British American Tobacco (BAT) ini memberikan wadah yang nyata bagi para generasi muda yang ingin memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Pemenang dari kompetisi ini akan memperoleh kesempatan untuk mewujudkan ide besarnya.

Pemenang juga mewakili Indonesia pada kompetisi Battle of Minds 2021 tingkat dunia, bersaing dengan 25 perwakilan terbaik dari berbagai negara termasuk Indonesia. Pemenang tingkat global tersebut akan berkesempatan mendapatkan dukungan pendanaan atas ide bisnis mereka hingga Rp 1 miliar.

HR & Inclusion Director BAT Indonesia, Widyo Rulyantoko mengatakan, ajang Battle of Minds ini merupakan bentuk dukungan nyata Perusahaan bagi para inovator muda penggerak dan pemimpin perubahan.

“Sesuai nilai dari BAT Indonesia yakni Lead the Change, kami berharap kompetisi ini akan menginspirasi para generasi muda lainnya untuk memimpin perubahan di negeri ini dan menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” ujar Widyo dalam malam penganugerahan Battle of Minds Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (3/9/2021).

Bagi para pemenang, Widyo mendoakan agar mereka dapat membawa nama Indonesia di tingkat internasional. Sekaligus membukakan jalan yang lebih luas bagi mereka untuk mewujudkan cita-cita besar dalam memimpin perubahan.

"Ini hanyalah permulaan dari masa depan mereka yang lebih cerah. Kita memerlukan generasi -generasi muda seperti mereka agar Indonesia semakin maju dalam inovasi dan BAT Indonesia akan terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan talenta-talenta Indonesia melalui berbagai bidang, salah satunya dengan Battle of Minds ini. Indonesia bisa," imbuh Widyo.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

307 Tim Mendaftar

Selama periode pendaftaran, sebanyak 307 tim melakukan pendaftaran, yang terdiri dari 803 mahasiswa, para sarjana muda (fresh graduates) dan profesional muda. Dari 307 tim, 65 tim akhirnya mengumpulkan proposal mereka dan berhak untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Selain itu, BAT Indonesia juga menyelenggarakan Ideathon, yang merupakan lokakarya intensif singkat bagi para yang dibimbing langsung oleh para pemimpin-pemimpin dan profesional di bidangnya.

Pada acara Ideathon tersebut, mereka belajar lebih banyak dalam memahami akar masalah, memberikan solusi yang relevan terhadap permasalahan tersebut serta merumuskan ide mereka menjadi sebuah proposal bisnis.

Tahun ini, Battle of Minds memberikan empat tantangan besar yakni transformation (post Covid-19), farming, waste dan energy challenge.

Tim Ijo yang beranggotakan Rahadiyan GLD, Ivanna Theresa, dan Nia Julies keluar sebagai juara satu. Tim yang beranggotakan profesional muda ini mengusung ide tentang sustainable bioplastics.

Sebagai juara pertama, Tim Ijo akan memperoleh uang tunai sebesar 40 juta rupiah serta mewakili Indonesia di kompetisi tingkat internasional yang akan diadakan pada Oktober 2021.

Selanjutnya, juara dua dimenangkan oleh Tim Sgara yang beranggotakan Christoper Jason (profesional muda), dan Arrival Sentosa (mahasiswa Institut Teknologi Bandung) dengan ide tentang one stop platform for shrimp farming. Sedangkan juara tiga yakni Tim Rebattery yang beranggotakan Yoga Mugio Pratama, Sofia Fitri Ramadani, dan Sugiarti Putra Wijaya, merupakan profesional muda dengan ide bisnis mengenai accelerate battery evolution.

Juara kedua dan ketiga masing-masing akan mendapatkan uang tunai sebesar 20 juta dan 12 juta rupiah. Ketiga pemenang Battle of Minds 2021 tersebut juga akan memperoleh kesempatan untuk melakukan internship di BAT Indonesia sebagai bentuk pengembangan karier mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.