Sukses

Hari Apresiasi Chihuahua Internasional 14 Mei, Simak 7 Fakta Menarik Ras Anjing Terkecil di Dunia Ini

Berikut beberapa fakta menarik anjing chihuahua.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setiap 14 Mei, diperingati sebagai Hari Apresiasi Chihuahua Internasional atau International Chihuahua Appreciation Day. Momen ini dimaksudkan untuk mengapresiasi Chihuahua, ras anjing terkecil di dunia.
 Mengutip dari National Today, Hari Apresiasi Chihuahua Internasional dimulai pada 2020.

Saat itu, mantan Miss British Columbia dan advokat kebugaran Nadia Alterio mengumumkan di blognya bahwa 14 Mei selanjutnya akan diperingati sebagai Hari Apresiasi Chihuahua Internasional.

Tanggal itu bertepatan dengan ulang tahun chihuahua miliknya yang bernama Teaka. Trah ini dinamai berdasarkan Negara Bagian Chihuahua di Meksiko dan biasanya tumbuh antara 3-6 lbs.

Tak hanya aktif, anjing jenis ini juga ramah dan penyayang. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta menarik anjing chihuahua:

1. Berasal dari Meksiko

Anjing chihuahua merupakan jenis anjing yang berasal dari Meksiko. Adapun nama anjing chihuahua diambil dari salah satu daerah di sana. Anjing chihuahua juga merupakan ras anjing terkecil di dunia.

2. Mudah dilatih

Anjing chihuahua ternyata mempunyai kecerdasan tinggi, sehingga mudah dilatih. Hal ini sukses membuat manusia terkesan.

Kepintarannya mampu memberikan respon positif saat dilatih. Bentuknya yang mungil membuat anjing jenis ini terlihat semakin menggemaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mandiri

3. Mandiri

Anjing chihuahua merupakan hewan mandiri. Anjing satu ini tidak masalah apabila ditinggalkan di rumah sendirian selama 9-10 jam. Namun perlu diperhatikan bahwa tetap harus meninggalkan makanan dan minuman yang cukup untuk mereka. Meski demikian, akan jauh lebih baik jika ada anjing lain yang bisa menjadi teman bermainnya.

4. Mempunyai Teritorial

Anjing chihuahua merasa tidak senang apabila daerah teritorialnya diganggu. Jika itu terjadi, mereka akan menunjukkan respon berupa menggigit, baik pada manusia atau hewan lainnya.

5. Rentan Kelebihan Berat Badan

Meski badannya sangat kecil, tak menutup kemungkinan chihuahua juga bisa menjadi sangat gemuk. Ternyata, chihuahua cukup rentan mengalami kelebihan berat badan.

Oleh karena itu, para pemilik anjing chihuahua harus sangat memperhatikan setiap asupan makanan yang diberikan. Selain itu, mereka juga harus memperhatikan aktivitas peliharaannya.

6. Teman yang baik

Anjing memang merupakan hewan peliharaan yang dikenal bisa menjadi teman yang baik untuk pemiliknya. Tak terkecuali chihuahua yang juga bisa menjadi kawan yang baik dan setia bagi pemiliknya. Anjing chihuahua sangat cocok dipelihara oleh mereka yang sering merasa kesepian.

7. Setia dan penuh kasih sayang

Tak hanya bisa menjadi teman yang baik, anjing chihuahua juga dipercaya sangat setia. Konon, anjing chihuahua jantan lebih setia dan penuh kasih sayang dibandingkan anjing chihuahua betina.

Tak hanya itu, anjing chihuahua betina ternyata mempunyai hasrat seksual lebih tinggi. Meski demikian, keduanya sangat cocok dijadikan teman di rumah.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.