Sukses

Viral Live Khodam di TikTok, Apa Itu Khodam?

Warganet saat ini tengah ramai membahas tentang khodam setelah banyaknya live khodam di media sosial TikTok.

Liputan6.com, Bandung - Warganet TikTok belakangan ini tengah ramai menyaksikan fenomena live khodam” di laman beranda aplikasi tersebut. Bahkan, kehebohannya mulai ramai dibahas di platform media sosial lain seperti X (sebelumnya Twitter) hingga Instagram.

Melansir dari pantauan sebelumnya di TikTok, memang ada beberapa akun yang melakukan live tentang cek khodam. Namun akhir-akhir ini, banyak warganet lain yang heran dengan live tersebut dan membuat live serupa untuk menghibur para pengguna lainnya.

Dalam live-nya, para kreator akan meminta penonton menulis namanya di bagian kolom komentar. Jika beruntung dan terbaca nama penonton tersebut akan disebutkan dan dicek apa khodam yang ada di dalam orang tersebut.

Beberapa kreator mungkin melakukan live cek khodam dengan serius, tetapi saat ini banyak kreator yang melakukan cek khodam untuk bersenang-senang atau candaan belaka. Seperti misalnya menyebutkan khodam yang dimiliki berupa “kucing garong” dan sebagainya.

Fenomena ini tentunya ramai jadi topik pembicaraan dan kegiatan yang menyenangkan sebagai hiburan. Selain cek khodam, sejumlah kreator lain juga ramai melakukan live cek kecocokan pasangan.

Melalui artikel ini, akan dibahas apa itu khodam sebenarnya dan mengapa live khodam viral dan jadi sorotan di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Khodam?

Istilah “khodam” tentu tidak asing terdengar di antara masyarakat Indonesia dan bahkan sampai saat ini banyak orang masih mempercayai adanya khodam. Melansir dari beberapa sumber khodam diartikan sebagai sesuatu yang ada kaitannya dengan makhluk gaib.

Khodam juga sering digambarkan sebagai suatu hubungan antara manusia dengan jin dan tidak jarang disebut bahwa orang yang mempunyai khodam dianggap bisa berkomunikasi dengan makhluk gaib.

Di Indonesia, fenomena khodam masih banyak dipercaya dan tidak jarang dianggap bisa memperlancar kepentingan duniawi. Kemudian dalam artian lain khodam juga digambarkan sebagai sosok pendamping manusia.

Sehingga, orang yang mempunyai khodam biasanya didapatkan dengan cara diturunkan oleh leluhur atau bahkan dari dirinya sendiri. Mengutip dari buku “Master Khodam: Seni Berkomunikasi dengan Khodam Diri dan Orang lain” (2019) oleh Nur Prabawa Wijaya.

Secara etimologi khodam berasal dari bahasa Arab yang artinya pembantu, penjaga, atau pengawal. Khodam digambarkan sebagai bagian dari diri manusia yang tercipta secara alamiah atau proses tertentu dan bersemayam di bawah alam sadar.

Sehingga, pada gilirannya khodam akan membentuk sosok kepribadian yang ada dalam diri seseorang.

3 dari 3 halaman

Lantas Mengapa Khodam Viral di Media Sosial?

Saat ini topik terkait khodam tengah ramai dibahas di berbagai platform media sosial terutama di X (sebelumnya Twitter) dan TikTok. Diketahui topik tersebut jadi perbincangan usai ramainya live TikTok terkait “cek khodam”.

Awalnya, live tersebut sering dianggap serius oleh beberapa pengguna dan cara pengecekannya juga terbilang mudah karena hanya menuliskan nama di kolom komentar dan jika beruntung nama tersebut akan dibaca dan ditebak khodamnya.

Namun belakangan ini, sejumlah pengguna lain turut membuat live serupa untuk hiburan semata atau candaan. Dengan cara yang sama seperti live khodam pada umumnya, para pengguna yang berniat menghibur akan menyebutkan jenis-jenis khodam yang lucu.

Contohnya menebak khodam seseorang berisi kecoak kutub, kucing garong, pecel lele, dan lain sebagainya. Alhasil, topik terkait khodam semakin ramai jadi pembahasan karena dinilai menghibur dan menarik.

Selain itu, baru-baru ini juga terdapat situs web yang menyediakan jasa cek khodam gratis dengan mengetik nama kemudian akan keluar jawaban khodam yang dimiliki dengan hasil yang menarik dan lucu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini