Sukses

Mengungkap Rahasia Kulit Cerah Dengan Eksfoliasi Wajah, Apa Manfaatnya?

Eksfoliasi wajah membantu mengungkapkan kulit yang lebih cerah dan sehat di bawahnya sehingga menjadi langkah penting dalam perawatan kulit, terutama wajah

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit cerah dan bersih seringkali menjadi dambaan banyak orang. Salah satu cara yang efektif untuk mencapai kulit yang sehat dan bersinar adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah.

Dirangkum dari berbagai sumber, eksfoliasi wajah merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit untuk membuka ruang bagi sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Inilah mengapa eksfoliasi menjadi langkah penting dalam perawatan kulit, terutama wajah. Proses pengelupasan sel kulit mati dari permukaan kulit, sel-sel kulit mati ini dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Eksfoliasi wajah membantu mengungkapkan kulit yang lebih cerah dan sehat di bawahnya. Berikut manfaat dan tips melakukan eksfoliasi wajah dirangkum dari berbagai sumber:

Menghilangkan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan kulit dan menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak bersinar. Eksfoliasi membantu mengangkat lapisan sel kulit mati ini, sehingga kulit terlihat lebih segar dan bercahaya.

Meningkatkan Regenerasi Sel Kulit

Proses eksfoliasi merangsang regenerasi sel-sel kulit baru, yang membantu mempercepat proses pembaharuan kulit. Hal ini dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan.

Menyamarkan Noda dan Hiperpigmentasi

Eksfoliasi secara teratur dapat membantu menyamarkan noda dan hiperpigmentasi pada kulit, seperti bintik-bintik hitam atau bekas jerawat. Ini karena eksfoliasi membantu menghilangkan lapisan kulit yang rusak dan mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru yang lebih merata.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksfoliasi Wajah

Meningkatkan Penyerapan Produk Perawatan Kulit

Dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati, eksfoliasi memungkinkan produk perawatan kulit, seperti serum dan pelembap, untuk menyerap lebih baik ke dalam kulit. Hal ini membuat produk tersebut lebih efektif dalam memberikan manfaatnya.

Mencegah Pori-Pori Tersumbat

Eksfoliasi membantu membersihkan pori-pori dari kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Dengan menjaga pori-pori tetap bersih, eksfoliasi dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

Pilihlah Produk Eksfoliasi yang Tepat

Ada dua jenis eksfoliasi yang umum digunakan, yaitu mekanikal (menggunakan scrub atau alat eksfoliasi) dan kimiawi (menggunakan asam alpha hydroxy (AHA) atau beta hydroxy acid (BHA)). Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan hindari produk yang terlalu abrasif.

Jangan Eksfoliasi Terlalu Sering

Meskipun eksfoliasi penting, melakukan proses ini terlalu sering dapat menyebabkan iritasi dan merusak kulit. Satu hingga dua kali seminggu biasanya sudah cukup untuk sebagian besar orang, tergantung pada sensitivitas kulit masing-masing.

Gunakan Langkah Perlindungan Matahari

Setelah melakukan eksfoliasi, kulit Anda akan menjadi lebih rentan terhadap paparan sinar matahari. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV.

Dengan memasukkan eksfoliasi wajah ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, Anda dapat merasakan manfaatnya secara nyata. Dengan kulit yang lebih bersih, cerah, dan sehat, Anda akan lebih percaya diri dan siap menghadapi hari-hari dengan wajah yang berseri-seri. Jadi, jangan ragu untuk mencoba eksfoliasi wajah dan saksikan perubahan positif pada kulit Anda!

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.