Sukses

Mengenal Apa Itu Pala, Tanaman Asli Indonesia Penuh Manfaat

Pala merupakan salah satu rempah yang mengandung banyak manfaat baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang harus diketahui.

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing dengan buah pala yang selalu terdengar terutama di antara orang-orang yang gemar memasak. Diketahui pala merupakan buah yang berasal dari pohon pala atau Myristica fragrans.

Pohon pala berasal dari Indonesia dan dikenal sebagai penghasil dua jenis rempah yang banyak digunakan yaitu biji pala dan bunga pala (mace). Sebagai rempah buah pala mempunyai nilai ekonomis dan menyimpan banyak manfaat.

Melansir dari situs Jalur Rempah, pala dikenal sebagai rempah khas Kepulauan Banda Naira, Maluku. Rempah ini memiliki bentuk buah bulat lonjong dan berwarna hijau ketika muda dan kuning ketika menjelang matang.

Saat buah pala matang kulitnya akan terbelah dan memperlihatkan biji yang diselimuti oleh fulu (mace) berwarna merah. Pala juga mempunyai aroma yang khas dan menyengat serta rasa yang hangat sedikit manis.

Jika dilihat sekitar buah pala hampir menyerupai buah duku karena warna kulitnya yang mirip. Namun, tentunya pala memiliki daging buah yang berbeda terutama ketika buah pala matang.

Sebagai informasi pada masa lampau pala menjadi rempah yang memiliki peran penting dalam jalur perdagangan. Bahkan rempah ini yang menjadikan banyak bangsa penjajah tertarik untuk datang ke Indonesia dan ingin menguasai wilayah penghasil pala.

Kemudian buah pala juga terkenal sebagai bumbu masakan yang dapat menghangatkan tubuh dan menyimpan banyak manfaat lain. Buahnya saat itu dijual dengan harga yang mahal terutama di Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Pala untuk Kesehatan

Buah pala ternyata menyimpan banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi. Berikut ini adalah manfaat pala untuk kesehatan yang harus diketahui melansir dari beberapa sumber:

1. Meningkatan kesehatan pencernaan

Buah Pala mempunyai manfaat yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan tubuh. Diketahui buah ini memiliki sifat karminatif yang berarti bisa meredakan masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan gangguan pencernaan.

Senyawa aktif yang ada dalam pala bisa membantu merangsang enzim pencernaan sehingga dapat memperbaiki proses pencernaan dan mengurangi ketidaknyamanan.

2. Mengurangi nyeri dan peradangan

Pala mengandung senyawa anti-inflamasi yang efektif dalam mengurangi nyeri serta peradangan dalam tubuh. Bahkan minyak esensial dari pala kerap digunakan untuk pengobatan tradisional dalam meredakan nyeri otot dan sendi.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Menjaga kesehatan mulut

Pala mempunyai sifat antibakteri yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan mulut karena senyawa aktif dalam pala dapat melawan bakteri penyebab bau mulut dan masalah gigi lainnya.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Pala mengandung senyawa myristicin dan macelignan yang diketahui mempunyai sifat neuroprotektif sehingga bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer.

Berdasarkan penelitian kandungan senyawa tersebut juga bisa menghambat enzim yang menyebabkan degenerasi neuron sehingga diklaim bisa menjaga kesehatan otak.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Menjaga kesehatan kulit

Pala mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang menjadikannya bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan ekstrak pala kerap digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifat yang dimilikinya tersebut.

Kemudian pala juga bisa membantu mengatasi beberapa permasalahan kulit misalnya jerawat, bintik hitam, hingga tanda penuaan. Kandungan antioksidannya bisa melawan radikal bebas yang merusak kulit dan sifat anti-inflamasinya bisa meredakan iritasi kulit.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Buah pala termasuk obat alami yang bisa mengatasi masalah insomnia dan membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal tersebut karena kandungan magnesium dalam pala yang bisa membantu melemaskan saraf dan menginduksi tidur.

Pala juga mempunyai sifat sedatif alami dari myristicin yang dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh sehingga bisa mempermudah tidur yang nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.