Sukses

Genjot Eksplorasi Migas, Elnusa Beli 1 Kapal Seismik

Liputan6.com, Jakarta - PT Elnusa Tbk (ELSA) membeli sebuah kapal seismik pada kuartal II 2016 yang dipergunakan untuk survei marine seismic sehingga mendukung kegiatan eksplorasi minyak dan gas (migas) nasional.

Perseroan melihat peluang untuk mengembangkan seismic Indonesia mengingat masih banyak cadangan migas nasional di laut dalam yang dapat digarap secara optimal.

Ada pun kapal yang dibeli tersebut memiliki kapasitas untuk membawa 12 streamer dengan panjang setiap streamer mencapai 10 kilometer (KM) sehingga ideal untuk melakukan pekerjaan survei seismik di area lautan luas.

 

Selain itu juga mampu menghasilkan gambar 3D seisimic bawah permukaan dengan kualitas dan akurat yang sangat tinggi.

Diharapkan kemampuan teknis ini dapat membuka peluang baru luar biasa untuk menemkan dan mendapatkan cadangan baru di laut Indonesia.

Akan tetapi, perseroan belum dapat menjelaskan detil nilai pembelian kapal seismic. Sekretaris Perusahaan PT Elnusa Tbk Fajriyah Usman menuturkan pihaknya ada perjanjian pembelian sehingga belum dapat dijelaskan detil. Ia menambahkan, kontribusi dari pembelian kapal itu belum akan signifikan.

"Kapal baru siap di semester II. Mungkin sekitar 15 persen dari pendapatan segmen bisnis seismik. Kalau tahun depan, kami harapkan pendapatan dapat mencapai 30-40 persen," ujar Fajriyah saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (5/4/2016).  (Ahm/Igw)