Sukses

Aneka Gas Industri Perluas Layanan Gas Medis di Kupang

Liputan6.com, Jakarta - PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) kini mempersiapkan perluasan jaringan untuk melayani lonjakan kebutuhan oksigen untuk membantu menangani krisis oksigen di Nusa Tenggara Timur (NTT), dari rumah sakit-rumah sakit .

Perusahaan menargetkan untuk merampungkan pembukaan cabang baru di Kota Kupang, NTT pada Februari 2021. Cabang baru tersebut ditargetkan selain melayani kebutuhan oksigen dan gas medis bagi fasilitas kesehatan di Kota Kupang, tetapi juga akan diarahkan agar dapat melayani kebutuhan oksigen dan gas medis di kabupaten-kabupaten lain di NTT.

Sebagaimana telah dilaporkan di media, pemerintah daerah dan manajemen rumah sakit di NTT saat ini sedang melakukan persiapan-persiapan antisipasi karena terdapat lonjakan permintaan tabung oksigen dari rumah sakit-rumah sakit di Kota Kupang.

Rumah sakit sudah mulai mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pasokan oksigen. Beberapa rumah sakit melaporkan kehabisan tangki oksigen dan peningkatan permintaan berkali-kali lipat karena peningkatan jumlah pasien COVID-19 yang tajam.

 

2 dari 4 halaman

Bantu Kebutuhan Oksigen

Pada minggu lalu, pihak direksi dan manajemen Perusahaan telah mengunjungi Kota Kupang untuk bertemu dengan Manajemenberbagai rumah sakit, di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah (“RSUD”) S. K. Lerik dan juga Rumah Sakit Bhayangkara Kupang,

untuk membahas perencanaan pengembangan infrastruktur gas oksigen medis serta estimasi jumlah pasokan yang dibutuhkan oleh kedua rumah sakit tersebut. Kunjungan tersebut merupakan langkah pertama dari banyak kegiatan lainnya di masa depan yang akan dilaksanakan oleh perseroan  untuk mengatasi masalah keterbatasan oksigen medis di NTT.

"Melayani kebutuhan gas medis beserta infrastruktur pendukungnya merupakan salah satu keunggulan PT Aneka Gas Industri Tbk, dan sejak tahun lalu, kami bertekad untuk membantu memastikan kebutuhan oksigen medis terpenuhi dengan baik pada seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia yang saat ini sedang berjuang melayani pasien COVID-19,” ujar Direktur Penjualan dan Operasional PT Aneka Gas Industri Tbk, Budi Susanto dalam keterangan tertulis.

Pada Senin, 25 Januari 2021, perseroan dengan bantuan Dinas kesehatan setempat telah melakukan kunjungan ke beberapa rumah sakit untuk melakukan evaluasi kebutuhan gas medis dan sarana penunjang yang dibutuhkan.

“Ke depannya, kami akan terus bekerjasama dan berkoordinasi untuk mengatasi krisis oksigen ini,” kata Budi.

3 dari 4 halaman

Jaringan Perusahaan

PT Aneka Gas Industri Tbk saat ini merupakan produsen gas industri dan medis yang terbesar di Indonesia dengan total jaringan yang terdiri atas 44 pabrik dan 104 cabang.

Jaringan Perusahaan tersebut telah tersebar di 26 provinsi di Indonesia, dan akan bertambah menjadi 27 provinsi dengan adanya pembukaan cabang di Kupang yang ditargetkan rampung pada Februari ini.

Selama 2020, Perusahaan aktif terlibat dalam berbagai proyek rumah sakit darurat COVID-19 pemerintah, termasuk di antaranya adalah Rumah Sakit Wisma Atlet di Jakarta, dan Rumah Sakit Pulau Galang di Batam, Kepulauan Riau.

Perusahaan memproduksi dan menyediakan oksigen maupun gas medis lainnya, serta menyediakan jasa instalasi infrastruktur gas medis, maupun peralatan pendukung seperti hospital bed head panel, ventilator, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini