Sukses

Riza Pahlevi Tabrani Tetap Jabat Dirut PT Timah

Liputan6.com, Jakarta - PT Timah Tbk (TINS) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Selasa (6/4/2021). Dalam rapat tersebut, pemegang TINS kembali menunjuk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani sebagai direktur utama.

"Saya dan Pak Rizki habis masa jabatan periode pertama. Kemudian pemegang saham menunjuk saya dan Pak Rizki untuk kembali menjabat di periode dua," ujar Riza dalam keterangannya usai RUPST PT Timah Tbk, Selasa (6/4/2021).

Adapun Muhammad Rizki sebelumnya diketahui mengisi jabatan sebagai Direktur Sumber Daya Manusia TINS. Sementara untuk periode sekarang masih belum disampaikan posisi apa yang akan diisi oleh Rizki.

RUPST PT Timah Tbk kali ini membahas delapan mata acara, antara lain persetujuan Laporan Tahunan Direksi mengenai keadaan dan jalannya Perseroan selama tahun buku 2020, pengesahan laporan tahunan, dan ketiga adalah penetapan Laba Bersih Perseroan untuk tahun buku 2020.

Dalam mata acara ketiga itu, PT Timah Tbk memutuskan tidak ada pembagian dividen untuk tahun ini. Keputusan itu merujuk pada kinerja perseroan yang masih terkoreksi pada tahun buku 2020.

"Untuk agenda ketiga yakni penggunaan laba bersih perusahaan, tidak ada pembagian laba,” ujar Riza.

Selanjutnya, mata acara keempat yakni Penetapan Insentif Kinerja untuk anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan Tahun Buku 2020 dan gaji/honorarium berikut fasilitas dan tunjangan untuk Tahun Buku 2021.

Serta Persetujuan penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Perseroan dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2021. Sebagai mata acara kelima.

Adapun mata acara satu sampai dengan lima, merupakan mata acara rutin yang diadakan pada RUPS Tahunan Perseroan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan.

Mata acara selanjutnya adalah laporan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana hasil Penawaran Umum Perseroan selama 2020, persetujuan perubahan anggaran dasar Perseroan, dan persetujuan perubahan susunan anggota dan nomenklatur pengurus PT Timah Tbk

Pada penutupan perdagangan saham, Selasa, 6 April 2021, saham PT Timah Tbk (TINS) naik 6,27 persen ke posisi Rp 1.610 per saham. Saham TINS dibuka naik 25 poin ke posisi Rp 1.540 per saham.

Saham TINS berada di level tertinggi Rp 1.615 dan terendah Rp 1.525 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 15.503 kali dengan nilai transaksi Rp 152,6 miliar..

2 dari 3 halaman

PT Timah Tbk Tak Bagi Dividen

Sebelumnya, PT Timah Tbk (TINS) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Selasa, 6 April 2021. Dalam rapat tersebut, disetujui tidak ada pembagian dividen untuk tahun buku 2020.

"Untuk agenda ketiga yakni penggunaan laba bersih perusahaan, tidak ada pembagian laba,” ujar Direktur Utama Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani dalam keterangannya usai RUPST.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Timah Wibisono menjelaskan, alasan dibalik tidak adanya pembagian dividen lantaran perseroan masih mencatatkan kinerja yang negatif di 2020.

"Berkaitan dengan dividen tahun ini karena perseroan masih membukukan membukukan posisi yang negatif (sehingga tidak ada pembagian dividen),” ujar Wibisono.

Kendati begitu, Wibisono mengatakan perseroan mengalami perbaikan secara fundamental. Baik dari sisi neraca, arus kas, serta jumlah kerugian yang kian mengecil.

“Ini adalah sinyal bahwa perseroan sudah on track di dalam perbaikan. Semoga tahun 2021 ini perseroan menjadi lebih baik dibandingkan tahun 2020,” ujar Wibisono.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini