Sukses

Trivia Saham: Ditunggu Investor, Ayo Mengenal Dividen

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan akan membagikan keuntungan yang menjadi hak para pemegang saham saat bisnis berjalan sesuai atau melebihi target yang telah di tetapkan. Menjadi momen yang paling ditunggu, istilah untuk hal ini disebut dividen.

Saat ini banyak perusahaan mulai membagikan dividen tahun buku 2020. Untuk lebih jelasnya, trivia saham kali ini akan menjelaskan secara rinci mengenai arti dividen.

Dilansir berbagai sumber, Sabtu (27/2/2021), dividen merupakan keuntungan perusahaan atau badan usaha yang harus diberikan kepada pemilik saham. Berbeda setiap perusahaan, jumlah dividen yang diberikan harus berdasarkan jumlah keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Tak hanya itu, nilai saham yang dimiliki oleh para investor juga berpengaruh pada dividen yang didapatkan. Untuk menentukan laba atau keuntungan yang didapat perusahaan sebagai dividen ada beberapa langkah yang dilakukan perusahaan.

Hal utama yang biasanya dilakukan perusahaan sebelum membagikan dividen ialah melakukan RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Terkait proses pembayaran, akan dilakukan sesuai dengan kebijakan setiap perusahaan.

Rapat ini dilakukan untuk mencegah terjadinya keputusan secara sepihak dari perusahaan maupun investor, sehingga pembagian dividen dapat dilakukan sesuai rencana.

Selain itu, nilai dividen juga bisa bersifat stabil dan tidak stabil. Bagi yang stabil, jumlah yang didapatkan dari dividen sudah bisa diperkirakan sebelumnya.

Namun, untuk yang tidak stabil, jumlah yang dibagikan bisa berubah-ubah bahkan tak dibagikan kepada investor karena adanya alasan terkait kinerja perusahaan.

Terdapat lima jenis dividen yang banyak digunakan perusahaan, yakni dividen tunai, dividen saham, dividen properti, dividen janji utang, dan dividen liquidating.

Menjadi yang paling umum digunakan, dividen tunai ialah setiap pemegang saham akan menerima uang tunai dari perusahaan. Dalam hal ini investor mendapat keuntungan dalam jumlah uang. Penyalurannya bisa melalui bank atau cek.

Sesuai namanya, dividen saham ialah pembagian keuntungan dalam bentuk saham. Dengan hal ini, investor akan mengalami penambahan kepemilikan saham karena keuntungan yang didapat.

Selanjutnya terdapat dividen properti atau yang dikenal juga dengan nama dividen aset. Dalam pembagian ini investor bisa mendapat keuntungan berbetuk aset atau barang. Tak hanya itu, perusahaan juga bisa memberikan sekuritas investas dan real estat kepada pemegang saham.

Dividen janji utang atau skrip. Pembagian dividen untuk jenis ini berbentuk skrip atau perusahaan memiliki utang jangka pendek kepada pemegang saham.

Yang terakhir ialah dividen liquidating. Dalam hal ini pemegang saham akan mendapat keuntungan berbentuk pengurangan modal perusahaan.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Emiten yang Bakal Beri Dividen

Hingga Sabtu (27/2/2021), terdapat sedikitnya lima perusahaan besar yang berjanji akan membagikan dividen mereka dalam waktu dekat.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII), Djony Bunarto Tjondro menegaskan, perseroan akan tetap membagikan dividen meski mengalami penurunan pendapatan dan laba bersih pada 2020.

Selain itu, PT Bank Mega Tbk (MEGA) juga akan membagikan dividen kepada para pemegang saham. Total dividen yang dibagikan mencapai Rp2,1 triliun. Pembagian ini telah mendapatkan persetujuan rapat umum pemegang saham tahunan yanng berlangsung pada 19 Februari 2021.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), setiap satu saham akan mendapatkan dividen Rp 301,35. Tak hanya itu, sejumlah bank lain seperti PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) juga akan membagikan dividen.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini