Sukses

Sejarah Hari Musik Sedunia 21 Juni, Berawal di Paris

Hingga kini, Hari Musik Sedunia pun rutin diperingati pada 21 Juni setiap tahunnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Musik Sedunia atau World Music Day diperingati setiap 21 Juni. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi masyarakat dengan berbagai jenis musik, lagu, dan instrumennya.

Hari Musik Sedunia pertama kali dilaksanakan di Paris pada 1982. Melalui peringatan ini, diharapkan dapat mendorong seluruh musisi untuk menikmati seluruh genre musik, baik dari kalangan amatir, profesional, hingga kalangan anak muda dan orang tua.

Dikutip dari laman National Today, Hari Musik Sedunia yang awalnya dimulai di Prancis ini berawal dari naiknya Maurice Fleuret menjadi Direktur Musik dan Tari di Kementerian Kebudayaan pada Oktober 1981. Fleuret menerapkan perspektifnya pada praktik musik yang mengatakan bahwa musik di mana-mana dan konser tidak di mana-mana.

Pada 1982, Flueret menuliskan penelitiannya tentang kebiasaan budaya Prancis. Menurut penelitiannya, setiap satu dari dua orang memainkan alat musik.

Terinspirasi dari hal tersebut, Flueret pun mulai memikirkan cara untuk menyatukan orang-orang di jalanan melalui musik. Dari sanalah lahir Hari Musik Sedunia atau Fete de la Musique yang mulai diadakan di Paris pada 1982.

Fete de la Musique mempromosikan musik dengan dua cara, yakni dengan mendorong musisi baru dan profesional tampil di jalanan serta dengan menyelenggarakan konser musik gratis yang mencakup semua genre musik. Dengan demikian, masyarakat bisa mengenal musik baru.

Dengan menggunakan slogan Faites de la musique (buat musik), organisasi resmi Fete de la Musique di Paris menganjurkan agar konser digratiskan untuk umum. Para artis juga disarankan untuk bermain secara gratis.

Tak hanya di Paris, hal tersebut juga berlaku di kota-kota lain yang berpartisipasi. Dalam beberapa tahun terakhir, festival tersebut mendapatkan popularitas internasional.

Peringatan tersebut kemudian dirayakan oleh lebih dari 120 negara di seluruh dunia, sehingga kini dikenal dengan nama Hari Musik Sedunia atau Hari Musik Internasional. Hingga kini, Hari Musik Sedunia pun rutin diperingati pada 21 Juni setiap tahunnya.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini