Sukses

Bursa AS Langsung Jatuh Usai Presiden Donald Trump Dinyatakan Positif Covid-19

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dinyatakan positif COVID-19 bersama sang istri Melania Trump.

Liputan6.com, Jakarta Bursa Amerika Serikat (AS) atau Wall Street langsung jatuh pada perdagangan jumat pagi waktu setempat, usai Presiden Donald Trump dinyatakan positif Covid-19.

Melansir laman CNBC, indeks Dow Jones Industrial Average turun 266 poin setelah sebelumnya jatuh lebih dari 500 poin.

Sementara S&P 500 futures dan Nasdaq 100 futures juga berada di teritori negatif. Demikian pula, imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun turun menjadi 0,6709 persen.

[bacajuga:Baca Juga](4371828 4372005 4371841)

Wall Street sempat menguat pada penutupan perdagangan Kamis waktu setempat, setelah Dow dan S&P 500 menghabiskan sebagian sesi di wilayah negatif.

Dow ditutup 35 poin lebih tinggi dengan keuntungan 0,1 persen. Sedangkan S&P 500 naik 0,5 persen. Nasdaq Composite bahkan relatif lebih baik, naik 1,4 persen.

Bursa AS telah mencapai rekor rebound sejak kebijakan lockdown berdampak pada kondisi ekonomi yang juga mendorong saham jatuh pada Maret.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dinyatakan positif COVID-19 bersama sang istri Melania Trump. 

Begini isi surat dari dokter Gedung Putih Sean Conley: 

Saya merilis informasi berikut atas izin Presiden Donald J. Trump dan Ibu Negara Melania Trump.

Sore ini saya mendapat konfirmasi bahwa Presiden Trump dan Ibu Negara Melania Trump telah dites positif untuk virus SARS-CoV-2.

Presiden dan Ibu Negara keadaannya baik saat ini, dan mereka berencana untuk tetap di rumah di dalam Gedung Putih selama masa pemulihan.

Tim medis Gedung Putih dan saya akan tetap memantau siaga, dan saya mengapresiasi dukungan yang diberikan beberapa pekerja dan institusi medis terhebat di negara kita. Saya memperkirakan Presiden akan terus melanjutkan tugas-tugasnya tanpa gangguan selagi pemulihan, dan saya akan tetap memberikan update pada perkembangan selanjutnya. 

Pesan itu disebarkan di Twitter oleh staf Gedung Putih Judd Deere, dan ditembuskan ke Kayleigh McEnnany, juru bicara Gedung Putih. Donald Trump sebelumnya kerap mengadakan kampanye. Ia tampak tak memakai masker dan peserta kampanye melanggar social distancing.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Reporter: Yoga Senjaya Putra

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Positif COVID-19, Donald Trump dan Melania Jalani Karantina

Melalui sebuah unggahan di Twitter Presiden AS Donald Trump mengatakan dia dan ibu negara Melania Trump dinyatakan positif Virus Corona COVID-19.

Seperti dikutip dari CNBC, Jumat (2/10/2020), ia menyampaikan bahwa kemudian akan menjalani karantina untuk pemulihan segera dari infeksi COVID-19. "Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan kami. Kami akan melewati ini bersama!" tulisnya.

Situs CNN melaporkan, Donald Trump mengumumkan kabar dirinya dan ibu negara terinfeksi Virus Corona COVID-19 pada Jumat pagi. Malam harinya, ia sempat mengatakan akan melakukan karantina.

Sejauh ini belum diketahui pasti seperti apa "proses karantina" Presiden AS itu. Pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyatakan bahwa karantina 14 hari harus dilakukan setelah paparan terakhir yang diketahui kepada seseorang yang dites positif COVID-19. Pasalnya, masa inkubasi novel Coronavirus bisa mencapai dua pekan.

Beberapa staf Gedung Putih yang berada di dekat presiden dan ibu negara telah diberitahu tentang hasil tes positif COVID-19 mereka hari ini, kata seorang pihak berwenang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.